EA Test 001

Hasil Forward Test EA – 001

 

24 Comments

  1. Kurniawan S says:

    Iya nih pak. Masih sangat minim jam terbangnya :-D
    Bpk jangan bosen2nya membimbing yah [-O<
    Saya baru kenal mql ini tgl 11-03-12 ( Saya simpan di Magic number ) pak :))

  2. Kurniawan Supardi says:

    Di database nya ada 525 record, sedangkan setelah saya tekan F2 ada keterangan There are no new data for symbol EURUSD :-/
    Kemudian saya backtest, keterangannya masih sama pak 8->

    • Klik Tools, Options, klik tab Charts, pilih 250 ribu di max bars in history dan in chart. Tambahkan angka nol sebanyak mungkin di belakang angka 250 ribu. Klik OK, Restart MT4 dan lakukan download ulang history seperti telah dijelaskan sebelumnya. Setelah selesai download, lakukan backtest.

      • Kurniawan S says:

        Kalau pake laptop gak bisa juga pak. :(
        Tapi kalau di PC bisa, cuma ada keterangan “error no order selected” :-D
        Bingung saya.

      • Kalau “error no order selected” artinya EA-nya error. Bukan pada history-nya. Masa programmer kok bingung :))

  3. Kurniawan Supardi says:

    Malam pak Anton. :-D

    Sewaktu saya coba test EA dengan backtest, kok ada keterangan:
    “There were 0 passes done during optimization.”
    “TestGenerator: no history data ‘EURUSDm60′ ”
    Gemana cara saya keluarin data history nya yah pak? :-/

    Salam,

    • Tekan F2 di MT4, pilih Pair-nya, dan klik download. Kalau sudah, tekan F2 lagi, pilih Pair, pilih time frame yang diperlukan, dan klik download. Setelahnya, restart MT4 dan lakukan backtest ulang.

  4. Betul sekali Pak Irfansyah, teknik Martingale itu Minimizing Equity.. :) Istilah yang bagus sekali, Pak..

    Pak Yulianto, kita hampir tidak akan pernah bisa menebak kapan bisa terjadi pergerakan market yang agresif. News release sekalipun terkadang tidak bisa dijadikan patokan bukan? Misalnya Non Farm Payroll. Suatu saat saya pernah melihat dampak NFP tidak pernah terjadi walaupun diramalkan nilai USD akan bergerak naik. Mungkin banyak negara maju lainnya sudah waspada dan akan hal ini dengan sama-sama kompak ‘menghambat’ laju nilai USD. :)

    Pak Anton sendiri berkali-kali mengingatkan kita untuk membiasakan diri menggunakan Stop Loss jika terjadi hal tersebut maka Equity kita tetap aman, padahal teknik Martingale seperti yang dibilang Pak Irfansyah, justru Minimizing Equity sebab tidak menggunakan SL. :) malahan membuka posisi yang baru dengan lot yang lebih besar.

    Berdasarkan pengalaman selama hampir 3 tahun menggunakan Martingale, saya tidak pernah bisa menemukan waktu pasti kapan terjadi pergerakan yang membahayakan. Januari kemarin misalnya, beberapa account mengalami MC sementara sisanya aman-aman saja. Saat ini saya sudah tidak menggunakan teknik tersebut dikarenakan sangat tidak aman. Karena probabilitas antara Profit dan MC nyaris seimbang.

    Dengan menggunakan modal 10,000 baik itu standard maupun micro, jika terjadi pergerakan market yang agresif maka kemungkinan untuk terjadinya Margin Call sangat besar. Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya selama beberapa tahun tersebut.

    Untuk masalah perhitungan, sebenarnya Pak Anton sudah pernah menjelaskan pada artikel yang lama tentang Martingale. Tapi tidak apa, saya akan coba bantu jelaskan sedikit. Pak Yulianto silahkan memasukkan rumus-rumus Margin pada Excel. Kemudian masukkan juga rumusan Profitnya. Sebagai contoh sederhana:

    Pak Yulianto memasang EA berjenis Martingale yang membuka posisi order Buy dengan setting range 50 pips dan lot 0.01 (jarak antara posisi order yang satu dengan yang lainnya). Asumsikan dipasang pada EUR/USD di harga 1.2540.

