Trading dan Kehidupan

Trading dan Kehidupan

Posted by

Tanpa kita semua sadari, sebenarnya belajar trading maupun melakukan trading hampir sama saja dengan kehidupan sehari-hari yang kita semua jalani.

Coba ingat kembali, kapan pertama kalinya Anda memperoleh uang dari hasil jerih payah sendiri? Apakah pada umur 20 tahun? Atau 25 tahun?

Memang ada kalanya baru berumur 5 tahun saja sudah memperoleh uang sendiri, seperti halnya bintang iklan cilik. Namun mereka ini memperoleh uang bukan karena keahlian yang dimilikinya tetapi karena dibutuhkan oleh pihak lain untuk iklan. Ada pula yang menjadi penyanyi atau artis cilik sehingga saat umurnya masih muda sudah memperoleh uang sendiri, meski jarang sekali yang mampu terus menerus mempertahankan kesuksesannya sampai masa tua nanti. Hal-hal seperti ini hanyalah sekedar anomali dalam kehidupan yaitu sesuatu yang tidak umum terjadi.

Yang umum terjadi, kebanyakan manusia haruslah membentuk kemampuan serta keahliannya terlebih dahulu sehingga kemudian barulah mampu menghasilkan uang sendiri. Oleh karena itu kebanyakan manusia harus bersekolah dahulu dan nantinya kalau sudah memiliki keahlian yang mencukupi barulah uang diterima. Karena hal inilah maka uang jerih payah hasil keringat sendiri biasanya baru diperoleh saat usia sudah melebihi 20 tahun dikarenakan sebelumnya harus menumbuhkan kemampuan terlebih dahulu.

Tentunya Anda masih ingat betul saat kanak-kanak dahulu sering kali ditanya cita-citanya ingin jadi apa. Ada yang ingin jadi dokter, ada yang ingin jadi guru, namun ada pula yang ingin jadi presiden. Cita-cita ini biasanya berkaitan dengan panggilan jiwanya, yang menyukai mengajar tentunya ingin menjadi guru, yang menyukai bernyanyi akan bercita-cita menjadi penyanyi, dan lain sebagainya.

Cita-cita pada hakekatnya adalah tujuan yang ingin dicapai. Kalau sudah paham tujuannya apa, tentunya akan lebih mudah menentukan jalan mana yang ingin dilalui agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Namun sebelum menentukan sebuah cita-cita, tentunya yang harus diketahui terlebih dahulu adalah kemampuan dirinya. Percuma saja ingin menjadi penyanyi tetapi sejak awal suaranya sudah sangat buruk, percuma saja ingin menjadi guru tetapi tidak dimiliki bakat sabar dan telaten dalam mengajarkan sesuatu. Demikian pula kalau ingin menjadi trader, akan menjadi sia-sia belaka kalau tidak dimiliki modal berupa betah berlama-lama duduk di depan monitor dan semangat pantang menyerah.

Tuhan menciptakan manusia dengan keahlian yang berbeda-beda. Oleh karenanya tiap manusia memiliki pintu rejeki yang berbeda-beda pula. Ada yang sukses menjadi penyanyi, ada yang sukses menjadi dokter, dan lain sebagainya.

 

1627-you-were-born-because-you-were-going-to-be-important-to-someone

 

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan, kalau Anda ingin sukses dalam kehidupan ini maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu kelebihan diri Anda, kemudian menentukan cita-cita yang ingin dicapai (yang sejalan dengan kelebihan diri), dan terakhir barulah menentukan jalan apa yang ingin dilalui agar cita-cita tersebut dapat dicapai.

Sama halnya dengan menjadi trader. Meski saat ini Anda sudah bercita-cita menjadi trader, tetapi coba “terawang” dahulu diri Anda sendiri. Apakah Anda mampu betah berlama-lama duduk di depan monitor sendirian selama bertahun-tahun untuk mempelajari pola pergerakan harga?

Coba tanyakan pertanyaan itu dulu kepada diri Anda sendiri. Karena kemampuan untuk betah berlama-lama di depan monitor adalah modal utama untuk melakukan trading, yang dilakukan baik saat dalam proses belajar maupun nantinya kalau sudah menjadi trader professional.

Lho khan bisa menggunakan automatic trading (EA), buat apa berlama-lama di depan monitor?

Memang benar dengan teknologi sekarang ini sudah dapat dilakukan automatic trading dengan menggunakan robot (EA). Tanpa perlu harus capek dan repot duduk berlama-lama di depan monitor maka profit sudah mengalir dengan sendirinya. Namun yang perlu diingat, agar mampu menciptakan EA yang baik, tentunya Anda harus terlebih dahulu melalui proses belajar serta proses pembuatan yang membutuhkan kemampuan berlama-lama di depan monitor. :-D

 

4337-setiap-orang-dapat-mencapai-kejayaan-dalam-hal-apa-saja-asalkan

 

Mana bisa Anda menjadi dokter jagoan kalau tidak betah berlama-lama di rumah sakit? Mana bisa Anda menjadi montir jagoan kalau tidak betah berlama-lama di bengkel?

Seperti halnya dalam kehidupan ini, Anda harus melalui proses bersekolah dahulu selama 20 tahun lebih dan barulah kemudian Anda dapat memperoleh uang jerih payah sendiri. Meski tidak harus selama 20 tahun, menjadi trader profesional juga sama saja yaitu memerlukan sebuah proses belajar yang panjangnya bertahun-tahun agar nantinya mampu untuk konsisten profit.

Seperti apa yang dikatakan sebuah kalimat bijak: if you fail to plan, you plan to fail

 

4343-tidak-ada-manusia-yang-hidup-untuk-gagal-tetapi-tidak-merancang

 

Mengetahui kelebihan diri sendiri, memiliki cita-cita yang sejalan, dan memilih jalan apa untuk mencapainya adalah sebuah perencanaan. Kalau sejak awal sudah bingung dengan diri sendiri, bingung ingin bercita-cita menjadi apa, maka sama saja dengan tidak memiliki perencanaan yang matang.

Seperti telah dikatakan dalam kalimat bijak diatas, kalau Anda tidak memiliki perencanaan matang maka sama saja dengan sejak awal sudah berencana untuk gagal. :)

Sama halnya dengan kehidupan, dalam trading pun perlu sebuah perencanaan yang baik. Kapan entry dilakukan, dimana exit menguntungkan dilakukan, dan apa yang harus dilakukan kalau kenyataan tidak sesuai dengan harapan.

