Data Inflasi Jepang Memperkokoh Penguatan Yen

Data Inflasi Jepang Memperkokoh Penguatan Yen

Posted by

Data Inflasi Jepang Memperkokoh Penguatan Yen

Yen menguat pada hari Jumat, di bantu oleh kuatnya laporan inflasi jepang dan statusnya sebagai safe haven di tengah maraknya aksi jual mata uang negara berkembang.

Tingkat inflasi harga konsumen inti Jepang naik dengan cepat menjadi 1.3 persen di bulan Januari, ini merupakan level tertinggi dalam lima tahun, di tengah Jepang melakukan pelonggaran moneter yang agresif dalam setahun lebih untuk mengakhiri deflasi.

Ini adalah berita yang positif untuk yen karena data tersebut telah mengurangi keperluan Bank of Japan untuk menambah stimulus moneternya. Saya perkirakan bahwa yen dapat terapresiasi lebih lanjut, namun, saya juga tidak berpikir bahwa krisis di negara berkembang akan segera berakhir, yang kemungkinan hanya berpindah ke lingkungan berbeda, kata Mashall Gittler, kepala analis global di IronFX Global.

Yen, yang pada tahun lalu menjadi mata uang terlemah, juga naik karena pelemahan Nikkei. Keduanya cenderung berlawanan arah, dengan reli di indeks seringkali berikan sinyal untuk para spekulan untuk menjual yen dan membeli mata uang yang berimbal hasil lebih tinggi, namun perdagangan mungkin akan beralih ketika turunnya minat pada aset beresiko.

(fsyl)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)