Traders Zodiac

Traders Zodiac

Posted by

Haduh Pak, nyungsep again.

Niatnya melakukan diversifikasi dengan menggunakan beberapa pair untuk mengetahui peluang terbaik dari strategi saya, eh malah begini jadinya.

Dulu sih berniat hanya main 1-2 pair saja, seperti yg Pak Anton sarankan, namun beberapa hri setelah melakukan, timbul pikiran jahat saya mengatakan, jenuh juga nungguin sinyal 2 pair eu & gu, kenapa gak menganalisa pair yg lain (jpy pair) dgn menggunakan strategi yg sama, toh sapa tau memberikan peluang, dan akhirny saya gunakan, dan senang karena kontribusi mereka besar dalam memberikan keuntungan buat saya, dan pada saat hari rabu, laba 7% yg saya buat selama 2 minggu, habis sudah, karena liarnya pergerakan pair tsb (>50pip). Dan stoploss saya pun terkena semua, ditambah kejadian tsb dtanggapi dgn psikologi yg bruk, wah tambah parah dah hingga keuntungan yg didapatkan habis semua, atau kembali seperti semula.

Saya rada kecewa, karena strategi yg telah saya yakini, walaupun ujungnya2 benar, namun memberikan hasil negatif karena liarnya pergerakan pair dan ritmenya gak beraturan yg membuat stoploss saya terkena.

Pada saat saya cek watak saya dg zodiak scorpio di primbon yg saya rasakan yaitu, emosian, bernafsu, ambisius, keras kpala, tdk mdh ptus asa, nampaknya kbanyakan bukan watak yg cocok untuk seorang trader ya Pak, dan terus terang itu susah sekali dihilangkan. Untuk membuat saya sadar, maka harus saya sendiri yg menerima hukuman, alias tidak bisa belajar dari pengalaman orang, walaupun setelah itu saya mampu bangkit dengan cepat, dan jikalau masih terdapat kesalahan dalam trading saya, saya akan terus mengalami fase seperti ini.

Tapi memang ya Pak, ya walaupun saya belum genap 1 th dalam dunia trading, namun capeknya melebihi 4,5th dalam dunia perkuliahan. Walaupun kalau dari luar tidak nampak, namun dalam pikiran terngiang terus, baik dalam melakukan hal apapun, sampai ibadah pun kpikiran juga..

Namun saya memaklumi, mungkin memang fasenya seperti ini pada awal2nya. Mungkin jikalau sudah menjadi profesional, trading seperti hal sepele aja, seperti makan pada waktu lapar aja, kalau gak lapar, ya gk usah makan, tanpa harus memikirkan berlarut larut.

Cukup sekian Pak Anton, terima kasih banyak atas segala bantuan yg Pak Anton berikan selama ini, minggu depan saya akan terus trading dengan melakukan perbaikan atas kesalahan saat ini. Semoga kedepannya menjadi lebih baik.

Irfansyah – comment

 


 

Strategi yg paling bagus menurut saya adalah pengaturan Money Management(Risk Management)yang baik karena hanya itu kuncinya.

Zodiak yg cocok untuk profesi trader hanya 3 Gemini,Taurus dan Virgo. Selain itu tdk cocok,maaf hanya canda. Semua Zodiak bisa jadi Trader asal orang itu bisa menguasai dirinya.

Ngomong2 Pak Anton zodiaknya apa hehehe.

Sy salut sama Pak Anton Bp itu Smart ,wawasannya luas dan tradingnya udah mantap,sy ingin tahu karena Pak Anton paling jago dalam menganalisa apapun sy ingin tahu klw menurut Bp mobil apa yg harganya paling masuk akal sesuai dgn uang yg dikeluarkan, mohon maaf diluar topik forex. Dan jenis mobil apa yg sesuai dgn profesi seorang trader kalau sudah sukses. Mohon maaf jadi ngelantur dan banyak tanya.

Saya hanya ingin tahu karena Bp itu wawasanya luas banget dan jago analisa,sy jujur memuji.Karena saat ini banyak tipe mobil dan motor yg beredar di Indonesia.Terima Kasih.

Rizki – comment

 


 

Karena pada artikel ini yang dibahas adalah masalah primbon maka gambar yang cocok adalah gambar bakar kemenyan :))

Zodiak saya Virgo, tepat sesuai tebakan Pak Rizki diatas.

Perihal zodiak dapat dibaca disini: Zodiak Anda

Memang bila membaca karakter berdasarkan zodiac tersebut, ada benarnya. Bila dicocokan dengan diri kita sendiri memang terdapat kecocokan antara sifat-sifat yang disebutkan pada zodiak dengan sifat kita sendiri.

Berikut adalah cuplikan dari situs tersebut diatas:

Zodiak Gemini
Karakter dari zodiak ini adalah banyak bicara, mudah beradaptasi, fleksibel, mudah berubah, bertanggung jawab, mudah bersosialisasi, hanya memandang sesuatu dari luarnya saja
Simbol bintang Gemini adalah anak kembar : Simbol anak kembar dikenal sejak dahulu kala, menunjukkan adanya dua sisi dalam satu tubuh yang sama. Di mana juga melambangkan sebuah perubahan yang bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat, sebuah komunikasi, transaksi dan ide baru. Transisi tercipta di dalam simbol kembar ini, dengan demikian si empunya zodiak sangat mudah berubah dan beradaptasi terhadap hal atau sesuatu yang baru.

Zodiak Taurus
Karakter dari zodiak ini adalah gigih, keras kepala, posesif, dermawan, sensual, manja, patuh
Simbol bintang Taurus adalah Sapi bertanduk/ banteng : Simbol sapi bertanduk ini mewakili kekuatan, kekerasan hati, kejantanan dan kekuasaan. Pada umumnya mereka hidup sendiri, namun terkadang berkelompok. Mereka adalah sosok yang cinta damai, namun bisa seketika marah jika ada yang memancing emosinya.

