MT4 Startup Script

MT4 Startup Script

Posted by

Beberapa waktu lalu Pak Aras menulis komentar seperti dibawah ini:

Tapi dulu (kira-kira tahun 2008 ), VPS masih sering restart dengan sendirinya setiap weekend, makanya saya sudahi dulu karena agak ribet jika harus memasang MetaTrader kembali satu per satu (dulu belum tau Script).
Aras Lumendita – comment

Perlu diketahui bahwa seperti halnya Pak Aras, kadang kala kita pun harus menjalankan Metatrader lebih dari satu buah.

Biasanya hal ini dilakukan dalam rangka melakukan uji coba EA. Bisa berupa satu EA yang menggunakan berbagai setting berbeda di uji coba di beberapa Metatrader. Atau beberapa jenis EA yang berlainan di uji coba di beberapa Metatrader.

Tentunya kalau menjalankan Metatrader lebih dari satu buah dilakukan secara manual akan menjadi ribet karena harus meng-klik satu per satu, seperti kata Pak Aras diatas. :)

Apalagi kalau VPS yang digunakan sering kali mengalami restart, akibatnya Metatrader berhenti berjalan dan kita pun tidak menyadarinya karena mungkin saat itu sedang tidur.

Tidak mungkin kita dapat terus menerus di depan monitor memantau selama 24 jam penuh seperti layaknya robot, bagaimanapun juga kita tetap manusia yang perlu tidur, makan, atau hal-hal lainnya.

Kalau hal seperti ini terjadi dan Metratrader (MT4) akhirnya berhenti berjalan, maka uji coba akan menjadi kacau balau.

EA yang seharusnya melakukan entry, akhirnya tidak dapat melakukannya akibat MT4 tidak berjalan. Atau EA yang seharusnya close saat profit akhirnya malah close saat loss. :-D

Satu-satunya cara agar MT4 tidak pernah berhenti berjalan adalah digunakan script.

Dengan menggunakan script maka MT4 terjamin selalu dijalankan secara otomatis walaupun VPS atau PC yang digunakan mengalami restart berkali-kali.

Sehingga dengan cara ini maka kita tidak lagi khawatir kalau MT4 tiba-tiba berhenti di tengah jalan yang dapat mengakibatkan kinerja EA menjadi terganggu.

Startup script yang digunakan untuk menjalankan MT4 secara otomatis terdiri dari 2 buah komponen yaitu:

  • 1. Script Konfigurasi MT4
  • 2. Script Menjalankan MT4

 

1. Script Konfigurasi MT4
 

 

 

Script konfigurasi harus ditempatkan dalam folder MT4 seperti terlihat dalam gambar diatas.

Fungsi script ini adalah untuk menyimpan data-data berkaitan dengan konfigurasi MT4 yang digunakan yaitu seperti data account, data login, setting EA, setting FTP, setting proxy, setting chart yang ditampilkan, setting template yang digunakan, bahkan sampai setting strategy tester.

Dengan adanya script ini maka kita tidak lagi perlu mengingat-ingat konfigurasi yang berkaitan dengan MT4 tersebut karena semuanya telah tersimpan dalam script. Tiap kali MT4 dijalankan maka tampilan MT4 akan selalu sama karena secara otomatis menyesuaikan dengan data-data yang sudah tersimpan dalam script.

 

 

Agar lebih jelas perihal setting apa saja yang dapat dilakukan oleh script ini, silahkan buka Metatrader Help seperti diperlihatkan gambar diatas.

 

 

Kemudian klik Search, ketik startup, dan klik List Topics.

 

 

Klik Tools – Configurations at Startup, kemudian klik Display.

 

 

Silahkan dibaca sendiri dalam Help File tersebut berbagai setting yang dapat dilakukan oleh script configurations startup ini.

 

2. Script Menjalankan MT4

Setelah script konfigurasi pada butir 1 diatas telah siap sedia dalam folder MT4, maka tahap berikutnya adalah membuat script untuk menjalankan MT4 secara otomatis.

Script untuk menjalankan MT4 dapat digunakan batch file atau VB script.

Namun setelah dilakukan beberapa kali uji coba, sepertinya lebih cocok digunakan VB script karena selalu dapat berjalan dengan mulus.

Saat menggunakan batch file, entah kenapa seringkali terhenti di tengah jalan dan tidak dapat berjalan dengan mulus sebagaimana kalau digunakan VB script. Untuk menghindari agar tidak terjadi “kemacetan” yang tidak dikehendaki dikemudian hari maka lebih terjamin kalau digunakan VB script daripada batch file.

