Teknikal Analisis Iseng2

Teknikal Analisis Iseng2

Posted by
This entry is part 1 of 2 in the series Teknikal Analisis Iseng

Selamat Pagi Pak Anton, semoga Pak Anton & Keluarga dalam keadaan sehat walafiat.

Tadi pagi abis subuh saya iseng gak ada kerjaan, saya buat jurnal analisa saya untuk trading minggu depan.

Sekedar sharing dengan para pembaca mungkin ada yg mau melengkapi atau memperbaiki, oleh karenanya saya buat simple hanya berupa gambar yg saya corat coret, ya buat intermezzo aja Pak Anton.

Karna saya gak ada ide lain mau nulis apa gitu, kalo berkenan silahkan diposting di websitenya Pak Anton, jikalau tidak berkenan, ya tidak apa2.

Terima Kasih Pak Anton atas kesediannya membaca email saya.

Tuhan memberkati Pak Anton dan Keluarga.

Amin

Irfansyah

 

 


 

Pak Irfansyah,

Terima kasih atas doanya maupun kiriman gambar Teknikal Analisis.

 

 

Saya tambahkan beberapa garis agar dapat lebih jelas. Selain itu juga ditambahkan timing entry yang tepat.

Entry Buy dilakukan karena Low dari candle selalu lebih tinggi daripada low sebelumnya (lower high). Sehingga bila ditarik garis yang menghubungkan beberapa lower high maka akan terlihat bahwa saat ini trend masih naik (up trend). Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh candle bergerak naik pada saat menyentuh support.

Terlihat bahwa garis support gagal untuk ditembus oleh candle dan tetap bertahan. Agar dapat ditembus oleh candle maka diperlukan kekuatan yang lebih besar dimana kekuatan ini baru akan diperoleh dengan cara candle harus naik dahulu untuk mengumpulkan kekuatan yang lebih besar. Nantinya setelah proses naik selesai, maka bila turun lagi kemungkinan besar akan dapat menembus support tersebut.

Sehingga yang dilakukan adalah melakukan entry Buy pada saat telah terkonfirmasi bahwa candle akan naik karena gagal menembus support dengan menempatkan SL di garis support tersebut. Jangan lupa, nilai SL jangan pas di garis support tetapi harus sedikit di bawahnya dikarenakan adanya nilai spread.

Bila ternyata nantinya candle bergerak tidak sesuai dengan prediksi maka SL tersebut yang akan membatasi loss. Dikarenakan bila candle berhasil menembus support maka dapat diartikan bahwa trend telah berubah arah, sehingga bila tidak digunakan SL akan berakibat konyol sendiri dikarenakan modal bisa-bisa habis terkena margin call.

Sedangkan entry Sell, masih belum waktunya dilakukan karena candle masih belum terkonfirmasi. Terlihat bahwa beberapa candle terakhir masih rata dimana Low-nya hampir sama tetapi High-nya mulai menurun. Kemungkinan besar candle berikutnya masih naik sampai akhirnya kembali turun lagi setelah gagal untuk menembus resistant diatasnya. Bila hal tersebut terjadi dan candle nantinya memiliki High dan Low yang lebih rendah daripada candle sebelumnya maka lakukanlah entry Sell dengan SL diletakkan sedikit di atas garis resistant.

Selain itu konfirmasikan juga dengan MACD yang digunakan. Terlihat bahwa garis terakhir MACD masih menunjuk ke atas sehingga dapat diartikan bahwa candle berikutnya akan masih naik tetapi tidak banyak. MACD pun menunjukkan bahwa kondisi saat ini sedang ranging atau flat dimana candle turun naik dalam rentang sempit.

Waspadai tiap kali terjadi ranging dikarenakan bila proses ini telah selesai dilakukan, setelahnya candle akan bergerak sangat kencang.

Alternatif lain bila sedang tidak ada waktu menunggu proses ranging selesai, gunakan pending order berupa Sell Stop sedikit dibawah Lower Low sebelumnya. Dengan cara ini apabila ternyata nantinya memang benar candle bergerak ke bawah maka entry Sell akan terjadi.

Demikian Pak Irfansyah, semoga dapat mencerahkan.

Series NavigationTeknikal Analisis Iseng2 – #2 >>

2 Comments

  1. irfansyah says:

    Well3x, SLBK (Sistem Lama Bersemi Kembali), 2 th yg lalu, gak nyangka kembali lagi ke pangguan bb&macd hanya ada penyesuaian kmbali. Amazing

  2. irfansyah says:

    Terima Kasih Pak Anton atas penjelasannya.
    Secara umum lumayan lah strategi saya, tgl mental aja neh, klo ps analisa lgsug ska grogi, ragu, gak sabar, jd g berfikir jernih. Yah memang hrz dlatih ya Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)