Zodiak Virgo
Karakter dari zodiak ini adalah analitik, cerdas, kritis, suka menolong, teliti, pendiam
Simbol bintang Virgo adalah Wanita : Virgo dilambangkan oleh wanita perawan, di mana karakteristik dasarnya adalah sosok pemalu, lembut, bijaksana, dan alami. Mereka memiliki kecenderungan lebih suka hidup sendiri.

Kelebihan dari Gemini adalah kemampuannya yang mudah beradaptasi, mudah berubah, fleksibel, dan hanya memandang sesuatu dari luarnya saja.

Taurus memiliki kelebihan gigih, keras kepala, posesif, patuh, bisa seketika marah jika ada yang memancing emosinya, dan hidup sendiri.

Sedangkan Virgo memiliki kelebihan analitik, cerdas, kritis, teliti, dan hidup sendiri.

Bila dibahas satu per satu terlihat bahwa Gemini bukanlah seseorang yang emosional sehingga tidak terlibat terlalu dalam. Apapun mudah dilupakan dan memiliki kemampuan terus melangkah ke suatu hal yang baru tanpa beban harus mengingat-ingat pada yang lampau.

Karakter seperti ini memang diperlukan dalam trading. Dengan tidak emosional dalam melakukan trading, maka dirinya akan menganggap bahwa trading hanyalah sekedar pekerjaan biasa saja.

Kalau terjadi loss karena salah, ya sudah relakan dan kemudian segera lupakan agar kemudian dapat melakukan entry selanjutnya yang mungkin dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Sifat Gemini yang mudah berubah dan fleksibel sangatlah membantu dikarenakan dalam trading kita dituntut untuk selalu fleksibel. Kalau market berubah gerak, ya ikutin. Kebanyakan tidak dapat melakukan seperti ini dikarenakan cenderung “ngotot” mengira market masih bergerak sesuai prediksinya.

Ciri khas yang “ngotot” seperti ini adalah saat market berubah arah maka yang dilakukannya adalah membesarkan SL atau meniadakan SL. Seseorang yang seperti ini dapat dikatakan sebagai yang keras kepala, keinginannya market harus mengikuti sesuai prediksinya.

Dengan membesarkan SL atau meniadakan SL maka dia berharap bahwa market akan balik arah sesuai prediksi dia. Padahal faktanya market terus menerus bergerak melawannya, sehingga hasil akhir yang terjadi adalah margin call :(

Itulah kenapa Gemini cocok sebagai trader. Gemini tidak pernah ngotot, tetapi yang dilakukannya adalah sefleksibel mungkin mengikuti gerak market.

Taurus memiliki kelebihan pada sifat yang tidak mudah terpancing emosinya. Artinya emosi yang dimiliki Taurus cenderung datar, hanya hal-hal yang sangat keterlaluan saja diluar batas toleransi yang dapat memancing.

Terlihat bahwa sifat Gemini, Taurus, maupun Virgo memiliki kesamaan yaitu emosinya minimal. Inilah modal utama dalam trading, karena sebagian besar orang melakukan trading dengan emosi dan nafsu tetapi ketiga zodiac ini melakukan trading dengan logis dan tanpa emosi.

Sehingga apa yang dikatakan Pak Rizki ada benarnya :)

Meskipun demikian, Taurus memiliki kecenderungan keras kepala dan posesif, tetapi memiliki juga sifat yang patuh (dengan kata lain disiplin).

Taurus memiliki kecenderungan “ngotot” melawan market seperti halnya trader lain yang “ngotot” seperti dicontohkan diatas.

Hanya saja, Taurus paham betul bila yang dilakukannya melanggar aturan, bantuan adanya sifat patuh dalam dirinya akan melakukan koreksi dengan tetap disiplin untuk melakukan SL bila salah entry. Adanya sifat gigih juga membantunya karena apa pun akan dilakukannya agar dapat menjadi sukses.

Selain itu, Taurus juga memiliki kelebihan dimana memiliki kecenderungan mampu untuk hidup sendiri.

Mampu untuk hidup sendiri dapat diartikan bahwa dia memiliki kemampuan alami untuk memutuskan dan beraksi sendirian, tanpa perlu bantuan atau konsultasi terlebih dahulu dengan orang lain. Taurus lebih cenderung mengikuti kata hati dan logikanya sendiri daripada saran atau nasehat orang lain.

Seperti kita semua ketahui, trading adalah aktivitas yang sangat sunyi senyap dikarenakan harus kita lakukan sendirian tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Segala sesuatunya harus dilakukan sendirian. Memutuskan entry, reaksi kalau profit, atau reaksi saat loss, semuanya harus dilakukan sendirian.

Adanya sifat Taurus yang lebih suka hidup sendiri dan memutuskan segala sesuatunya sendiri, sangatlah membantu.

Bila dibanding antara Taurus dan Virgo terlihat bahwa keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama memiliki kecenderungan hidup sendiri.

Sifat ini adalah modal yang sangat berharga bila digunakan untuk melakukan trading.

Tetapi sifat ini akan berbalik menjadi kelemahan bila digunakan dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat.

Tentunya dalam berorganisasi dan bermasyarakat, Taurus dan Virgo akan dibenci banyak orang apabila segala sesuatunya diputuskan sendiri tanpa mau mendengarkan pendapat yang lain :))

Demikian pula dengan Gemini yang sifatnya sangat fleksibel, tentunya akan dibenci banyak orang juga karena menjadi seolah-olah seperti yang tidak memiliki tanggung jawab. Apa yang sudah terjadi sebelumnya dengan begitu mudahnya dilupakannya.

