Traders Journal

Traders Journal

Posted by

Menjadi manusia yang lebih baik adalah berkat belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu.

Oleh karenanya, beranilah untuk berbuat sesuatu. Meskipun hal yang dilakukan ternyata salah, tetapi kesalahan tersebut akan membuat diri Anda belajar agar nantinya dapat melakukannya dengan cara yang lebih benar.

Rumusnya adalah seperti ini: “Lakukan 1000 tindakan, kalau hasilnya adalah 1000 kesalahan maka jangan pernah sesali karena Anda akan belajar 1000 kebenaran”.

Kalau tidak berani bertindak dan berupaya karena takut salah maka selamanya Anda hanya begitu-begitu saja karena tidak pernah mempelajari apapun.

Oleh karenanya, terdapat kalimat bijak yang menyebutkan seperti ini “Pengalaman adalah guru yang kejam, ujiannya duluan dan belajarnya belakangan” :))

Definisi pengalaman adalah melakukan tindakan terlebih dahulu dengan didasari asumsi bahwa yang dilakukan adalah benar. Bila nantinya asumsi tersebut berbeda dengan kenyataan yaitu ternyata salah, maka proses belajar untuk menjadi benar barulah dimulai.

Memperoleh pengalaman adalah sesuatu yang mahal dikarenakan harus melakukan kesalahan (yang seringkali berbiaya mahal) terlebih dahulu baru kemudian belajar untuk menjadi benar.

Berbeda bila belajar dari pengalaman orang lain maka jauh lebih murah dikarenakan yang dipelajari 2 sisi sekaligus. Yaitu belajar perihal kesalahan yang dilakukan oleh orang tersebut, sekaligus belajar bagaimana caranya untuk menjadi benar.

Itulah salah satu tujuan dibuatnya situs ini. Agar para pembaca tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dahulu saya lakukan dan langsung belajar bagaimana caranya untuk menjadi benar. Lebih murah dan lebih cepat :)

Demikian pula bila ingin menjadi trader yang lebih baik maka harus berkemauan mempelajari kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya, untuk kemudian sedikit demi sedikit dilakukan perbaikan agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak lagi terjadi di masa mendatang.

Diperlukan ketekunan untuk mencatat kesalahan-kesalahan tersebut sehingga dapat lebih mudah diketahui kenapa sampai salah. Masalahnya, tidak semua trader rajin mencatatnya, sehingga penyebab kesalahan pun tidak pernah diketahui dan tetap saja terjadi.

Di masa lampau, untuk mencatat kesalahan-kesalahan ini biasanya dilakukan screen shot pada chart saat entry dilakukan. Sehingga bila mengalami loss maka dapat diingat kenapa entry dilakukan dan dimana letak kesalahannya.

Dengan mengetahui penyebab kesalahan maka akan lebih mudah untuk dilakukan perbaikan sehingga di masa mendatang trading yang dilakukan dapat menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Akan tetapi, saat ini sudah menjadi lebih mudah dikarenakan adanya myfxbook.com dimana secara otomatis akan menyimpan data trade history sehingga dapat dianalisa berbagai hal seperti nilai pip profit maupun loss, tingkat akurasi, dan berbagai hal lainnya.

Sebagai contoh adalah data trade history EA IndraFX yang saat ini sedang diuji:

 

 

Baru-baru ini myfxbook.com menambahkan fitur baru yang dinamakan “Browser” dimana analisa data history menjadi lebih mudah dikarenakan juga ditunjukkan letak dilakukan entry exit pada chart.

 

 

Dengan fitur baru ini maka untuk melakukan analisa menjadi jauh lebih mudah. Letak entry exit ditunjukkan dengan jelas pada chart sehingga dapat diketahui dimana letak kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

Biasakan untuk melokalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dan setelahnya melakukan perbaikan agar trading di masa mendatang menjadi lebih baik.

Karena kalau tidak, maka selamanya trading yang dilakukan tetap saja “buram” seperti gambar di paling atas halaman ini. :)

3 Comments

  1. Kurniawan S says:

    EA sudah saya terima. Terima Kasih pak.

    Salam, :)

  2. Kurniawan Supardi says:

    Malam pak.
    Boleh saya minta EA sama settingannya pak? :-D Karena setahu saya Indrafx tidak jalan di broker 5 digit.

    Salam, :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)