    Trend EUR/USD ternyata turun terus hingga sejumlah 300 pips menjadi 1.2240. Artinya setiap turun 50 pips, order baru akan terbuka dengan jumlah lot 2x lipat dari lot sebelumnya.

    Jika turun sebanyak 300 pips maka (300/50) ada 6 posisi order Buy tambahan yang terbuka. Asumsikan nilai 1 pip adalah $10 (standar) atau 10 cent (micro). Ini berarti:
    0,01 x $10 x -300 pips = -30
    0,02 x $10 x -250 pips = -50
    0,04 x $10 x -200 pips = -80
    0,08 x $10 x -150 pips = -120
    0,16 x $10 x -100 pips = -160
    0,32 x $10 x -50 pips = -160
    0,64 x $10 x 0 pip = 0
    Total floating Profit adalah -600 USD atau Cent

    Lantas bagaimana dengan Marginnya?? Mari kita hitung juga. Asumsikan Pak Yulianto menggunakan Leverage 1:500, maka perhitungannya adalah:
    (1/500) x 0,01 lot x 1,2540 = 2,51
    0,002 x 0,02 lot x 1,2490 = 5
    0,002 x 0,04 lot x 1,2440 = 9,95
    0,002 x 0,08 lot x 1,2390 = 19,82
    0,002 x 0,16 lot x 1,2340 = 39,48
    0,002 x 0,32 lot x 1,2290 = 78,65
    0,002 x 0,64 lot x 1,2240 = 156,67
    Total Margin digunakan adalah 312,08

    Jika Balance awal adalah 10.000.- maka Free Margin yang tersedia adalah (10.000 – 312,0 8) 9687,92

    Sepertinya masih banyak, tapi silahkan Pak Yulianto lanjutkan jika trend masih turun terus hingga ratusan poin. :) Masih mending jika posisi terbukanya adalah Buy, karena Margin yang dibutuhkan setidaknya masih lebih murah ketimbang saat harganya naik.

    Lalu pertanyaannya apakah mungkin bisa terjadi open position hingga lot besar? Ya, sangat mungkin sekali terjadi hingga bukaan lot di angka 10,24. Pernahkah saya mengalaminya? Jawabnya sudah pasti 300% lebih saya sudah alami? Kok 300%? Ya karena sering kali saya alami seperti itu. :) Nah, kalau sudah ada di posisi lot ini saya ngeri untuk melanjutkan perhitungannya, Pak Yulianto. :)

    Silahkan ditanyakan lagi jika ada yang masih kurang jelas.

    • irfansyah says:

      Berarti yg paling menentukan itu entry pertama dong Pak Aras karena selanjutnya akan mengikuti?
      Bagaimana kalo entry pertama manual dulu apa bisa?
      Terima kasih atas penjelasannya

      • irfansyah says:

        Maaf, sepertinya salah tafsir saya neh Pak, baru sadar.
        Martingale hanya buka posisi searah pada entry pertama apabila entry pertama masih floating loss atau belum kena target profit ya Pak, maaf Pak, istilah2 itu masih awam banget.

      • Martingale baru dilakukan pada saat floating loss terjadi, bukan pada saat floating profit. Pegangan yang kenceng Pak Irfansyah, biar gak bingung :))

      • irfansyah says:

        Hehehe, maaf Pak
        oh ya makanya disebut minimizing equity ya.

      • Waduh, Pak Irfansyah tenang dulu.. jangan terlalu banyak mikirin chart nanti malah jadi keblinger sendiri.. :) padahal yang mengingatkan istilah ‘minimizing equity’ kan Pak Irfansyah sendiri.. :) untung langsung sadar yah? :-D

        Mengenai entry pertama, apakah dilakukan secara manual atau langsung ditentukan oleh EA memang sangat menentukan. Namun menentukan nasib-nasiban account. Jika open position di harga yang tepat, kemungkinan account bisa bertahan lama.