Coba kalau sifat fleksibel tersebut diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari, tentunya si boss marah besar, sudah jelas-jelas melakukan kesalahan eh waktu ditanya malah jawabnya sudah lupa :))

Atau diterapkan dalam pacaran, dengan entengnya si Gemini memacari wanita lain yang lebih cantik karena “lupa” kalau sebelumnya sudah punya pacar. Maklum saja, dengan sifatnya yang fleksibel tentunya kalau ketemu yang lebih cantik, kenapa tidak segera beralih saja pada yang cantik khan :))

Sedangkan Virgo, memiliki kelebihan pada sifatnya yang analitik, cerdas, kritis, dan teliti. Dengan kata lain, Virgo lebih cenderung menggunakan logika daripada emosi.

Sifat ini hampir mirip dengan Taurus, tetapi porsi Virgo lebih besar dikarenakan Virgo cenderung tidak pernah membiarkan emosi mempengaruhinya. Virgo sepenuhnya menggantungkan pada kemampuan analisa dan logika.

Seperti kita ketahui semua, trading memerlukan analisa dan logika agar dapat melakukan prediksi akurat.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, meskipun ada benarnya apa yang dikatakan oleh Pak Rizki bahwa pada umumnya yang cocok untuk menjadi trader adalah yang berzodiak Gemini, Taurus, dan Virgo dikarenakan memiliki sifat-sifat yang diperlukan untuk modal trading, tetapi sifat tersebut akan berbalik menjadi kelemahan apabila digunakan dalam bermasyarakat atau berorganisasi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, penggunaan sifat-sifat tersebut haruslah melihat pada situasi dan kondisi yang dihadapinya.

Kalau dalam trading maka digunakanlah sifat yang diperlukan. Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari maka digunakanlah sifat lain yang lebih mendukung.

Berikut adalah cuplikan primbon zodiaknya Pak Irfansyah:

Zodiak Scorpio
Karakter dari zodiak ini adalah penuh gairah, posesif, fokus, sangat menggebu-gebu, memiliki rasa ingin tahu yang besar
Simbol bintang Scorpio adalah Kalajengking : Scorpio adalah binatang yang mematikan dan memiliki senjata di ekor dan di kedua tangannya. Mereka adalah sosok yang penuh emosi dan pendendam. Mereka juga sosok yang berani dan penuh kekuasaan.

Waduh… “Mereka adalah sosok yang penuh emosi dan pendendam”, pantesan loss melulu :))

Dari cuplikan diatas, jelas sudah bahwa Scorpio adalah seseorang yang diliputi dengan emosi dan nafsu yang sangat besar.

Penuh gairah, posesif, sangat menggebu-gebu, memiliki rasa ingin tahu yang besar, pendendam, berani dan penuh kekuasaan adalah nafsu dan emosi melulu :(

Meskipun sifat-sifat diatas tidak mendukung untuk melakukan trading, tetapi dalam kehidupan sehari-hari sepertinya Scorpio ini adalah sosok yang digandrungi oleh para wanita. Jangan-jangan demikian pula dengan Pak Irfansyah :))

Seperti telah dijelaskan diatas, Gemini, Taurus, dan Virgo meskipun memiliki sifat yang dapat digunakan sebagai modal trading tetapi sifat tersebut tidaklah mendukung bila digunakan dalam bermasyarakat atau berorganisasi.

Tetapi bukan berarti kemudian Gemini, Taurus, dan Virgo disingkirkan oleh masyarakat.

Banyak juga yang berzodiak Gemini, Taurus, dan Virgo sukses seperti contohnya presiden kita Sukarno dan Suharto memiliki zodiak Gemini. Demikian pula dengan presiden kita saat ini yaitu Susilo Bambang Yudhoyono yang berzodiak Virgo (Pesona Sukarno dan Suharto).

Negeri kita tercinta ini lebih menyukai Gemini, sampai-sampai 2 presiden besar kita sama-sama berbintang Gemini.

Lucunya, justru di USA, presiden dengan zodiak Gemini tidaklah begitu disukai.

Selama 180 tahun tidak ada satupun presiden Gemini, sampai akhirnya terpilih John F. Kennedy sebagai satu-satunya presiden dengan zodiak Gemini (The most presidents Zodiac sign). Di US lebih disukai Scorpio dimana dari sekian banyak presiden yang terbanyak adalah berzodiak Scorpio (5 orang) dan Aquarius (5 orang).

Ternyata beda negeri, beda juga seleranya :))

Saran saya, janganlah terlalu pusingkan perihal zodiac.

Saya tetap meyakini bahwa segala sesuatunya dapat diraih apabila memiliki kemauan untuk berproses dan berlatih, seperti pernah dikatakan oleh Pak Rizki.

Sebagai contoh adalah bernapas, yang kita semua harus lakukan bila tidak ingin jatuh pingsan atau mati :)

Tetapi rekor telah mencatat terdapat seseorang yang mampu menahan nafasnya selama hampir 20 menit dan tetap sehat-sehat saja. Dia mampu menahan nafasnya dalam waktu yang sepertinya tidak mungkin bagi kita semua berkat proses pelatihan yang panjang. (Extreme Breath-Holding).

Nah, kalau nafas saja bisa diubah, kenapa tidak dengan zodiac.

Setiap hal dalam kehidupan ini bisa saja berubah, tergantung dari bagaimana cara kita berpikir dan merubahnya.

Pikiran kita sendiri yang nantinya dapat menghentikan langkah kita untuk menuju sesuatu yang lebih baik.

Oleh karenanya, jangan pusingkan zodiak, yang utama bukanlah zodiak tetapi adanya pola pikir yang tepat dan positif.

Kalau pikiran kita tidak dihambat oleh hal-hal negatif maka apapun dapat dilakukan dan tidak akan ada lagi kata “tidak mungkin”.