Kebanyakan yang baru belajar trading, hanya paham melakukan entry. Namun bingung saat melakukan exit sehingga sering kali exit dilakukan terlalu cepat sehingga profit kecil atau exit terlalu lambat sehingga entry yang semula profit sudah berubah menjadi loss.

 

385-life-is-10-what-happens-to-us-and-90-how-we-react-to-it

 

Namun yang paling parah, baik dalam trading maupun dalam kehidupan sehari-hari, tidak banyak yang paham akan apa yang harus dilakukan kalau kenyataan tidak sesuai dengan harapan. :)

Oleh karena itu dalam trading banyak sekali yang mengalami MC dikarenakan tidak paham apa yang harus dilakukannya kalau entry ternyata jelas-jelas salah. Kebanyakan justru terpaku diam tidak mampu untuk bereaksi apapun sehingga lama kelamaan modal tergerus dengan floating loss sehingga akhirnya mengalami MC.

Padahal banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari MC yaitu:

Perihal detilnya akan djelaskan dalam artikel selanjutnya.

Demikian pula dalam kehidupan ini, saat kehidupan yang dijalaninya serba sulit malah tidak melakukan apapun untuk perbaikan. Bahkan ada juga yang melakukan sesuatu yang justru memperparah keadaan yaitu seperti justru lari dari kenyataan dengan mabuk-mabukan, terjerumus narkoba.

Atau malah kawin lagi yang akibatnya malah menambah beban serta menambah masalah pada kehidupannya sendiri yang sebenarnya sudah cukup sulit. :-D

 

13637-dibalik-pria-sukses-ada-wanita-hebat-dibalik-pria-gagal-ada

 

Mereka ini biasanya tidak jujur dalam menghadapi kenyataan. Yang perlu diingat, Anda tidak akan bisa mengatasi masalah yang dihadapi kalau tidak mampu jujur dengan diri sendiri, baik dalam kehidupan maupun dalam trading.

Dalam kehidupan sehari-hari, kalau saat ini kondisi masih miskin, ya sudah akui saja kalau memang benar masih miskin tanpa perlu merasa malu. Karena dengan jujur seperti ini maka Anda akan paham bahwa masalah utamanya adalah bagaimana caranya sesegera mungkin mengatasi kemiskinan.

Demikian pula dalam trading, kalau saat ini mengalami loss atau drawdown, ya sudah akui saja. Buat apa malu, toh semua trader sudah pasti akan mengalami hal-hal seperti ini. Kalau Anda masih berkali-kali mengalami MC, ya sudah akui saja kalau memang benar masih bodoh. Orang yang pintar saat ini dahulunya juga sama saja dengan diri Anda, yaitu saat awal belajar dahulu juga dimulai dari bodoh. Mana ada khan belajar sesuatu dimulai karena sudah pintar, yang benar adalah dimulai dari bodoh dahulu untuk kemudian menuju pintar. :-D

Yang terpenting adalah upaya untuk mengatasinya dan bukan berusaha untuk tampil selalu sempurna. Karena kalau Anda tidak jujur dengan menyembunyikan fakta yang ada, maka sama saja dengan Anda menciptakan sebuah ilusi semu. Makin banyak ilusi semu yang Anda ciptakan sendiri akibat seringkali tidak jujur, maka akibatnya lama kelamaan Anda akan makin jauh dari kenyataan dan akhirnya juga akan makin sulit untuk menyelesaikan masalah.

 

13931-kebohongan-menyelamatkan-mu-sementara-tapii-menghancurkan

 

Oleh karenanya, berusahalah untuk selalu jujur. Adanya masalah serta adanya ketidaksempurnaan dalam kehidupan maupun dalam trading adalah hal yang wajar. Namun dengan berusaha untuk selalu jujur, maka pada hakekatnya sama saja dengan lebih mendekatkan diri dengan kenyataan yang ada sehingga dengan demikian hambatan, masalah, serta ketidaksempurnaan menjadi lebih mudah terselesaikan.

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan berharap semoga ada orang lain yang berbaik hati dapat mengubah hidupnya agar menjadi lebih baik. Sedangkan dalam trading, kebanyakan berharap semoga market segera berubah arah agar floating loss segera berubah menjadi profit.

Padahal seperti dikatakan dalam firman Tuhan, yang dapat mengubah hidup Anda adalah diri Anda sendiri dan bukan orang lain. :)

 

2624-life-isnt-about-finding-yourself-life-is-about-creating

 

Kalau dalam kehidupan sehari-hari ingin lebih baik, maka Anda sendirilah yang mampu menciptakannya, bukan orang lain. Kalau ingin profit dan tidak MC dalam trading maka Anda sendirilah yang menentukan kapan saat entry exit yang tepat dan bukan market yang memberikan profit tersebut kepada Anda.

Seperti halnya dalam trading, loss terjadi dikarenakan salah menentukan arah trend. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari, kesulitan hidup pada umumnya juga terjadi karena salah menentukan arah “trend”.

Kalau kurang yakin coba perhatikan kehidupan di sekeliling Anda, contoh sederhana seperti seseorang yang bertahan dalam pekerjaan yang gajinya tidak mencukupi, baru tanggal 15 saja sudah habis total. :-D

Perlu diketahui bahwa untuk menjalani kehidupan sehari-hari diperlukan biaya minimal untuk memenuhinya, seperti biaya makan, biaya listrik, biaya air, biaya telekomunikasi, biaya kesehatan, biaya menyekolahkan anak, dan lain sebagainya. Kalau sudah dihemat sehebat apapun, tetapi gaji tetap saja tidak mencukupi maka sudah jelas orang ini berada di “trend” yang salah.

Seharusnya kalau sudah berada dalam kondisi seperti ini maka yang harus dilakukannya adalah secepat mungkin beralih ke pekerjaan lain yang gajinya lebih mensejahterakan. Caranya, sesegera mungkin tingkatkan kualitas diri sehingga laku dan dapat diterima untuk pekerjaan yang lebih baik.

