Euro Masih Alami Tekanan Turun Karena Komentar Pejabat ECB

Euro Masih Alami Tekanan Turun Karena Komentar Pejabat ECB

Posted by

Euro Masih Alami Tekanan Turun Karena Komentar Pejabat ECB

Euro masih mengalami tekanan turun terhadap dollar AS dan mendekati level terendah bulan Maret 2014 ini. EURUSD kini berada di kisaran 1.3748, sementara level terendah Bulan Maret 2014 di 1.3706.

Tekanan turun ini akibat komentar dari beberapa pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) yang memunculkan spekulasi mengenai kebijakan pelonggaran moneter baru untuk mengatasi potensi deflasi.

Spekulasi kebijakan pelonggaran moneter ini merebak setelah pejabat ECB berpengaruh yang juga Gubernur Bank Sentral Jerman Jens Weidmann mengatakan hari Selasa (25/3) bahwa bank sentral bisa memberlakukan beberapa opsi untuk menahan penguatan euro dan melawan deflasi. Pemberlakuan suku bunga deposito negatif dan pelonggaran kuantitatif adalah opsi yang bisa dilakukan bank sentral.

Pernyataan Weidmann ini seperti didukung oleh pernyataan Mario Draghi, Kepala ECB. Pada hari yang sama, Draghi mengatakan bahwa bank sentral akan siap untuk bertindak jika tingkat inflasi turun di bawah ekspektasi ECB. Pasar melihat bahwa ECB sangat khawatir mengenai tren penurunan tingkat inflasi. (art)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)