Selain itu jangan percayai hanya satu primbon, karena beda primbon tentunya berbeda juga ramalannya :))

Berikut adalah cuplikan dari primbon yang lebih “sakti” dan yang lebih cocok untuk dunia trader: Forex and Zodiac

 

Scorpio
Currency: euro, US dollar.

On the market Scorpios are inclined to be suspicious and explosive. Scorpios are really attracting money. There are many rich people among Scorpios. No matter the situation, Scorpios always look calm and confident, though they might be burning inside.
Even when everything is lost, Scorpio can quickly restore his/her funds. After years of trading Scorpio becomes a typical trading tycoon capable of conquering the market.

 

Nah, sekarang coba dibandingkan cuplikan ini dengan apa yang Pak Irfansyah katakan diatas:

“walaupun setelah itu saya mampu bangkit dengan cepat,” dengan kalimat ini “Even when everything is lost, Scorpio can quickly restore his/her funds.”

Lebih sakti bukan primbon ini, pas dengan yang dikatakan Pak Irfansyah :))

Meskipun rata-rata Scorpio memiliki penampilan “sangar” (gambarnya saja kalajengking :) ), tetapi jangan salah diartikan dari penampilannya karena meski “sangar” Scorpio didalamnya memiliki perasaan yang sangat halus “though they might be burning inside.”

Coba perhatikan kalimat ini: “After years of trading Scorpio becomes a typical trading tycoon capable of conquering the market.”

Nah sekarang, siapa bilang Pak Irfansyah tidak dapat menjadi trader :))

Kalimat diatas sudah mengatakan bahwa suatu hari nanti dapat menjadi trader, bahkan menjadi trading tycoon atau trader besar.

Yang diperlukan hanyalah waktu, kalau baru setahun saja ya masih jauh. Kalimat diatas sudah jelas-jelas menyatakan bahwa “After years of trading” artinya perlu waktu tahunan dan tidak cukup kalau hanya setahun saja kemudian bermimpi untuk menjadi trader besar.

Selain itu, jangan trading di JPY karena menurut primbon tidak cocok dengan karakter Scorpio. Baru kali ini saya menyarankan sesuatu berdasarkan kata primbon :))

Bila primbon tersebut diurutkan dari zodiak yang paling mudah sukses maka urutannya akan seperti ini:

Gemini
Currency: British pound, Canadian dollar, US dollar.
Geminis are under protection of Mercury. Traders born under this sign are in their element being surrounded by this vast flow of information. Geminis are usually excellent traders and brokers. Quick reaction and their ability of finding a way out of a complicated situation are the secret of their success on Forex market.

Virgo
Currency: Swiss franc, Japanese yen, US dollar.
Traders born under the sign of Virgo are more successful in their job than any other sign. There are many successful people among Virgos, who earned a fortune with the help of their intellect.
Their mental structure allows them to detect the slightest fluctuations on the market. Besides, Virgo traders are very patient. With the help of technical analysis Virgos make their most grandiose plans come true.

Capricorn
Currency: Swiss franc, British pound.
Thanks to the inherent sense of proportion, obstinacy and insistence, Capricorns have all chances for success on Forex. In order to make impressive accomplishments on Forex, Capricorns should dedicate much time to gaining practical experience through attending seminars and master classes, and also reading specialized literature.

Pisces
Currency: Australian dollar, New Zealand dollar, currencies of Eastern countries.
Innate intuition of Pisceans ensures their success on Forex. They hardly would examine charts, news and indices; they are more likely to estimate trading forecasts, appraise opinions of other market participants to make their conclusions. Pisceans have a great potential to become high-class analysts.

Zodiak-zodiak diatas memiliki bakat alami dari sananya sehingga lebih mudah dan lebih cepat untuk menjadi trader forex yang sukses.

Sedangkan zodiak berikut ini digolongkan sebagai zodiak “kelas menengah”:

Scorpio
Currency: euro, US dollar.
On the market Scorpios are inclined to be suspicious and explosive. Scorpios are really attracting money. There are many rich people among Scorpios. No matter the situation, Scorpios always look calm and confident, though they might be burning inside.
Even when everything is lost, Scorpio can quickly restore his/her funds. After years of trading Scorpio becomes a typical trading tycoon capable of conquering the market.

Cancer
Currency: Australian dollar, New Zealand dollar.
Despite the fact that Cancers are immersed into their feelings, they still can be very successful traders. With each unsuccessful deal they accumulate experience that helps them avoid such mistakes in the future. As a rule, Cancers open accounts in the most reliable and the least risky currencies.

Aries
Currency: US dollar
Aries traders are the driving force of the market. Aries are usually characterized by the burst of emotions. They are inclined to financial ventures, have little patience to keep positions and tend to close deals prematurely. Aries are good at high volatility and get bored during stagnation.

Taurus
Currency: Australian dollar, Swiss franc.
Taurus traders have fascinating persistence; they always stick to the proven trading tactics. However, their stubbornness is not always good for them, sometimes it can lead to considerable losses because of their desire to keep an unprofitable position. As a rule, Taureans never panic.

Libra
Currency: British pound, Chinese yuan.
Weak psychic setup and special character of Librans is quite incompatible with trading. However, if they decide to get a trading account, this is a big step. Since Forex trading requires quick decisions, Librans might stumble and hesitate to make choice. In order to become a successful trader Librans should overcome their lack of self-confidence and work out their own strategy.

Digolongkan sebagai kelas menengah dikarenakan untuk zodiak ini diperlukan tambahan masa berlatih agar dapat mengendalikan kelemahan-kelemahannya.

Bukan berarti tidak bisa untuk menjadi trader, tetap bisa asalkan bersedia bekerja keras melatih dirinya agar sifat lemahnya tetap terkontrol pada saat melakukan trading.

