Data Ekonomi Kanada Pulihkan Loonie

Data Ekonomi Kanada Pulihkan Loonie

Posted by

Data Ekonomi Kanada Pulihkan Loonie

Dollar Kanada atau loonie, diperdagangkan menguat dari level terendah dalam empat setengah tahun terakhir terhadap dollar AS, setelah data menunjukkan inflasi dan penjualan ritel tumbuh lebih tinggi dari estimasi, mengurangi spekulasi Bank of Canada akan memangkas tingkat suku bunga untuk mendorong perekonomian Kanada.

Biro Statistik Kanada mengatakan Inflasi tumbuh 0,8% pada bulan Februari dari bulan Januari, lebih tinggi dari estimasi sebesar 0,6%, sementara inflasi inti tumbuh 0,7% pada bulan Februari dari Januari, di atas estimasi 0,5%. Sedangkan inflasi tahunan pada bulan Februari tumbuh 1,1% dari tahun sebelumnya, setelah naik 1,5% pada bulan Januari. Inflasi inti yang tidak menyertakan delapan produk volatil tumbuh 1,2% setelah naik 1,4% pada bulan sebelumnya.

Penjualan ritel tumbuh 1,3% pada bulan Januari, merupakan pertumbuhan tercepat dalam delapan bulan terakhir, dan diatas estimasi sebesar 0,8%. Penjualan ritel inti naik sebesar 1,0% pada bulan Januari dari bulan Desember, dan diatas estimasi sebesar 0,9%.

Data tersebut meredam spekulasi perbedaan kebijakan yang akan diambil oleh Bank of Canada dengan Federal Reserve AS, dimana Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertengahan tahun 2015.

USDCAD saat ini diperdagangkan pada kisaran 1.1198 dengan level tertinggi harian 1.1261, dan terendah 1.1172. (pap)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)