 

1187-dont-wait-for-the-perfect-moment-instead-take-the-moment-and

 

Meski saat ini sulit akibat berada di “trend” yang salah, tetapi yang dilakukannya tetap bersabar sambil terus berupaya meningkatkan kepantasan diri sehingga nantinya dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Toh masa-masa sulit ini sifatnya sementara dan hanya sekedar jangka pendek belaka, nanti jangka panjangnya akan lebih baik karena kualitas diri makin meningkat dan diperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Namun fakta yang dapat kita lihat bersama dalam kehidupan sehari-hari, hanya sedikit sekali orang-orang yang memiliki mental seperti ini. :)

Kebanyakan justru bermental “berharap” yaitu berharap agar orang lain yang mengubah hidupnya. Sehingga pekerjaan yang tidak mensejahterakan pun tetap ditekuninya sampai bertahun-tahun dengan impian berupa harapan kosong yaitu semoga saja suatu hari oleh pimpinan diberi kenaikan gaji yang lebih mensejahterakan. Padahal ditunggu sampai pensiun pun, tetap saja gajinya hanya segitu-gitu saja. :-D

Atau contoh lain lagi, memperoleh pasangan yang tidak mencintai dan tidak menghargai. Selama bertahun-tahun membiarkan dirinya tidak bahagia, membiarkan dirinya disiksa secara fisik maupun batin oleh pasangannya sendiri namun tidak memiliki keberanian untuk segera “exit” dari situasi kondisi tersebut. Dalam dirinya justru ditimbulkan sebuah harapan kosong semoga saja suatu hari nanti pasangannya dapat segera berubah dan dapat membahagiakan dirinya. Meskipun fakta yang ada setelah bertahun-tahun menunggu tetap saja tidak ada perubahan, justru yang ada malah makin kurus kering akibat makin tersiksa. :))

 

2576-fear-to-change-is-the-enemy-of-success

 

Nah, coba perhatikan contoh-contoh kehidupan sehari-hari diatas. Sama saja khan dengan trading yaitu saat terjadi floating loss besar maka banyak trader yang tidak mampu bereaksi dan justru terpaku diam, malah menciptakan harapan kosong dalam dirinya sendiri semoga saja market segera berubah arah dan sama sekali tidak memiliki keberanian atau nyali untuk segera “exit” dari kondisi tersebut.

Dalam kehidupan maupun dalam trading, yang dilihat adalah jangka panjangnya.

Seseorang yang miskin saat ini bisa saja suatu hari nanti menjadi jutawan. Seseorang yang dulunya hanya sekedar anak desa suatu hari nanti bisa menjadi presiden negeri ini. Perusahaan besar seperti Apple yang dulunya nyaris bangkrut akibat merugi terus akhirnya saat ini berhasil kembali merajai dunia komputer.

 

13583-semoga-masa-tua-gue-seperti-sunset-yang-selalu-berkesan-sebelum

 

Atau sebaliknya, seseorang yang sebelumnya memiliki jabatan tinggi, dihormati, serta kaya raya justru pada saat sudah berusia tua malah tertangkap akibat korupsi dan dipenjara. Oleh karena itu jangan pernah sekali-kali meremehkan orang lain karena tidak ada yang tahu perihal nasib seseorang pada masa mendatang.

Demikian pula dalam trading, tidak apa masih seringkali mengalami MC, tidak apa masih terjadi drawdown yang lumayan besar, namun kalau Anda terus tekun menjalani prosesnya serta terus menerus melakukan perbaikan, tentunya suatu hari nanti hasil yang diperoleh akan menjadi makin baik.

Seperti dikatakan oleh sebuah kalimat bijak: Losing trades is the ‘cost of doing business’ for a forex trader. If you experience a loss, shrug it off and move on. Statistically it just means you are 1 step closer to your next win.36 Ways to Rapidly Improve Your Forex Trading

 

6637-the-problem-with-closed-minded-people-is-that-their-mouth-is

 

Hanya orang-orang yang berpikiran sempit saja yang cenderung sudah terburu-buru menilai dan menghakimi. Penilaian yang sesungguhnya dalam kehidupan ini seharusnya baru dilakukan saat nafas terakhir. Demikian pula penilaian dalam trading barulah dilakukan pada saat memutuskan berhenti menjadi trader.

Karena pada saat akhir itulah, pencapaian yang sesungguhnya baru diketahui. Selama saat akhir itu belum terjadi maka masih terbuka lebar peluang untuk melakukan pencapaian demi pencapaian selanjutnya. :)

Oleh karenanya dikatakan: The really foolish trader judges others on just a few trades or a few months of trading performance, trading is a very long term endeavor and success is measured in years not a few trades.10 Foolish Things That Foolish Traders Do

Baik dalam kehidupan maupun dalam trading, kalimat trend is your friend haruslah dipegang teguh. Kemampuan membaca arah trend sangatlah penting, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam trading. Kalau Anda jagoan membaca arah trend dalam trading, tentu saja imbalannya berupa profit. Hal ini sebenarnya sama saja dengan yang terjadi dalam kehidupan.

Dalam trading kalau Anda melawan trend tentunya akan konyol sendiri karena akan mengalami loss. Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari, jangan coba-coba melawan trend kalau tidak ingin hidup Anda kacau balau.

Contohnya kalau Anda paham bahwa trend masa depan dimana semua orang cenderung menggunakan ponsel, sehingga yang dilakukan saat ini adalah menekuni berjualan ponsel. Tentu saja kalau Anda mampu membaca arah trend seperti ini maka Anda pun nantinya akan diberi imbalan berupa kekayaan. Sebaliknya kalau salah membaca arah trend seperti tetap melakukan korupsi disaat pemberantasan korupsi gencar digalakkan dimana-mana maka nantinya akan konyol sendiri kalau tetap melakukannya karena kemungkinan tertangkapnya jauh lebih besar. :-D

Perlu diingat bahwa prinsip yang harus dipegang teguh dalam trading maupun dalam kehidupan sehari-hari adalah jangan tunggu sampai situasi kondisi menjadi makin parah.

Dalam trading, dibuatlah sebuah batasan psikologis seperti contohnya drawdown maksimal yang dapat ditoleransi adalah 30%. Sehingga bila melebihi batasan psikologis ini (meski masih jauh dari MC yaitu drawdown > 75%), sudah terlebih dahulu dilakukan tindakan penyelamatan. Dengan demikian bila sejak dini sudah dilakukan tindakan penyelamatan maka menjadi jauh lebih besar kemungkinannya untuk selamat daripada kalau menunggu sampai kondisi makin parah.

Sedangkan dalam kehidupan, dibuatlah batasan psikologis seperti ini: selagi masih muda, selagi masih sehat, serta selagi masih memiliki uang modal walau sedikit, segeralah lakukan tindakan penyelamatan untuk kehidupan Anda sendiri. Jangan tunggu sampai situasi kondisi menjadi makin parah yaitu sudah tua, sudah sakit-sakitan, dan sudah bangkrut, maka akan jauh lebih sulit lagi untuk menyelamatkan hidup Anda sendiri.