Terakhir adalah zodiac yang digolongkan sebagai “kelas bawah”:

Leo
Currency: Japanese yen, euro, US dollar.
As a rule, Leo always gets the biggest prize, both on the market and in real life.
For Leo Forex trading is kind of a theatre performance where he/she plays the main role. However, their disadvantage is that they cannot stay on top because of their greed and constant doubts. Thus, Leo traders are recommended to consider the opinion of Forex analysts.

Sagittarius
Currency: Canadian dollar, US dollar
Optimism, inclination for risk and excitement, the ability to invest properly are invariable qualities of Sagittarius. However, traders of this sign are not that good at analysis and forecasting. In order to avoid skipping relevant information Sagittarius should pay attention to the opinion of Forex analysts.

Aquarius
Currency: euro, Japanese yen.
Constant changes of market indicators, continuous information flow and market dynamics totally fit the temperament of Aquarius. They are good at dealing with information; however, their disadvantage is being careless, inconsistent and short-sighted. Collaboration of Aquarius and Virgo or Capricorn might bring remarkable results on Forex.

Dikatakan sebagai “kelas bawah” karena tidak dapat berdiri sendiri dan harus menggantungkan kepada orang lain (Forex analysts) atau berkolaborasi dengan zodiak lain.

Bagi yang merasa berada pada zodiac “kelas bawah”, janganlah berkecil hati.

Seperti telah dicontohkan diatas, cara bernafas saja dapat diubah apalagi hanya sekedar zodiak. Segala sesuatunya tergantung pada pola pikir dan kemauan diri sendiri.

Selain itu, Tuhan adalah Maha Adil.

Sifat diatas bisa saja dikatakan sebagai kelemahan dalam forex trading tetapi belum tentu di bidang yang lain, bisa saja sifat lemah tersebut justru menjadi kelebihan.

Seperti halnya sifat Leo yang ingin selalu menjadi pusat perhatian, tentunya lebih cocok menjadi artis atau pemimpin sebuah organisasi. Dan bila hal ini dilakukan, tentunya Leo akan lebih bahagia karena selain sifatnya dapat terpenuhi dengan menjadi pusat perhatian dan juga sekaligus dihargai oleh banyak orang.

Justru Leo akan tersiksa dan tidak merasa bahagia bila memaksakan diri menjadi forex trader. Karena dunia forex adalah dunia sunyi senyap dimana tidak ada yang memperhatikannya.

Pilihlah sesuatu yang membuat diri kita bahagia saat melakukannya.

Kalau merasa tidak cocok maka jangan memaksakan diri untuk melakukannya. Masih banyak bidang lain yang dapat membawa kesuksesan.

Kalau kita semua menjadi penjual indomie, siapa yang akan menjadi pembelinya :)

Oleh karenannya oleh Tuhan, diri kita ini diciptakan berbeda-beda.

Bukan agar nantinya saling bentrok dengan yang lain akibat perbedaan, tetapi agar timbul saling mengisi dan saling bekerja sama untuk menutupi perbedaan tersebut.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

35 Comments

  1. irfansyah says:

    Test avatar baru hehehe, cover film “Scorpio (1973)”

  2. irfansyah says:

    understanding SCORPIO traders!
    those born between
    october 23 – november 21

    bold = don’t hesitate to trade in troubled waters

    cool, control = have natural talent to survive
    tense trading situations

    unshakable focus = never trade casually

    secretive = generally don’t share their trade, atleast not the crucial parameters

    vigilant = don’t miss any important market move

    involved = can’t stay away from the market, thus resulting in overtrade and wrong trades despite knowing it!

    powerful sting = profit big, frequently

    see opposition as healthy = respect the trend, honour stop loss, admit their trading mistake

    • Nah, tinggal dibuktikan saja khan… :-D

      • irfansyah says:

        Hehehe, masih dalam proses Pak.
        Perlu mengetahui semua gerakan dan jurus yg dipakai oleh candlestick sakti dalam menghadapi awan gelap ichimoku dan tebing tinggi fibonacci sesuai peta gps yg diberikan oleh moving average.
        Kalo udah tau semua, baru dah kitab sucinya kita amalkan, hehehe

      • inuiswanu says:

        sy lahir bln nov jg,, jadi semangat nih baca artikel di atas dan komentar pak irfansyah , walau sy msh 90 % loss. mungkin bisa jadi analisis tersendiri selain teknikal dan fundamental, he..he…

      • irfansyah says:

        Semangat doung Pak Isnu, saya pun masih dalam proses panjang dalam memahami cara kerja racun kalajengking,,walaupun kalajengking bertubuh kecil dan bukan raja rimba, namun racunnya bisa mematikan semua mahluk hidup. Anggap aja racun sebagai kemampuan trading, mahluk hidup sebagai market. Dengan dianugerahi modal deep thinker (kreatif) dan passionate (semangat, ambisi, gairah) yg tinggi, kita pasti bisa dan bahkan mungkin lebih unggul dibanding yang lain ok.
        Keep the faith

