MT4 Build > 600 Portable

MT4 Build > 600 Portable

Posted by

MT4 pada versi sebelum build 600 memiliki kelebihan berupa portabilitas.

Kita dapat melakukan copy satu folder MT4 sehingga dengan mudah MT4 dapat dipindahkan ke komputer yang lain. Tanpa harus repot, cukup hanya melakukan copy satu folder maka MT4 sudah dapat dijalankan di komputer yang berbeda.

Namun sejak build 600, kesederhanaan serta kemudahan MT4 ini dilakukan perubahan yaitu MT4 tidak lagi dapat dipindah-pindahkan sesukanya.

Hal ini dikarenakan folder EXPERTS diubah menjadi folder MQL4 dimana folder ini ditempatkan di folder lain yaitu folder Application Data atau folder Program Data, sesuai versi Windows yang digunakan.

 


 

Build600-1

 


 

Dampaknya, MT4 tidak lagi menjadi portabel yang dapat dipindah-pindahkan sesuka hati.

Meskipun alasan MetaQuotes, pembuat MT4, hal ini dilakukan agar MT4 memenuhi standard yang ditentukan oleh Windows, akan tetapi akibat hal ini malah membuat kita semua merasa kesulitan karena MT4 tidak lagi portabel seperti pada versi sebelumnya.

Mungkin inilah yang diinginkan oleh MetaQuotes yaitu agar MT4 tidak lagi dapat seenaknya dipindah-pindahkan seperti pada versi-versi sebelumnya dengan alasan agar MT4 menjadi lebih aman.

Namun lucunya, apa yang dilakukan oleh MetaQuotes ini justru tidak didukung oleh Windows sendiri.

Justru Windows menyediakan fitur agar MT4 tersebut dapat tetap portable sehingga dapat dipindah-pindahkan sesuka hati. :-D

Caranya pun juga cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menjadikan MT4 portabel.

 

1. Copy folder MT4 dari C:\Program Files ke folder lain

 


 

Build600-2

 


 

2. Tempatkan ke folder PORTABEL (atau folder apa saja), kemudian ubah nama folder MT4 tersebut sehingga tidak lagi mengandung spasi

 


 

Build600-3

 


 

3. Pastikan bahwa isi folder MQL4 telah lengkap lengkap berisi seluruh EA, indicator, serta script yang Anda perlukan

 


 

Build600-4

 


 

4. Buat shorcut TERMINAL

 


 

Build600-5

 


 

5. Klik kanan shortcut TERMINAL, kemudian klik PROPERTIES

 


 

Build600-6

 


 

6. Tambahkan /PORTABLE setelah TERMINAL.EXE

 


 

Build600-7x

 


 

7. Klik “COMPATIBILITY”, kemudian klik “PRIVILEGE LEVEL”, dan pastikan “RUN THIS PROGRAM AS AN ADMINISTRATOR” telah dicontreng

 


 

Build600-8x

 


 

8. Selesai, klik pada “TERMINAL.EXE – SHORTCUT” untuk menjalankan MT4 Portable

 


 

Build600-9x

 


 

Dengan cara ini maka Anda dapat menempatkan MT4 pada flash disk, hard disk external, atau memindahkan ke komputer lain tanpa harus repot lagi. :)

Kalau Anda ingin tidak repot harus mengingat nomor account MT4 beserta password-nya maka dapat digunakan Script Konfigurasi sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel MT4 Startup Script.

Sehingga nantinya shortcut terminal menjadi seperti ini:

 


 

Build600-10

 


 

Dengan adanya penambahan Script Konfigurasi dalam file START.INI maka tiap kali dijalankan “TERMINAL.EXE – SHORTCUT” maka MT4 akan langsung melakukan login secara otomatis, menampilkan chart beserta template-nya, menjalankan EA serta script sebagaimana telah dikonfigurasi dalam file START.INI

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembaca setia situs ini. :)

 

One Comment

  1. Ini terkait dengan MetaEditor juga rupanya. Terdapat perubahan dalam berbagai fitur yang mengakibatkan Folder-folder menjadi sedikit ‘ribet’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)