Berhadapan dengan masalah dalam kehidupan ini adalah hal biasa, semua manusia yang hidup pasti akan selalu berhadapan dengan masalah. Demikian pula dengan trading, semua trader yang melakukan trading pasti akan berhadapan dengan masalah berupa drawdown dan loss.

Kalau tidak pernah ada masalah, maka bukan hidup namanya. Kalau tidak pernah berhadapan dengan drawdown dan loss, maka bukan trader namanya. :)

 

841-untuk-mencapai-sukses-tidak-harus-sempurna-segalanya-3

 

Dalam kehidupan ini, meski Anda telah berusaha keras tidak ingin memancing masalah namun kadang kala tetap saja masalah timbul. Sama halnya dalam trading, meski sekeras apapun Anda berusaha untuk profit, tetap saja kadang kala timbul drawdown dan loss akibat kebijakan bank sentral ekstrim atau hal-hal ekstrim lainnya (extreme impact news).

Yang baik memang berusaha sekeras mungkin untuk terhindar dari masalah. Namun yang lebih baik lagi adalah bagaimana caranya menyikapi dan menyelesaikan dengan bijak kalau timbul masalah.

Saat kita bersekolah dahulu oleh guru atau dosen selalu diajarkan hal-hal yang ideal dan sempurna, namun pada kenyataannya tidak ada yang sempurna dalam kehidupan maupun dalam trading. Dahulu oleh guru diajarkan bahwa ekonomi yang ideal adalah yang adil dan makmur. Namun lihat faktanya berupa kondisi ekonomi negeri kita ini, jangankan adil, makmur saja belum. :-D

Namun meskipun kenyataannya jauh dari ideal, apakah kemudian kita semua berhenti berupaya untuk memakmurkan negeri ini. Tentu saja tidak, meski harus berhadapan dengan segala macam keterbatasan serta kesulitan kita semua berupaya sesuai bidangnya masing-masing.

Demikian pula dalam kehidupan ini, seseorang tidak menunggu untuk kaya terlebih dahulu untuk menjadi sukses. Justru orang-orang sukses saat ini adalah orang-orang yang dahulunya memiliki segala macam keterbatasan seperti bodoh, miskin, bahkan cacat, namun mereka perlahan-lahan membangun kemampuan, keahlian, mental, serta nyali sehingga mampu mendobrak segala macam keterbatasan tersebut dan akhirnya menjadi sukses.

Oleh karena itu selalu dikatakan:
In life, in trading, and in business, isn’t about waiting out the storm.
It’s about learning to dance in the rain.
:)

 

5358-life-isnt-about-waiting-out-the-storm-its-about-learning

 

Learning to dance in the rain biasanya dimiliki oleh orang-orang yang bernyali dan memiliki mental kuat. Meski dibebani dengan segala macam keterbatasan serta kesulitan tetapi tetap maju untuk bertindak.

Hal ini kebalikan dengan orang-orang yang idealis dan pesimis yaitu yang cenderung menunggu segala sesuatunya untuk menjadi sempurna terlebih dahulu (waiting out the storm) dan baru berani bertindak. Orang-orang seperti biasanya hanya diam ditempat dan tidak pernah melakukan apa-apa karena menunggu sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Perlu diingat bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, oleh karena itu tidak ada sesuatupun yang sempurna di dunia ini. Sehingga meski ditunggu sampai kiamat pun, ya tidak sempurna-sempurna juga.

Seseorang yang bernyali dan memiliki mental kuat, cenderung lebih berani mengambil resiko. Meski situasi kondisi tidak sempurna dan tidak ideal, namun tetap berani melakukannya. Biasanya justru orang-orang seperti inilah yang mampu meraih sukses.

Coba saja perhatikan seperti pembalap dunia, pemain bola dunia, dan lain sebagainya meski terdapat resiko celaka dan tewas atau resiko kalah, tetap saja maju untuk melakukannya meski turun hujan lebat. Mereka memiliki keyakinan kuat terhadap kemampuan dirinya sendiri kalau melakukan upaya terbaik maka kemenangan akan diperoleh, tidak peduli meski situasi kondisi ternyata tidak sesempurna dan tidak seideal harapan.

Coba perhatikan mana ada juara dunia apapun yang selalu tampil sempurna. Wajar saja kalau sesekali melakukan kesalahan, sesekali jatuh dan celaka, sesekali tabrakan, tetapi hasil akhirnya nanti toh jadi juara dunia juga. Sekali lagi, tidak ada yang ideal dan sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

Kalau Anda mampu berdamai dengan ketidaksempurnaan ini maka yang namanya sukses tinggal selangkah lagi. Karena pada prinsipnya mereka yang tidak sukses adalah orang-orang yang selalu berharap adanya kesempurnaan. Contoh paling mudah adalah mencari pasangan yang sempurna atau mencari pekerjaan yang sempurna bergaji besar tapi kerjanya ringan, sampai kiamat ditunggu ya tidak ketemu. :))

Dalam dunia trading tentunya kita seringkali mendengar cerita-cerita fantastis perihal sekelompok kecil trader-trader yang kaya raya mendadak karena adanya krisis. Mereka ini adalah orang-orang yang bernyali besar dimana mencari keuntungan saat “storm” (krisis) terjadi dimana justru pada saat yang bersamaan sebagian besar trader lainnya malah menghindar dari “storm” tersebut. Mereka ini benar-benar melakukan “dancing in the rain” demi memperoleh keuntungan yang luar biasa. :)

Oleh karena itu bagi yang baru belajar trading, kenali dahulu seberapa besar nyali Anda. Kalau nyali Anda kecil dan cenderung penakut, jangan pernah terjun ke dunia trading kalau tidak ingin cepat terkena penyakit jantung dan tua sebelum waktunya akibat stress terus menerus. :-D

Dunia trading adalah dunia penuh dengan resiko tinggi, hanya mereka yang bernyali besar, bersyaraf baja, dan bermental kuat saja yang mampu berhadapan dan akhirnya sukses dalam dunia trading ini. Anda harus tahan dari waktu ke waktu menahan stress tingkat tinggi terus menerus, memiliki mata yang tajam memperhatikan setiap detil pergerakan chart, serta kerja pikiran yang cepat agar sesegera mungkin dapat mengambil keputusan.

Kalau kurang yakin bahwa besarnya nyali berkaitan erat dengan kesuksesan trading, silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai pada bagian bawah perihal riset yang dilakukan oleh John M Coates dari Inggris. :)

Nyali dalam kehidupan maupun dalam trading sangatlah diperlukan.