  3. Fernando says:

    Pak Anton berhubung Bp tahu soal karakter manusia sy mau tanya maaf diluar trading kalau sy punya sedikit masalah yaitu bagaimana memotivasi anak biar mau belajar giat,anak ke 1 bintannya scorpio anak ke2 scorpio juga dan yg ke 3 aries, dan ingin supaya mereka nurut sama saya karena saya sangat sayang harapan semua bisa saya kendalikan dlm kebiasaan menggunakan uang karena sy punya prinsip klw mau sukses secara financial harus menunda kesenangan/hemat /beli yg penting-penting aja/mendesak tdk bisa ditangguhkan bayangkan saja yg satu hobi otomotif pengen beli motor ninja,yg satu lagi suka beli dan ngoleksi hp terbaru,suka jalan-jalan dan makan diluar,klw target sy sudah tercapai tdk masalah sy masih berjuang terus apalagi banyak kewajiban yg harus saya tutup mohon maaf bila ngerepotin terus,sy yakin perlu beberapa tahun lagi target sy kecapai,saya punya usaha lain tdk jalan sesuai dgn harapan,yg bisa sy andalkan hanya trading,profesi lain sy marketing asuransi tapi yaitu cari nasabah yg kakap tdk gampang,sy ingin bisa mempengaruhi dlm artian positip dan menguasainya karena saya sangat sayang dan terlalu cemas buat masa depannya,buat tambahan informasi sy bintang virgo istri sy scorpio,klw menurut Bp klw mau bikin usaha yg cocok apa ya Pak sy ,saat ini sy mengandalakan usaha rumah petak,kos-kosan dan trading,sy pingin punya usaha lain yg cocok dengan zodiak saya,maaf saya tanya karena Bp menguasai banget karakter manusia.*Fernando dari Papua

    • Meskipun bukanlah astrolog maupun psikolog, saya coba jawab pertanyaan Pak Fernando :-D

      Masalah utama dari problem diatas bukanlah terletak pada zodiaknya apa tetapi terletak pada pemahaman serta motivasi pada anak-anak. Kalau mereka hanya diminta berhemat tanpa tujuan yang jelas, ya tentu saja tidak mau menurut. :)

      Sebenarnya sukses secara finansial bukanlah diperoleh dari berhemat, tetapi diperoleh dari berusaha mencari penghasilan baru yang jauh lebih besar. Berhemat seperti apapun tidak ada gunanya kalau tidak dibarengi dengan upaya mencari penghasilan baru. Nanti kalau penghasilan baru sudah diperoleh, boros dan foya-foya pun tidak apa-apa sepanjang pengeluarannya masih lebih kecil daripada penghasilan yang diperolehnya. Buat apa capek-capek cari uang banyak kalau nantinya hanya dihemat-hemat melulu dan tidak bisa dinikmati :))

      Tanamkan pengertian ini kepada anak-anak, mereka harus berhemat saat ini karena mereka belum bisa menghasilkan uang sendiri. Oleh karenanya, fokus utama yang harus didahulukan saat ini adalah bagaimana caranya menghasilkan uang dan bukannya fokus utamanya malah berbelanja menghamburkan uang. Nanti kalau mereka sudah mampu menghasilkan uang sendiri, silahkan saja berfoya-foya sesukanya :)

      Pengaruhi pemikiran mereka, dan jangan hanya berikan perintah. Perintah tidak akan pernah bisa dimengerti oleh mereka, tetapi terlebih dahulu selami dengan cara berusaha memahami pola pikirnya serta kenapa mereka melakukan itu semua. Kemudian perlahan-lahan, pengaruhi dengan memberikan pikiran-pikiran positif yang membangun mental mereka agar mulai berfokus mencari uang sendiri dan bukan berfoya-foya terlebih dahulu.

      Usaha yang cocok bukanlah tergantung pada zodiaknya apa, tetapi tergantung pada kesukaan mereka apa.

      Usaha yang didasarkan pada kesukaan biasanya akan lebih sukses karena dilakukan dengan penuh rasa suka cita. Seseorang yang menyukai bidang tertentu biasanya akan sangat menguasai bidang tersebut. Misalnya yang suka otomotif, tentunya akan sangat hafal dan mengetahui betul segala seluk beluk otomotif sampai sedetil-detilnya. Nah, dengan modal tersebut tentunya kalau nantinya melakukan usaha, pasti akan lebih sukses karena tanpa disuruh pun sudah dengan suka cita belajar sendiri.

      Oleh karenanya, kalau yang satu hobi otomotif tentunya lebih cocok berusaha dibidang otomotif. Yang satunya lebih cocok berusaha dibidang HP dan alat komunikasi. Sedangkan yang satunya lagi lebih cocok berusaha di bidang kuliner.

      Demikian Pak Fernando dari Papua…

  4. Ada buku Bagus yg Insya Allah bila dipraktekan akan terjadi Percepatan dan Keajaiban yg Luar Biasa.Sy sudah merasakanya Alhamdulillah selalu Profit dan Profit,Judul bukunya 1. 7 Keajaiban Rezeki: Rezeki Bertamabah Nasib Berubah Dalam 99 Hari Dengan Otak Kanan , 2. Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari , 3. Hanya 2 Menit Anda Bisa Tahu Potensi Rezeki Anda ,semuanya karangan Ippho”Right”Santosa bila Anda serius ingin mengalami Percepatan Rezeki saya sarankan beli dan praktekan langsung.Rasakan manfaatnya bisnis apapun termasuk bisnis Trading Forex saya yakin akan ada Kemajuan.Mohon Maaf Pak Anton sy ikut mempromosikan buku ini karena banyak manfaat yg saya rasakan.Mudah-mudahan bisa membantu teman -teman di AyoTradefx.com.Terimakasih Pak Anton Semoga Makin Berkah dan Berlimpah!

  5. slamat malam pak anton
    saya jadi minder baca masalah zodiak ni sbb saya sendiri zodiaknya leo? pantas saja saya selalu loss . klo boleh saya tau bapak trading di mana klo boleh saya ingin pindah trading ni pak? sekalian bergabung dengan komunitas fx disini :)

    • Pak Agung, jangan pikirkan soal zodiak. Yang zodiaknya tepat pun masih saja loss melulu, kalau kurang yakin tanya saja langsung ke Pak Yulianto (Gemini) atau Pak Irfansyah (Scorpio) :))

      Bukan zodiak yang utama, tetapi kemauan untuk belajar. Nanti bila pengalaman maupun pengetahuan sudah mencukupi, Pak Agung akan profit dengan sendiri meskipun zodiaknya Leo

      • Yulianto says:

        Ha. ha :)) benar juga Pak Anton nieh. mau lihat ini dia

        [IMG]http://i41.tinypic.com/14x189g.jpg[/IMG]

        Naik-naik, kepuncak gunung, lalu turun kembali.

