Major Currencies Tertopang Kelegaan Situasi Crimea

Major Currencies Tertopang Kelegaan Situasi Crimea

Posted by

Major Currencies Tertopang Kelegaan Situasi Crimea

Berbagai mata uang utama menguat hari ini menyusul kelegaan pengumuman sanksi yang diterapkan untuk pejabat politik Russia oleh AS dan Uni Eropa, dimana sanksi ini tidak berdampak pada perekonomian global.

Setelah semakin jelas bahwa AS dan Uni Eropa tidak akan berbuat lebih banyak untuk mencegah pengambil alihan wilayah Crimea oleh Russia, dengan mengincar sanksi untuk beberapa pejabat penting Russia saja. Selain itu hasil referendum menunjukkan 97% warga Crimea memilih untuk bergabung dengan Russia, dan tanpa disertai adanya kontak senjata.

AS juga telah mengumumkan rencana pembekuan aset pada 11 pejabat kunci Russia dan Ukraina sementara AS akan memberlakukan larangan travel untuk 21 member pemerintah Ukraina dan Russia yang terlibat pada intervensi Moscow ke Crima. Alhasil pairing EURUSD merespon positif seiring dengan kelegaan sanksi yang tidak seburuk yang ditakutkan sebelumnya.

Katalis positif lainnya adalah pembebasan fluktuasi perdagangan nilai tukar Yuan sebesar 2%, dari sebelumnya 1% yang mengindikasikan bahwa bank sentral China berupaya menambah stimulus dan memberikan kebijakan tambahan untuk menopang pertumbuhan ekonomi China.

Setelah adanya kejatuhan ekspor yang cukup tajam, perekonomian China tampaknya membutuhkan dukungan mata uang yang lebih lemah sehingga lajur impor China lebih kompetitif.

(Sap)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)