Karena untuk sukses diperlukan sebuah nyali atau keberanian yang besar untuk menempuh segala macam rintangan dan hambatan yang luar biasa meskipun di dalam kepalanya sadar betul kalau situasi kondisi yang dihadapinya tidaklah sesempurna atau seideal harapannya.

Adanya nyali yang besar akhirnya membuat dia tetap maju sehingga pada akhirnya kesuksesan dapat diraih.

 

4964-keyakinan-adalah-percaya-dengan-apa-yang-tidak-kita-lihat-dan

 

Seperti itulah orang-orang yang disebut sebagai pahlawan, meski sejak awal paham betul dia harus mengorbankan nyawanya tetapi yang dilakukannya tetap maju dengan keyakinan akan menang. Demikian pula dalam trading, meski sejak awal paham betul kalau harus mengorbankan modalnya tetapi yang dilakukannya tetap melakukan trading dengan keyakinan akan memperoleh profit. Nah, ini semua baru dapat dilakukan kalau dimiliki nyali yang besar dalam dada.

Bayangkan kalau tidak dimiliki nyali alias penakut, hanya karena situasi kondisi yang dihadapinya tidaklah sempurna meski belum melihat rintangan dan hambatan yang ada, sudah balik arah dan kabur. Kapan bisa sukses kalau caranya seperti ini?

 

22690-trouble-is-your-best-friend-it-makes-you-stronger-and-more

 

Prinsip dalam kehidupan ini, kedewasaan dan kebijaksanaan seseorang diuji saat menyikapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. :)

Kalau mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan bijak, maka Anda akan menjadi seseorang yang lebih baik daripada sebelumnya. Namun kalau tidak mampu menyelesaikannya atau justru melarikan diri dari masalah, maka Anda akan menjadi seseorang yang lebih buruk daripada sebelumnya. :-D

Contoh sederhana, mobil yang dikendarai menabrak mobil lain. Kalau yang dilakukannya baik dan bijak yaitu mengakui kesalahannya dan bersedia mengganti rugi maka dia akan lebih dihargai oleh yang ditabraknya, malah bisa-bisa yang ditabrak menjadi temannya. Sebaliknya kalau yang dilakukannya kabur, maka bisa-bisa dirinya malah masuk penjara karena dilaporkan sebagai tabrak lari.

Sehingga dari contoh-contoh ini dapat disimpulkan bahwa adanya masalah adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan maupun dalam trading.

 

14154-hidup-tak-selalu-sesuai-keinginanmu-selalu-ada-masalah-namun

 

Namun kalau Anda ingin menjadi manusia yang lebih baik atau ingin menjadi trader yang lebih baik, maka biasakanlah diri Anda untuk berhadapan dengan masalah serta berusaha untuk selalu menyelesaikannya dengan baik dan bijak. Karena pada hakekatnya, yang dinilai pada saat akhir nanti adalah bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah tersebut. :)

Seperti yang disebutkan dalam sebuah kalimat bijak: To become what we want, first we must change who we are

Kalau Anda ingin lebih baik dalam kehidupan sehari-hari maka yang harus Anda lakukan adalah hal-hal yang positif, menjaga kesehatan, selalu berdisiplin, dan lain sebagainya. Bagaimana bisa hidup Anda menjadi lebih baik kalau yang Anda lakukan adalah hal-hal yang buruk. Karena pada prinsipnya, kalau Anda “menanam” sesuatu yang buruk maka cepat atau lambat yang dipetik pun juga hal-hal yang buruk dalam kehidupan nantinya.

 

14999-if-i-am-not-good-to-myself-how-can-i-expect-anyone-else-to

 

Demikian pula kalau Anda ingin menjadi trader yang baik, maka yang harus diubah terlebih dahulu adalah sikap maupun perilaku Anda. Kalau Anda masih saja tidak sabaran, emosional, suka melecehkan orang lain, dan tidak menghargai sesama, maka secara otomatis pula tiap kali melakukan trading akan “dihajar” berkali-kali oleh market karena melakukan trading dengan perilaku yang buruk.

Oleh karena itu kalau Anda diperlakukan buruk atau dilecehkan oleh orang lain baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam trading, tidaklah perlu buang waktu serta energi untuk sakit hati atau bahkan balas dendam. Karena yang melakukan “balas dendam” nantinya bukanlah Anda sendiri, tetapi secara otomatis oleh kehidupan atau market yang akan melakukan balas dendam dengan sendirinya yaitu dengan cara “menghajar”-nya dengan diberi kehidupan yang sulit atau berkali-kali mengalami MC sebagai dampak perilakunya yang buruk. :-D

Karena pada hakekatnya, tidak mungkin diberi sesuatu yang baik kalau yang dilakukannya buruk. :)

 

14187-berbuat-baiklah-kepda-orang-yang-telah-mendzolimi-mu-niscaya

 

Untuk menambah wawasan trading, berikut dibawah ini adalah tips sangat bermanfaat dalam melakukan trading yang ditulis oleh Pak Indra Gutama:

 


 

Sebelumnya bila di perkenankan pak Anton. saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya selama bertrading agar harapannya teman-teman kita bisa mengambil hikmahnya..

Sungguh Trading forex itu sulit sekali bener-benar sulit.. saya trading forex + – 4 thn.. sudah beberapa akun menjadi pembantaian di market.. pada awal-awal saya mengenal forex, seperti pada umumnya.. trader pemula ingin cepat dapat Uang banyak.. menganggap forex itu mudah.. cuma beli dan jual.. banyak aspek di dalamnya… saya belajar forex dari otodidak.. tidak ada yang mengajarkan… dari gonta-ganti trading sistem dan coba sana sini.., dengan kehadiran web site ini.. seharusnya teman-teman berterimakasih kepada Bapak Anton..sudah berbagi pengalaman dan pengenalan akan forex.. sehingga tidak seperti saya dulu.. benar2 buta..saya anggap kesalahan saya dulu sebagai pelajaran yang sangat berharga.. sekedar tips buat teman-teman.. minimal 1-2 jam melihat grafik m15 atau 1H tanpa melakukan apa-apa2.. melihat pergerakan harga..minimal selama 1 thn.. sampai benar-bener hafal.. memang setiap orang tingkat kecerdasannya beda2.. tapi dengan niteni atau keuletan. pasti berhasil.. coba di demo akun .. selama 6 bulan.. baru ke real dengan deposit sangat kecil.. sehingga tidak takut kehilangan atau tidak menggangu finansial ( uang menganggur ), sampai sekarang pun saya masih belajar… ada yang real ada juga demo akun.. karena untuk belajar tidak akan pernah ada habisnya..

