Kisruh Libya Menopang Performa Harga Minyak

Kisruh Libya Menopang Performa Harga Minyak

Posted by

Kisruh Libya Menopang Performa Harga Minyak

Harga minyak mentah rebound dari level terendah 2-minggu pada hari Senin setelah pemberontak Libya menolak untuk membuka kembali sejumlah pelabuhan ekspor minyak, sebuah langkah yang akan terus menahan pasokan ribuan barrel emas hitam per hari dari pasar global.

Saat ini minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Januari diperdagangkan pada kisaran $97.40 per barrel atau sekitar 0,95% di atas harga penutupan hari Jumat lalu.

Rally harga minyak pada awal pekan ini terjadi setelah salah seorang pemimpin pemberontak Libya, Ibrahim al-Jathran, pada hari Minggu kemarin menyatakan tidak akan membuka terminal pengiriman minyak yang telah ditutup sejak Juli silam akibat belum terpenuhinya tuntutan untuk otonomi daerah yang lebih besar. Gejolak geopolitik telah memangkas output minyak mentah Libya menjadi berkisar 250.000 barrel per hari, merosot tajam dari sekitar 1,5 juta barrel per hari yang dipompa pada musim semi lalu. Selain mengurangi pasokan minyak mentah ke Eropa, aksi boikot tersebut diklaim telah merugikan pemerintah Libya hingga $7 milyar.

Bagaimanapun, kenaikan harga minyak kemungkinan masih akan terbatas seiring para trader berhati-hati menjelang rapat kebijakan Federal Reserve pekan ini. Pelaku pasar minyak berharap bank sentral AS akan memberikan beberapa indikasi tentang kapan mereka akan mulai mengurangi program stimulus besar-besaran.

Program stimulus ekonomi yang diluncurkan Fed telah banyak membantu mendongkrak harga aset-aset beresiko, termasuk komoditas minyak, dengan melemahkan Dollar AS. Sehingga membuat harga minyak berdenominasi mata uang AS menjadi lebih murah bagi pengguna mata uang lainnya.(vid)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)