Yen Tenang Menanti Keputusan Kebijakan BOJ

Yen Tenang Menanti Keputusan Kebijakan BOJ

Posted by

Yen Tenang Menanti Keputusan Kebijakan BOJ

Yen bergerak dalam range sempit pada awal sesi Asia hari Selasa seiring investor menantikan keputusan kebijakan terkini dari Bank of Japan pada siang harinya. BOJ diperkirakan akan mempertahankan kebijakannya pada pertemuan dua harian seiring inflasi konsumen Jepang masih dalam jalur untuk mencapai target inflasi bank sentral sebesar 2%. Meski demiki, sejumlah pelaku pasar juga menganggap adanya peluang kejutan, menjelang rencana kenaikan pajak penjualan nasional oleh pemerintah menjadi 8% dari 5% bulan depan. Terlebih, data hari Senin menggarisbawahi bahwa pemulihan ekonomi masih rapuh. Jepang mencetak rekor tinggi pada defisit current account di bulan Januari, dan pertumbuhan gross domestic product pada kuartal empat direvisi turun.

Sean Callow, strategis mata uang pada Westpac di Sydney, mengatakan ada ekspektasi yang sangat rendah adanya perubahan besar pada kebijakan, meski pasar waspada adanya perubahan yang kecil.” Pertemuan selanjutnya yang akan digelar tanggal 30 April nanti, yang mana BOJ juga akan merilis outlook ekonomi semesteran, nampaknya akan menjadi waktu yang tepat bagi ekspansi skema pelonggaran dari bank sentral, menurut Callow.

Keputusan BOJ akan dirilis tentatif setelah 10:00 WIB. Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda akan menggelar konferensi pers pasca pengumuman tersebut. Dollar dan euro diperdagangkan flat terhadap yen Jepang. Sementara euro nampak masih kokoh meski seiring krisis di Ukraina berlanjut. Pasukan yang pro terhadap Rusia melepas tembakan dalam usaha untuk merebut pangkalan militer Ukraina di Crimea pada hari Senin dan NATO mengumumkan adanya pesawat pengintai di perbatasan bagian timur.

Investor juga akan menantikan perkembangan di China, dimana yuan dan bursa saham anjlok pada hari Senin setelah data ekspor yang buruk pada akhir pekan lalu. Sejumlah pelaku pasar berspekulasi bahwa China menjalankan pelonggaran tersembunyi pada kebijakan moneternya untuk menopang perekonomian. Dollar Australia, yang sering digunakan sebagai ukuran terhadap China karena sensitivitasnya terhadap perkembang di pasar ekspor terbesar Australia, menguat sekitar 0.1%.

(xiang)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)