        Yah biasa lah Pak Agung. Oh ya Pak Irfansyah, saya juga baru belajar kok. jangankan profesional. mendekati aja belum. cuma saya hanya ingin menenangkan hati dan pikiran saya saja. supaya trading saya lebih sehat.

    • Ini buktinya Leo bisa jadi juara trading contest: Ducascopy Trading Contest Winner dan Agus Marianto

      • trimakasih atas suppotnya pak ? kalau masalah serius saya sangat serius pak ? dan saat ini saya sedang demo accoun lagi setelah loss sampai bikin saya streng?sesuai intruksi bapak untuk kembali lagi ke demo. namun saya mempunyai keinginan untuk trading bersama fx sebagai rasa trimakasih saya kepada pak anton? sebab selama ini saya belajar sendiri tidak ada teman dalam berbagi? dalam waktu 7 bulan? baru sekarang saya temukan komunitas yang memiliki interaksi baik. :)
        oya pak ? foto saya ko ngak bisa tampil ya? padahal saya sudah daftar di Gravatar

      • Pak Agung, trading tidaklah dapat dilakukan bersama-sama. Dunia trading adalah dunia sepi dimana yang diyakini hanya 3 hal yaitu Tuhan, market, dan diri kita sendiri. Tuhan sengaja ditempatkan diurutan pertama karena doa hanya dilakukan pada saat sebelum dan sesudah melakukan trading, bukan saat mengalami floating loss :)

        Kalau kita semua melakukan trading bareng, maka tidaklah mendidik. Sayalah nantinya yang paling jagoan diantara semuanya :))

        Tujuan saya bukanlah untuk menunjukkan bahwa saya lebih pintar atau lebih jago daripada yang lain, tetapi agar nantinya diantara para pembaca terdapat yang melebihi saya dalam hal trading. Oleh karenanya segala hal yang saya ketahui ditulis pada berbagai artikel di situs ini agar dapat dibaca dan terjadi transfer ilmu.

        Belajarlah untuk meyakini diri sendiri dan jangan tergantung dengan yang lain. Kalau Pak Agung selalu tergantung kepada saya, andaikan umur saya pendek, tentunya Pak Agung akan kelimpungan sendiri :))

        Situs ini memang untuk tempat berbagi, silahkan saja bertanya apa saja, bahkan curhat pun boleh. Dunia forex adalah dunia yang sunyi senyap karena kita berada di kamar sendirian di depan monitor. Tentunya dengan sering menuliskan komentar di situs ini sambil melakukan trading merupakan hiburan tersendiri.

        Pesan saya, belajarlah di demo dan perlakukan seperti seolah-olah live account milik Pak Agung satu-satunya. Belajar disiplin dengan TP 10 dan SL 20 dahulu. Nanti perlahan-lahan barulah naikkan TP. Terus lakukan sampai hafal betul polanya, 7 bulan trading bukanlah waktu lama, untuk menguasai trading diperlukan waktu paling cepat 3-5 tahun.

        Karena itu, sabar berlatih dahulu dan jangan buru-buru live kalau tidak ingin loss.

        Perihal gravatar, coba daftar lagi. Pak Irfansyah saja bisa, masa Pak Agung tidak bisa :)

  6. irfansyah says:

    Nasib pacar dari seorang trader pemula, udah profitnya gak kecipratan, ditinggal terus lagi,,hahaha, gak tega!!!

    • Bilang ke pacar Pak Irfansyah, memilih trader sebagai pacarnya adalah pilihan yang tepat.

      Seorang trader biasanya sangat setia, tidak akan mencari yang lain. Karena bagaimana bisa tengak-tengok mencari yang lain, sudah tidak ada waktu lagi akibat dari pagi sampai malam di kamar melulu melihat chart :-P

      • irfansyah says:

        Yah, gimana yah Pak, setia sih setia, tapi kasian aja, tapi saya sendiri moodnya ilang buat keluar bareng, karena lagi fokus sama si Meta, saya mah terserah aja, minta pegat ya monggo, kagak ya syukur, karena ya memang saya yg salah. Only time will tell dah

    • Yulianto says:

      Kalau boleh saya tahu Pak Irfansyah sudah berapa tahun ya trading fx, kalau saya newbie, baru 1 tahunan lah.

      Menurut saya pak Irfan, trading itu tren masa depan, kenapa?. waktu luangnya banyak sekali………… gak bisa siang ya malam, gak bisa malam ya siang.

      Chart gak akan keman-mana, jangan dipelototin terus. belajar juga butuh refreshing, ibarat mesin mobil perlu di ademin. ya kumpul dengan keluarga dan juga dengan pacar. gak selamanya didepan monitor melototin chart itu benar. bukannya pintar malah punyeng apalagi banyak indikatornya tambah punyeng.

      oh ya satu lagi, ini yang selalu aku tanamkan di benak saya.
      “Hari ini bisa profit, besok juga bisa, gak bisa sekarang besok juga bisa, gak usah maksain profit sekarang, potensi forex tidak terbatas. gak harus sekarang khan profitnya” sekarang tentang loss “hari ini loss, besok juga bisa loss, gak usah dipaksain untuk balik ke profit kalau sudah loss (cutloss aja)”

      Oh ya mbah Anton (julukan kalau tanya zodiak) mantap nih kayaknya kalau benar-benar seperti itu Gemini, bisa kaya dong saya nanti. :-D .

      Oh ya. kalau salah ngomong amrozy (i’m sorry)

      • Jangan berpikir untuk menjadi kaya raya dulu :)

        Lakukan saja yang terbaik setiap harinya. Karena urusan hasil bukanlah di tangan kita tetapi pada kehendak-Nya.