Mungkin sedikit Tips untuk teman-teman :

1. Pengendalian diri ketika berhadapan dengan pasar
Salah satu kunci sukses dalam trading adalah memahami kenyataan bahwa Anda hanya bisa mengendalikan diri Anda sendiri dan tindakan yang Anda lakukan, tetapi Anda sama sekali tidak bisa mengendalikan pasar. Banyak trader yang memahami hal ini namun mereka tidak melakukannya ketika benar-benar berhadapan dengan pasar. Sering kali mereka mencoba memaksakan kehendak kepada pasar dengan berbagai tindakan guna memperoleh profit, dan secara tidak sadar mereka telah melawan pasar yang pada akhirnya akan menyebabkan kerugian.

2. Biarlah pasar bekerja untuk Anda
Pasar selalu bergerak sesuai dengan keinginannya, tidak peduli pada apa yang Anda inginkan atau lakukan. Yang bisa Anda lakukan adalah menunggu dengan sabar sampai pasar memberikan ‘sinyal’ kepada Anda untuk bertindak. Sinyal yang dimaksud adalah setup price action yang sesuai dengan strategi dalam rencana trading Anda. Ketika sinyal telah muncul, Anda entry dan biarkan pasar bekerja untuk Anda.

3. Berfokus menjadi trader yang baik, dan menikmati proses tersebut
Banyak trader yang hanya peduli pada besarnya profit yang akan diperoleh. Ironisnya keasyikan tersebut malah membuat trader mengalami kerugian. Ketika pikiran Anda hanya tertuju pada profit, Anda akan melupakan proses dalam trading dimana Anda seharusnya menjadi trader yang baik terlebih dahulu. Anda harus belajar trading dengan sebaik-baiknya sebelum berharap memperoleh profit yang berarti.

4. Apa yang Anda lakukan setelah mengetahui hasil trading akan menentukan keberhasilan atau kegagalan trade berikutnya
Trader yang baik tidak akan terlalu terpengaruh pada hasil trade sebelumnya. Baik profit maupun loss mereka tetap menjaga keterlibatan emosi dan tetap mengikuti rencana trading yang telah disepakati sebelumnya. Cobalah melihat jurnal trading yang mestinya telah Anda buat, bukankah trading ada siklusnya? Ada periode dimana Anda selalu profit dan periode sering loss. Itu sebenarnya memang siklus pasar jika Anda tidak melawannya dan trading dengan disiplin.

Rasa ingin balas dendam setelah loss atau euforia setelah profit adalah sangat berbahaya. Ingin balas dendam akan cenderung menggunakan metode yang berbeda dan euforia akan menyebabkan rasa percaya diri yang berlebihan (over confidence). Banyak trader yang mengalami kerugian beruntun (losing streak) setelah sekali profit yang lumayan. Itu disebabkan karena mereka terlalu percaya diri sehingga melipat gandakan ukuran lot trading, atau memperbesar resiko. Sebenarnya pasar tidak akan tahu atau mau tahu mengenai apa yang Anda lakukan. Pasar hanya merespons posisi yang telah Anda buka.

5. Pengendalian diri ketika Anda telah mempunyai posisi
Pengendalian emosi ketika posisi Anda masih terbuka adalah hal yang mutlak. Anda tidak harus mengintervensi pasar dengan mengubah-ubah stop loss atau target profit yang telah Anda perhitungkan sebelumnya. Dalam keadaan tertentu Anda bisa saja menerapkan teknik trailing stop, atau teknik averaging (setelah profit) untuk memaksimalkan keuntungan setelah pasar memberikan sinyal dengan jelas, dan Anda rasa memang logis untuk melakukannya. Tetapi menggeser stop loss atau target karena takut loss atau tidak kebagian profit adalah tindakan emosional yang jelas menyimpang dari rencana trading. Tindakan tersebut harus Anda hindari. Tradinglah dengan disiplin sesuai rencana.

Sumber : http://www.learntotradethemarket.com

Semoga kehadiran Website : ayotradefx membawa kebaikan bagi teman-teman yang sungguh-sungguh mau belajar, karena kalau boleh saya katakan.. bisnis forex adalah bisnis yang paling besar dari semua bisnis lainnya..pendapatan tidak terbatas.. beda dengan bisnis konvensional..kuncinya : Niteni pantang menyerah.. saya pribadi semakin sulit semakin bersemangat..karena saya berpikir … Ini bisnis besar.. benar2 besar..tentunya segala aturan harus teman-teman patuhi..

Salam sukses 2 jari dari saya :-D

Indra Gutama

 


 

Pengendalian diri ketika berhadapan dengan pasar hanya dapat diperoleh kalau Anda menghargai pasar. Kalau dalam kehidupan sehari-hari Anda cenderung emosional, tidak sabaran, cenderung meremehkan dan menganggap buruk orang lain, tidak menghargai karya orang lain, cenderung selalu memaksakan kehendak serta tidak menghargai perbedaan pendapat, maka secara otomatis pula saat melakukan trading Anda tidak akan memiliki pengendalian diri yang baik.

 

4664-treat-people-the-way-you-want-to-be-treated-talk-to-people

 

Hargailah pasar seperti halnya Anda menghargai orang lain, karena dengan demikian akhirnya pasar pun menghargai Anda dengan cara diberi profit. Bukankah pada prinsipnya kalau ingin dihargai maka belajarlah untuk menghargai terlebih dahulu. :)

Biarlah pasar bekerja untuk Anda, sama halnya dalam kehidupan, biarlah kehidupan ini bekerja untuk Anda.

Dalam trading, kerja yang Anda lakukan hanyalah sekedar menentukan kapan saat entry dan kapan saat exit. Yang mendorong harga (yang direpresentasikan dalam bentuk candlestick) bukanlah Anda, tetapi market sendiri. Namun untuk dapat menentukan saat entry exit yang tepat, Anda haruslah berupaya belajar sekeras mungkin agar pemahaman akan hal ini melekat dalam diri Anda.

Demikian pula dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus berusaha sekeras mungkin untuk meningkatkan kemampuan diri. Nantinya bila kemampuan ini sudah terbentuk dan mulai dilirik oleh masyarakat, maka secara otomatis pula kehidupan Anda menjadi lebih baik karena masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja untuk Anda.

Contoh sederhana seperti halnya berjualan makanan. Awal mulanya hanya berupa warung kecil, tetapi karena masyarakat merasa puas dengannya maka lama kelamaan cabangnya berada dimana-mana. Yang membuatnya kaya bukanlah dirinya, tetapi pembayaran dari kehidupan pelanggannya yang puas dengan layanannya.

