Rupiah Di Tutup Dengan Kinerja Terburuk Sejak Tahun 2000

Rupiah Di Tutup Dengan Kinerja Terburuk Sejak Tahun 2000

Posted by

Rupiah Di Tutup Dengan Kinerja Terburuk Sejak Tahun 2000

Mata uang rupiah berakhir dengan pelemahan tahunan terbesar sejak tahun 2000 karena defisit current account yang berada di rekor terlebarnya dan juga karena Federal Reserve bersiap untuk mengurangi stimulus yang telah meningkatkan arus masuk modal ke pasar berkembang.

Investor global telah menjual lebih dari $1.9 milyar dalam saham-saham Indonesia daripada yang mereka beli pada tahun ini sampai tanggal 27 Desember, di tunjukan dalam data bursa, itu berkontribusi terhadap penurunan sebesar 1 persen di Jakarta Composite Index, ini merupakan penurunan pertama dalam lima tahun. The Fed mengatakan bahwa mereka berencana untuk memangkas pembelian obligasi bulanan menjadi $75 milyar dari $85 milyar mulai bulan depan seiring membaiknya pasar kerja. Rupiah adalah mata uang dengan kinerja terburuk di Asia, sementara obligasinya membukukan kerugian terbesar di wilayah Asia.

Pemerintah perlu melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dalah defisit, agar rupiah rebound pada tahun depan, kata Gusti Kahari, seorang trader mata uang di PT Bank Artha Graha Jakarta. Ekonomi sangat bergantung pada arus masuk modal asing dan di kuartal pertama masih menjadi beban karena masih ada masalah pengurangan stimulus Fed disana.

Rupiah di perdagangkan di $12.210 per dollar di Jakarta untuk penurunan sebanyak 21% di tahun 2013, berdasarkan harga dari bank lokal yang di kompilasi oleh Bloomberg. Mata uang menguat sebesar 0.4% pada hari ini, membalikan pelemahan, setelah menyentuh level terendah dalam lima tahun di 12.281 pada tanggal 27 Desember. Pasar lokal di turu untuk dua hari kedepan untuk libur tahun baru.

(fsyl)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)