Euro Menuju Penurunan Mingguan

Euro Menuju Penurunan Mingguan

Posted by

Euro Menuju Penurunan Mingguan

Euro diperdagangkan menguat terhadap dollar, namun tetap menuju penurunan mingguan pertama dalam tujuh pekan terakhir.

Euro sebelumnya anjlok dua hari beruntun terhadap dollar setelah Federal Reserve kembali memangkas stimulus moneter sebesar $10 miliar menjadi $55 miliar per bulan, serta memberikan sinyal akan segera menaikkan suku bunga. Pimpinan Fed, Janet Yellen, mengatakan tidak lagi menggunakan batas pengangguran 6,5% sebagai acuan untuk menaikkan suku bunga, dan akan menggunakan berbagai indikator ekonomi. Yellen mengatakan tingkat suku bunga kemungkinan akan naik enam bulan setelah stimulus moneter dihentikan. Beberapa pejabat Fed memperkirakan tingkat suku bunga akan naik menjadi 1% pada akhir 2015, dan menjadi 2,25% setahun berselang. Dollar mendominasi semua mata uang.

Euro semakin tertekan akan perbedaan kebijakan antara Federal Reserve dengan European Central Bank. Sementara Fed memberikan sinyak akan segera menaikkan suku bunga, ECB memberikan sinyal akan adanya pelonggaran moneter lebih lanjut jika deflasi kembali mengancam Zona Euro. Inflasi di blok 18 negara Eropa pada bulan Februari lalu direvisi turun dari estimasi awal sebesar 0,8% menjadi 0,7%. Presiden ECB, MarioDraghi, pada pekan lalu mengatakan bank sentral telah menyiapkan kebijakan tambahan untuk melindungi perekonomian dari ancaman deflasi.

Euro saat ini diperdagangkan menguat setelah merosot dalam dua hari beruntun. Investor dan trader masih akan menanti pernyataan pejabat Fed malam ini, untuk mencari kejelasan akan kebijakan moneter kedepannya. EURUSD saat ini diperdagangkan pada kisaran 1.3793 dengan level terendah harian 1.3764 dan tertinggi 1.3803. (pap)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)