 

4504-great-leaders-inspire-greatness-in-others

 

Atau contoh lain, rekening gotong royong milik salah satu capres. Tanpa harus repot mengeluarkan biaya kampanye dari kantongnya sendiri, masyarakat dengan suka rela telah menyumbangnya. Sebuah langkah yang cerdas dikarenakan membiarkan kehidupan bekerja untuknya, juga rekening tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah indikator elektabilitas tanpa perlu menggantungkan diri pada hasil survay pihak ketiga.

Berfokus menjadi trader yang baik dan menikmati proses tersebut. Seseorang yang suka menyanyi tentunya akan sangat menikmati proses untuk menjadi penyanyi dikarenakan dilakukan dengan penuh rasa suka. Bayangkan kalau Anda tidak suka menyanyi tetapi terpaksa harus belajar untuk menjadi penyanyi, tentunya rasanya akan sangat tersiksa.

Apapun yang ingin Anda raih selalu memerlukan sebuah proses yang memakan waktu cukup lama. Ibarat menanam pohon, Anda harus menanam mulai dari bibitnya, kemudian setiap hari rajin menyirami dan memberi pupuk, menunggu sampai tumbuh besar, sampai pada akhirnya siap untuk berbuah. Tidak ada yang instan, segala sesuatunya perlu proses.

 

15412-semua-itu-butuh-proses-bukan-express

 

Seperti telah dijelaskan diatas, kalau Anda ingin sukses dalam kehidupan ini maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu kelebihan diri Anda. Kalau sudah jelas tidak suka menyanyi kenapa juga diteruskan upaya untuk menjadi penyanyi. Kalau sudah jelas selama proses belajar untuk menjadi trader justru tersiksa sendiri karena tidak betah berlama-lama di depan monitor, kenapa juga diteruskan dan akhirnya malah menyiksa diri sendiri.

Sejak awal ketahui kelebihan diri terlebih dahulu, karena hal ini merupakan modal utama untuk menikmati proses dalam pencapaian tujuan. :)

Orang Jawa mengenal sebuah ilmu yang dinamakan ilmu Titen. Kata “titen” berasal dari bahasa jawa, dimana arti terdekatnya adalah “cermat”. Sehingga Niteni = Mencermati. Titen dapat digambarkan sebagai kemampuan seseorang dalam memilih suatu benda dengan sebelumnya telah memahami ciri-ciri benda yang dimaksud. Seperti seorang bayi yang mampu membedakan mana ibu dan bapaknya.

Orang Jawa menggunakan weton atau hari lahir yang dimiliki oleh setiap orang serta ciri-ciri fisik seperti bentuk alis, bentuk hidung, dan lain sebagainya untuk mencermati atau niteni sifat dari seseorang. Hal ini mungkin sama dengan ilmu Astrologi dimana seseorang yang berzodiak Virgo tentu sifatnya jauh berbeda dengan yang berzodiak Sagitarius.

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, Tuhan menciptakan manusia dengan sifat yang berbeda satu sama lain sehingga timbul keahlian yang juga berbeda-beda. Tujuan dari Tuhan adalah agar dunia ini menjadi penuh warna serta agar timbul saling mengisi satu sama lainnya.

 

8256-follow-your-heart-but-take-your-brain-with-you

 

Oleh karena itu Tuhan pun menciptakan weton saling berlainan, zodiak berlainan, dan ciri-ciri fisik yang berlainan. Tujuannya agar sejak awal saat dilahirkan sudah paham betul kelebihan serta kelemahan yang ada dalam diri masing-masing sehingga dengan demikian dapat memilih bidang serta pintu rejeki yang tepat untuk kesuksesannya.

 

1258-cara-terbaik-meramalkan-masa-dpn-anda-adalah-dgn-menciptakan

 

Hal ini tidak ada kaitannya dengan ramalan karena ramalan pada hakekatnya adalah berusaha menebak apa yang akan terjadi di masa mendatang (yang tidak seorang pun yang tahu, terkecuali Tuhan). Sedangkan ilmu Titen atau ilmu Astrologi adalah berusaha memahami maksud dari yang sudah ada (weton, zodiak, ciri-ciri fisik, dan lain sebagainya).

Perihal zodiak dalam dunia trading pernah ditulis dalam artikel ini: Traders Zodiac.

Sedangkan perihal ciri-ciri fisik trader, pernah ditulis oleh Pak Irfansyah sebagai berikut:

 


 

Sebuah riset dari Ingris menyatakan bahwa seseorang yang mempunyai ukuran jari manis yang lebih panjang dari jari telunjuk merupakan pertanda yang lebih baik untuk menjadi seorang trader sukses.

Bagaimanakan jari manis Anda?… apakah lebih panjang dari jari telunjuk Anda?…..

Jika iya… anda termasuk kedalam ciri-ciri trader yang bakal sukses ini tinggal bagai mana anda terus belajar trading yang baik, karena menurut Riset National Academy of Sciences Inggris anda sudah memiliki hormon Testosteron yang mempengaruhi
kecepatan berfikir, reflek, keberanian, serta nyali.

Penemuan ini telah di catat di National Academy of Sciences untuk selanjutnya di publikasikan.

Kepala riset John M Coates dari Inggris mengatakan panjangnya jari manis ini melambangkan tingkat hormon testosteron yang mempengaruhi kecepatan berfikir, reflek, keberanian, serta nyali.

“Saya dulu bekerja dilantai bursa Wall Street” ujar Coates. “Selama disana saya melihat bahwa para trader di lantai bursa mempunyai gejala klinis yang sama, mereka suka berkhayal, ber-euforia, memiliki kecendrungan kurang tidur dan mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi. Saya pikir pasti ada kondisi psikologis yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di market”.

Coates selalu bekerja sama dengan Judge Business School dan ahli neuroscience dari University of Cambridge England untuk mengadakan riset penelitian.

Dalam penelitiannya Coates mengumpulkan 44 laki-laki dari lantai bursa london. Ke 44 trader yang dikumpulkannya tersebut dikenal sebagai spesialist “High Frequency Trading”.

Mereka yang dipilih tersenut biasanya menangani kondisi eksekusi treding yang bertubi-tubi dan cepat dan memiliki konsentrasi yang ekstrim, dan memiliki kewaspadaan visual serta memliki koordinasi penglihatan dan reaksi yang cepat. Mereka juga dikenal memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan untuk mengambil resiko tinggi tanpa ragu-ragu.