 

 

Gambar diatas memperlihatkan isi dari file VB script yang digunakan untuk menjalankan 2 buah MT4 yang isinya sebagai berikut:


Dim WshShell, oExec, mypath
Set WshShell = CreateObject(“WScript.Shell”)

mypath = “C:\!TEST\MT4-1\terminal.exe startup.txt”
Set oExec = WshShell.Exec(mypath)
WScript.Sleep 10000

mypath = “C:\!TEST\MT4-2\terminal.exe startup.txt”
Set oExec = WshShell.Exec(mypath)
WScript.Sleep 10000

MsgBox “MT4 loop is FINISH”

 

Terlihat dalam code diatas bahwa tiap kali satu buah MT4 dijalankan, maka diberi jeda selama 10 detik dan baru kemudian MT4 yang lainnya dijalankan.

 

 

Tempatkan VB script tersebut dalam folder TEST sebagaimana diperlihatkan dalam gambar diatas.

 

 

Klik kanan, kemudian klik Create Shortcut.

 

 

Seperti terlihat dalam gambar diatas, shortcut untuk TEST.vbs telah berhasil dibuat.

Pembuatan shortcut ini bertujuan bila PC atau VPS tiba-tiba mengalami restart maka file VBS script akan selalu dijalankan secara otomatis dan MT4 terjamin tidak akan pernah mati.

 

 

Klik kanan, kemudian klik Cut.

 

 

Klik Start, kemudian klik kanan pada Startup, dan klik Open All Users.

 

 

Klik kanan, kemudian klik Paste.
Terlihat dalam gambar diatas, shortcut Test.vbs telah berhasil dipindahkan ke folder Startup.

 

 

Untuk lebih memastikan, klik Start kemudian klik Startup.

Kalau dalam menu Statup sudah terdapat shortcut Test.vbs seperti dalam gambar diatas, tiap kali VPS atau PC mengalami restart maka secara otomatis file Test.vbs akan dijalankan.

 

Uji Coba

Setelah semua file telah siap sedia, kali ini saatnya melakukan uji coba untuk menguji apakah semuanya telah dapat berjalah dengan baik.

 

 

Gambar diatas memperlihatkan 2 buah MT4 yang menggunakan konfigurasi berbeda pada startup.txt.

MT4 yang pertama oleh startup.txt diminta untuk menampilkan chart EURUSD pada timeframe H1 dan kemudian menjalankan script s-mtfx_v30s-001.ex4

Sedangkan MT4 yang kedua diminta untuk menampilkan chart EURJPY pada timeframe H4 dan kemudian menjalankan script s-mtfx_v30s-001.ex4

 

 

 

Startup.txt tersebut disamping berfungsi melakukan login otomatis, melakukan konfigurasi tampilan chart, juga melakukan konfigurasi EA pada MT4 Options seperti diperlihatkan dalam gambar diatas.

 

 

Untuk menguji apakah startup.txt nantinya akan bekerja dengan baik, EA dilakukan disable pada 2 buah MT4 yang digunakan (lihat tanda panah pada gambar diatas) dan juga chart dikosongkan sehingga tidak ada chart satupun yang ditampilkan.

Nantinya kalau semuanya berjalan mulus, maka secara otomatis 2 buah MT4 tersebut akan meng-enable EA, kemudian menampilkan chart yang berbeda, dan terakhr menjalankan script s-mtfx_v30s-001.mq4 pada masing-masing chart.

 

 

Langkah selanjutnya, exit terlebih dahulu 2 buah MT4 tersebut dan kemudian jalankan file Test.vbs

 

 

Terlihat dalam gambar diatas, 2 buah MT4 berhasil dijalankan sesuai dengan yang dikehendaki oleh startup.txt yaitu MT4 pertama secara otomatis menampilkan chart EURUSD H1 dan MT4 kedua menampilkan chart EURJPY H4.

Script s-mtfx_v30s-001.ex4 juga berhasil dijalankan secara otomatis pada 2 buah MT4 sekaligus.

 

 

Setting EA juga telah berhasil di enable secara otomatis pada 2 buah MT4 sekaligus.

Dari penjelasan diatas terbukti bahwa dengan bantuan script maka kita tidak lagi capek, ribet, dan buang waktu bila harus menjalankan puluhan, ratusan, bahkan ribuan MT4 sekaligus.

Yang kita lakukan cukup sekali kerja yaitu pada awalnya saja, hanya perlu membuat script konfigurasi dan script untuk menjalankan, setelah itu selesai sudah dan selanjutnya puluhan, ratusan, bahkan ribuan MT4 akan berjalan dengan sendirinya secara otomatis.

