Data GDP Topang Penguatan Euro

Data GDP Topang Penguatan Euro

Posted by

Data GDP Topang Penguatan Euro

Setelah rally tajam pada perdagangan kemarin, hari ini euro berhasil mempertahankan penguatan ditopang oleh data pertumbuhan ekonomi kawasan Euro yang apik. Euro kini menuju penguatan dua pekan beruntun terhadap dollar.

GDP Zona Euro pada kuartal empat 2013 dirilis sebesar sebesar 0,3% diatas estimasi ekonom sebesar 0,2%, dan lebih tinggi dari kuartal sebelumnya ketika tumbuh 0,1%. Sementara dari kuartal ke-empat tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 1,1%. Jerman dan Perancis memimpin pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Sementara GDP Italia yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di Zona Euro berkespansi untuk pertama kalinya dalam 10 kuartal terakhir. Ekonomi Italia yang disesuaikan dengan inflasi tumbuh 0,1% pada periode Oktober – Desember 2013.

Jerman, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Euro memimpin pertumbuhan ekonomi setelah tumbuh 0,4% pada kuartal ke-empat 2013, sementara Perancis berada pada posisi kedua dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 0,3%. Pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut di atas estimasi ekonom.

EURUSD saat ini diperdagangkan pada kisaran 1.3694 dengan level terendah harian 1.3672, dan tertinggi 1.3712. (pap)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)