Hasilnya team riset menyimpulkan bahwa tingkat testoteron mereka yang tinggi ditandai oleh jari manis yang lebih panjang dari jari telunjuk. Artinya mereka yang mempunyai jari manis lebih panjang merupakan pertanda bagi sebuah kesuksesan finansial yang lebih besar.

Jika riset ini dikonfirmasikan dengan riset yang dilakukan oleh Concordia University di Canada dengan membandingkan 415 pria. Riset yang membandingkan panjang jari untuk membandingkan perbedaan pribadi seseorang. Dengan kesimpulan pria dengan panjang jari manis lebih panjang dibandingkan dengan jari telunjuk, maka pria ini mudah mencari uang lebih besar karena sifat Work Hard Play Hard miliknya.

Penelitian oleh Concordia University di Canada oleh Eric Sternstrom juga menemukan tingkat testosteron yang mempengaruhi pada rasio ukuran jari pria. Pria dengan jari manis panjang memiliki kadar testosteron tinggi dan cenderung mendominasi. Pria seperti ini mampu mengambil resiko yang besar dan memiliki kemauan kuat untuk menang.

 


 

Agar lebih mudah dipahami, berikut gambar bentuk jari tangan ideal bagi pria maupun wanita:

 

Ciri ciri tersembunyi Trader sukses1

 

Namun agar tidak penasaran perihal jari tangan saya (karena Pak Irfansyah juga penasaran sampai-sampai mengirimkan email menanyakan panjang jari manis milik saya :-D ), berikut dibawah ini ditampilkan foto tangan kiri saya.

 

20140628_193632

 

Terlihat dalam gambar diatas, jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk sehingga akhirnya hampir menyamai jari tengah. Entah ini pertanda baik atau tidak, yang pasti saya merasa sangat cocok dan sangat nyaman dengan dunia trading yang serba dinamis dan penuh resiko. :)

Sedangkan kalau penasaran dengan ciri-ciri fisik kaki, silahkan lihat dalam gambar dibawah ini:

 

IMG_20140627_184831

 

Yang pasti bentuk kaki saya seperti nomor 3 dalam gambar diatas. Nah, yang manakah bentuk kaki Anda? :-D

 

21857-indahnya-hidup-bukan-karena-seberapa-banyak-orang-mengenal-kita

 

Mungkin hal ini sekaligus dapat menjelaskan kenapa saya sangat menyukai menulis untuk berbagi ilmu maupun untuk membangkitkan motivasi bagi sesama. :)

Selanjutnya, Apa yang Anda lakukan setelah mengetahui hasil trading akan menentukan keberhasilan atau kegagalan trade berikutnya. Hal ini sepenuhnya tergantung pada mental dan karakter masing-masing, serta pemahaman akan trading itu sendiri.

Seperti telah dicontohkan diatas yaitu mobil yang dikendarai menabrak mobil lain. Yang dinilai pada saat akhir nanti adalah bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah tersebut. Kalau Anda bermental baik dan memiliki karakter yang bijak, tentunya akan berusaha menyelesaikan masalah dengan baik.

Sama halnya dengan melakukan trading, meski saat ini sudah berhasil memperoleh profit maka cepat atau lambat segera hilang (bahkan modal pun juga turut lenyap) kalau tidak bijak menyikapi trading yang berikutnya.

Pengendalian diri ketika Anda telah mempunyai posisi. Banyak contoh yang dapat kita lihat dalam kehidupan ini, sudah kaya raya tetapi malah melakukan korupsi dan tertangkap. Sudah memiliki pekerjaan yang baik tetapi tidak bersyukur dan malas bekerja sehingga akhirnya dipecat. Atau contoh lain, sudah memiliki keluarga bahagia tetapi malah selingkuh. Coba kalau memiliki pengendalian diri, tentunya hidupnya tidak akan menjadi susah.

Nah, sudah jelas bukan kalau trading sebenarnya hampir sama saja dengan kehidupan yang kita jalani. :)

Oleh karena itu kalau Anda bercita-cita ingin nantinya menjadi trader professional maka yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah we must change who we are, to become what we want.

 

762-the-reason-why-most-people-quit-is-because-they-focus-on-how

 

Berusahalah untuk melakukan hal-hal positif terlebih dahulu dalam kehidupan sehari-hari, berusaha mempertebal rasa sabar dikarenakan melakukan trading diperlukan kesabaran tingkat tinggi, serta berusaha untuk selalu disiplin dengan apa yang telah ditentukan sendiri. Sehingga kalau suatu hari nanti Anda berhasil meraih cita-cita tersebut maka secara otomatis pula kehidupan sehari-hari Anda pun juga menjadi lebih baik dikarenakan selama proses menuju cita-cita tersebut sudah melakukan hal-hal yang baik.

Selain itu yang tidak boleh dilupakan, seperti telah dikatakan oleh Pak Indra diatas bahwa bisnis forex adalah bisnis yang paling besar dari semua bisnis lainnya dikarenakan penghasilan yang diperoleh tiada batasnya. Meski belajar trading forex sulitnya ampun-ampunan namun sejalan dengan dibawah ini:

 

15284-jalan-tercepat-menuju-kekayaan-adalah-wirausaha-karena-9-dari

 

Nah, sekarang pilihan terserah kepada diri Anda sendiri. Inginkah Anda memiliki penghasilan yang tanpa batas? Inginkah Anda menjadi sekelompok trader elite yang katanya hanya sekitar 5% saja di dunia ini? Mampukah Anda melewati hambatan berupa kesulitannya yang ampun-ampunan serta perlu waktu lama untuk menguasainya?

Anda sendirilah yang lebih paham akan jawabannya. :)

 

21609-kamu-hanya-hidup-sekali-tapi-jika-kamu-melakukannya-dengan

 

Hidup ini memang hanya sekali, namun tidak inginkah Anda melakukan pencapaian-pencapaian luar biasa hebat yang dapat selalu dikenang sampai anak cucu serta generasi selanjutnya? Semuanya tergantung pada pilihan Anda sendiri, ingin hidup yang biasa-biasa saja atau berjuang mati-matian agar hidup Anda dipenuhi dengan pencapaian-pencapaian luar biasa yang dapat selalu dibanggakan.

 

13782-bukan-berapa-lama-kita-hidup-yang-terpenting-adalah-apa-yang

 

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca setia situs ini. :)

Sesuai dengan yang telah dikatakan oleh Pak Indra diatas, juga salam sukses 2 jari dari saya :-D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)