      • irfansyah says:

        Hehehe, maklum Pak Aras, saya kan nubitol yg selalu pengen tau, manual aja masih berantakan, ngeliat jeroan EA njelimet, gak minat dah.
        EA = Expert Advisor = Enak Aja mau langsung profit
        hehehe, terima kasih Pak Aras atas penjelasannya

      • suryadharma says:

        Sedangkan saudara jauh “headging” just litle bit bagus jika strong trend, bisa di bilang sambil merem juga pasang profit, cuma jikalau sideway mendera langkah terbaik adalah berdoa [-O< dan berdoa [-O<
        :-P :-P :-P :-P

        ** kebetulan saya habis lompat dari martiyem pak irwan, sekarang lagi di headging, kalau besok pusing mungkin pindah lagi ke martiyem lagi :-P :-P :-P

    • Yulianto says:

      Terimakasih kepada Pak Aras telah menulis ulang perihal teknik martingale, walaupun memang pernah dituliskan di artikel ini sebelumnya, saya lupa masalahnya di bagian mana. Terimakasih juga kepada Pak Anton yang ketawa-ketiwi melihat saya seperti baru saja melakukan trading, saya juga heran, padahal saya juga sudah tahu jawabannya namun kalau belum dijawab Pak Anton kok ada yang kurang. :)

  5. Yulianto says:

    Pak, kenapa ya EA Capital terclose dalam posisi martingale yang minus ya? kenapa tidak terclose ketika memang sedang ploting plus, terimakasih ya Pak atas jawabannya.

    • Coba perhatikan trade history dan browser history disini: Capital. Kadang entry akurat sehingga close dengan pip positif dan dalam waktu tidak terlalu lama. EA Capital ini tidak memiliki entry yang akurat. Lebih banyak entry yang salah, hal ini terlihat dari lama waktunya dimana untuk sebagian besar entry diperlukan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari hanya untuk menghasilkan pip kecil. Dari lama waktu ini sudah terlihat jelas bahwa entry EA Capital sangat tidak akurat dan cenderung menahan floating loss besar.

      Agar hasilnya tetap positif maka dilakukan teknik Martingale yaitu membuka banyak entry yang melawan arah trend dengan lot dilipatgandakan (perhatikan di Browser). Dengan melipatgandakan lot, bila terjadi pembalikan arah trend maka nilai dollar akan positif tetapi nilai pip negatif. Itulah jawabannya kenapa hasil akhirnya selalu nilai pipnya negatif yaitu akibat penggunaan teknik Martingale.

      • Selama menggunakan sistem Martingale, memang paling tidak EA Capital ini sedikit lebih baik dibangingkan dengan EA (yang menggunakan teknik Martingale) dikarenakan Open Position yang tidak selalu terjadi setiap saat.

        Tapi bagaimanapun juga, lebih baik hindari saja teknik ini karena suatu saat jika terjadi pergerakan market yang luar biasa bisa dipastikan margin account akan berada dalam posisi yang berbahaya. Kalau bahasa saya, Martingale itu bersahabat erat dengan Margin Call, Pak Yulianto.. :)

      • Benar Pak Aras, Martingale sepenuhnya ditentukan oleh trend. Kalau tidak segera balik arah maka hasilnya adalah MC. Tidak ada yang tahu pasti kapan terjadi pembalikan arah trend, sehingga teknik Martingale adalah berjudi dengan trend.

      • irfansyah says:

        Berarti tehnik yg dipakai minimizing equity Pak,,setiap retrace buka posisi lagi, hehehe

      • Benar. Dalam Martingale, equity digunakan untuk menahan floating loss (minimizing equity). Kalau harga tidak segera balik arah maka hasilnya adalah MC. Seperti ini adalah teknik yang salah. Yang benar seharusnya equity digunakan untuk memaksimalkan profit (maximizing equity) seperti telah dibahas maupun ditunjukan contohnya pada artikel terdahulu.

    • Yulianto says:

      Pak, dari pengalaman Bapak, tanggal berapa market terjun bebas atau terbang bebas dalam waktu yang lama, karena saya ingin menguji seberapa ketahanan ea ini untuk modal 10.000. kalau tidak keberatan sekalian berikan perhitungannya Pak, seberapa tahannya ea ini menahan (pip) loss dalam bentuk uraian.

      • Walah Pak Yulianto ini seperti baru belajar forex saja, khan bisa dilihat di chart kapan terjadi terjun atau terbang dalam waktu lama :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)