Cina Kirim Patroli Udara Ke Wilayah Senkaku

Cina Kirim Patroli Udara Ke Wilayah Senkaku

Posted by

Cina Kirim Patroli Udara Ke Wilayah Senkaku

Cina mengirim beberapa jet tempur ke wilayah udara di sekitar pulau Senkaku pagi ini sebagai wujud keseriusan Beijing atas zona pertahanan terbarunya. Sikap Cina ini merupakan reaksi atas pesawat militer Jepang dan Korea Selatan yang melalui wilayah tersebut kemarin tanpa berikan informasi apapun kepada Beijing. Awal pekan, Washington bahkan mengirim dua pesawat B-52 melalui zona tersebut juga tanpa memberi tahu Beijing. Ini tentunya isyaratkan meningkatnya resiko geo-politik di Laut Cina Timur.

Cina dan Jepang masih bersengketa atas pulau Senkaku yang diklaim oleh masing-masing pihak sebagai wilayah kedaulatannya. Akhir pekan lalu, Cina umumkan zona pertahanan udara terbarunya yang termasuk pulau Senkaku dan ini telah memancing kritik pedas dari Jepang dan AS. Pulau Senkaku saat ini termasuk wilayah administrasi Jepang. Korea Selatan bahkan meminta agar Cina membatalkan zona tersebut. Cina juga bersengketa dengan Korea Selatan atas pulau Ieodo yang berada di bawah administrasi Korea Selatan. (fr)

Sumber: Berita Fundamental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)