Depresiasi Aussie Kian Memilukan Pasca Stevens

Depresiasi Aussie Kian Memilukan Pasca Stevens

Posted by

Depresiasi Aussie Kian Memilukan Pasca Stevens

Gejolak depresiasi dollar Australia semakin parah pasca pernyataan Gubernur Reserve Bank of Australia – Glenn Stevens yang mengisyaratkan bahwa mata uang perlu melemah lagi karena nilai kurs saat ini dirasakan masih tinggi.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa pihaknya lebih nyaman bila kurs Aussie (AUDUSD) di perdagangkan setidaknya sekitar 85 sen AS. Stevens menjelaskan bahwa nilai tukar mata uang yang lebih rendah akan menjadi alat yang lebih baik untuk memacu perekonomian negara dibandingkan pemangkasan suku bunga.

Aussie hari ini (Jumat, 13/12) terdepresiasi nyaris terhadap semua mata uang utama dunia dan tergerus hingga mencatatkan level terendah sejak 30 Agustus lalu terhadap dollar AS pada kisaran $0.8930 setelah terpuruk dalam hingga $0.8910 di awal sesi perdagangan.

Koreksi Aussie kian terbebani lantaran investor pesimis setelah data pengangguran yang rilis Kamis kemarin mencatat angka terburuknya sejak 2009 lalu. Sebelumnya di hari Rabu, tingkat keyakinan sentimen masyarakat untuk bulan Desember (di kalkulasi Westpac) anjlok hingga (-4.8%) dari survei sebelumnya yang optimis +1.9% di bulan November.

Sementara tingkat pengangguran negara Australia naik menjadi 5,8% di November dari sebelumnya 5,7% di Oktober, meskipun kalangan perusahaan berhasil menyerap tenaga kerja lebih banyak dari perkiraan di bulan November lalu.(dar)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)