Andaikan pindah PC ke lain atau ke VPS lain juga tidak ada masalah, tinggal copy satu folder yang berisi banyak account MT4 kemudian tinggal dijalankan di PC atau VPS yang baru tanpa harus ribet mencatat nomor account maupun password masing-masing MT4 dikarenakan data-data tersebut telah tersimpan dalam startup.txt

Bahkan di PC atau VPS baru, MT4 tersebut akan tampil seperti halnya saat di PC atau VPS lama dikarenakan semua data konfigurasi chart maupun konfigurasi EA serta konfigurasi lainnya telah tersimpan dalam startup.txt, tanpa kita harus capek-capek melakukan setting ulang.

Silahkan di coba di komputer masing-masing, bila mengalami kesulitan jangan segan untuk bertanya.

Semoga artikel ini selain dapat membantu, juga dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca setia situs ini. :)

 

4 Comments

  1. Trims untuk artikel teknisnya, Pak Anton. Artikel yang terdahulu soal Script saja sudah baik, sekarang ini malah lebih lengkap lagi hingga konfigurasi EA yang dilakukan oleh Script.

    Pertanyaan saya, mengapa harus diberi jeda selama beberapa detik (10 detik dalam contoh diatas)? Mengingat kapasitas performa VPS yang terbatas, apakah hal tersebut mencegah supaya CPU dan Memory loads tidak berlebihan yah, Pak?

    Kemudian pertanyaan selanjutnya, mengapa harus membutuhkan Startup.txt jika memang MetaTrader yang terbuka langsung akan menjalankan EA dan setting terakhir yang berjalan? Toh, seluruh chart yang sebelumnya sudah terbuka di MetaTrader akan kembali terbuka saat MetaTrader restart. Bahkan untuk Login dan Password tidak diperlukan pada saat MetaTrader restart. Mohon pencerahannya?

    • Benar Pak Aras, tujuan jeda tersebut agar CPU maupun memory tidak mengalami load yang berlebihan. Karena kalau sampai terjadi load yang berlebihan maka VPS atau PC biasanya akan menjadi berhenti beroperasi (hang). Malah kalau di VPS kadang kala akan terjadi restart dengan sendirinya dikarenakan software VPS biasanya secara otomatis melakukan pembatasan load (load balancing) agar user lain yang berada di mesin yang sama tidak merasa terganggu dengan over load yang terjadi saat itu.

      Bila Pak Aras tidak berpindah PC atau VPS dan hanya menjalankan EA, maka startup.txt tidak diperlukan.

      Tetapi coba pindahkan ke PC atau VPS lain, pasti akan jadi ribet karena harus melakukan login ulang satu per satu untuk setiap MT4. Disinilah gunanya startup.txt karena meskipun sesering apapun pindah ke PC atau VPS lain maka secara otomatis akan melakukan login sendiri dikarenakan data login maupun password telah tersimpan dalam startup.txt

      Selain itu, bila Pak Aras memerlukan script EX4 yang otomatis langsung berjalan saat MT4 restart maka satu-satunya cara adalah dengan menggunakan startup.txt

      Script EX4 berbeda dengan EA. Bila menggunakan EA, sepanjang EA tersebut sebelumnya telah ditempelkan pada chart, maka tiap kali MT4 mengalami restart EA tersebut tetap menempel pada chart.

      Sedangkan script EX4 tidak seperti itu, harus ditempelkan secara manual ke chart tiap kali MT4 restart. Disinilah gunanya startup.txt dikarenakan secara otomatis akan menempelkan script EX4 tersebut ke chart sehingga kita tidak perlu capek-capek lagi harus menempelkannya secara manual satu per satu. :)

      • Ah, maaf saya tidak jeli membaca penggunaan Script EX4 adalah untuk mereka yang melakukan perpindahan PC dan/atau VPS. Trims untuk penekanannya kembali, Pak Anton.

        Tapi saya punya pertanyaan yang mungkin agak aneh, apakah mungkin bisa terjadi Script tidak terbaca oleh Windows kala dilakukan restart? Artinya apakah ada kemungkinan Startup tersebut dilewati (by-passed) sehingga tidak terjadi opening MetaTrader seperti yang diharapkan?

      • Biasanya saat memasang script baru di Startup Windows, saya selalu menguji cobanya terlebih dahulu dengan melakukan 1-2 kali restart. Kalau berjalan baik maka sudah pasti Windows tidak akan pernah melewati script ini saat terjadi restart selanjutnya, bahkan sampai restart berkali-kali pun tetap akan dijalankan.

        Biasanya script terlewati oleh Windows kalau ada masalah dengan script itu sendiri dan kelupaan tidak diuji coba terlebih dahulu dengan melakukan restart. Misalnya, lokasi folder MT4 dipindahkan tetapi lupa melakukan update pada script, akhirnya saat Windows melakukan restart maka script tidak berjalan dengan semestinya.

        Dari pengalaman selama ini, belum pernah terjadi Windows melewati script sepanjang script tersebut tidak bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)