Euro Anjlok, Terseret Oleh Lemahnya Inflasi Zona Euro

Euro Anjlok, Terseret Oleh Lemahnya Inflasi Zona Euro

Posted by

Euro Anjlok, Terseret Oleh Lemahnya Inflasi Zona Euro

Euro melemah pada hari Jumat seiring lambannya pertumbuhan inflasi di zona euro yang memperbaharui kecemasan bahwa bank sentral Eropa mungkin akan mengambil tindakan untuk mencegah deflasi.

Data inflasi di zona Euro pada hari Jumat menunjukkan penurunan yang mengejutkan menjadi 0.7 persen pada tingkat tahunan di bulan Januari, sedangkan para analis sebelumnya perkirakan untuk kenaikan sebesar 0.9 persen.

Penurunan inflasi ini dapat memicu pelonggaran lebih lanjut oleh bank sentral Eropa, yang akan meninjau ulang kebijakannya pada pertemuan pekan depan, untuk mempertahankan pemulihan yang rapuh dan mencegah deflasi.

Saya tidak yakin apakah itu sudah cukup bagi mereka (ECB) untuk membuat perubahan kebijakan, namun tentu saja ini mengkhawatirkan pasar, kata Marshall Gittler, kepala analis mata uang global di IronFX Global.

Perbedaan antara yield obligasi pemerintah AS dan Jerman juga melebar, turut berikan tekanan pada pergerakan euro-dollar.

Gittler, dari IronFX juga menambahkan bahwa maraknya aksi jual mata uang negara berkembang akan menjadi hambatan untuk pereknomi di zona euro.

(fsyl)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)