        Menurut primbon memang Gemini paling cocok untuk menjadi trader karena sifatnya yang fleksibel. Tetapi semua itu baru dapat diraih tergantung dari upaya kita sendiri dan kehendak-Nya.

      • Yulianto says:

        Kalau saya sih tidak percaya dengan zodiak Pak, cuma iseng aja.

        Oh ya. Ada pertanyaan yang sangat mengganggu ketika saya akan memulai usaha ini. APA PERBEDAAN ANTARA TAKDIR DENGAN NASIB YA PAK? apakah sama?

        Kadang-kadang saya berpikir. jangan-jangan saya sudah berusaha belajar forex, dan selalu berusaha namun untuk apa. kalau takdir kita memang sudah ditentukan.

      • Ehm, pertanyaan yang menarik. Takdir dan nasib menyangkut masalah keyakinan yang ada di dalam diri kita. Oleh karenanya takdir dan nasib pun dibahas dalam agama apapun karena sifatnya yang berkaitan dengan keyakinan. Karena masalah keyakinan, maka pandangan tiap orang pun berbeda-beda.

        Kalau dilihat dari definisinya, nasib ditentukan dari upaya kita sendiri sedangkan takdir ditentukan oleh Tuhan. Tuhan yang seringkali disebut sebagai yang Maha Pemurah dan Pengasih, tentunya berharap semua manusia memiliki takdir yang baik. Mana ada Tuhan yang jahat :))

        Upaya dan pilihan-pilihan yang kita lakukanlah nantinya dapat mempertemukan nasib dan takdir menjadi satu kesatuan.

        Misalnya Pak Yulianto berusaha terus menerus tanpa kenal lelah untuk menjadi trader. Setelah beberapa tahun nanti akhirnya menjadi sukses. Mungkin pada saat tersebut nasib dan takdir Pak Yulianto telah menjadi satu kesatuan.

        Contoh lain yang lebih ekstrim, seorang gadis ditakdirkan oleh Tuhan umurnya sampai 65 tahun. Tetapi pada saat berumur 20 tahun dia meninggal gantung diri akibat patah hati. Upaya dan pilihan gadis inilah yang menyebabkan takdir Tuhan akhirnya bertemu menjadi satu kesatuan dengan nasibnya.

        Masalahnya, kita tidak pernah tahu nasib atau takdir kita semua ini seperti apa nantinya.

        Oleh karenanya, saya sendiri lebih menyukai untuk berfokus melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan setiap harinya dan tidak pernah memikirkan imbalan maupun hasilnya.

        Terserah pada Tuhan, kalau diberi kegagalan ya silahkan saja, nanti akan saya coba lagi. Kalau diberi kesuksesan, ya sangat bersyukur dan akan berusaha lebih keras lagi agar menjadi lebih baik.

        Karena bagi saya pribadi, nasib dan takdir milik saya baru bertemu pada saat nafas terakhir saya nanti. Sepanjang itu belum bertemu, setiap harinya adalah melakukan perjuangan terbaik yang bisa saya lakukan.

      • irfansyah says:

        Ok terima kasih Pak Yulianto,
        kalo saya udah profesional, saya bakal berkata seperti itu,,terima kasih

  7. Betul Pak Anton Tepat Sekali Terima Kasih, Mantap!!

  8. irfansyah says:

    Ya moga aja kali ini cocok Pak.
    Ni juga lagi buka jurnal analisa scalping dulu, pusing tp kalo gak dilakuin, tmbh pusing

  9. Zodiak sy Virgo Pak sama dengan Pak Anton mohon masukannya.Tq

    • Waduh, sekarang saya alih profesi, bukan trader lagi tetapi menjadi peramal zodiak :))

      Virgo selain yang telah disebutkan pada artikel diatas, sifat lainnya adalah perfeksionis. Sehingga tanpa disadarinya, selalu menginginkan segala sesuatu yang sempurna (termasuk saya :) ).

      Inilah yang merusak dalam trading karena selalu menuntut untuk sempurna. Virgo akan terus menerus mencari entry exit yang sempurna, sehingga yang dilakukannya adalah mencari sistem atau indikator atau cara yang “sakti” yang benar-benar sempurna yang mampu memuaskan keinginan Virgo.

      Oleh karenanya jangan heran kalau pengalaman maupun pengetahuan saya luas, karena segala macam hal sudah pernah saya coba :))

      Sampai akhirnya Virgo akan menyadari dengan sendirinya bahwa kesempurnaan bila diterapkan dalam trading hasilnya malah merusak.

      Dalam trading, bukan kesempurnaan yang utama, bukan juga salah atau benar, tetapi yang utama adalah profit.

      Oleh karenanya, kalau hanya profit 1 pip akibat market balik arah tiba-tiba dan akhirnya breakeven, ya sudah terima saja. Toh masih banyak kesempatan lain.

      Tidak harus sempurna selalu profit 100 pip, belajarlah fleksibel dan mampu bereaksi cepat seperti halnya yang dimiliki oleh Gemini (oleh karenanya menjadi zodiak nomor 1 yang paling berbakat untuk menjadi trader).

      Kalau Virgo mampu seperti itu maka Gemini pun akan kalah karena Gemini tidak memiliki kemampuan logika, kesabaran, dan analisa sekuat Virgo.

      Demikian Pak Rizki :)

  10. irfansyah says:

    Zodiak Scorpio trading style nya mungkin Scalping ya Pak,,
    namanya sama sih.
    Berarti jika digabungkan scalping pada pair EURUSD, masuk akal.
    Minggu ini cuti dulu, latihan scalping buat minggu depan.

    • Pertanyaan ini sama saja dengan seperti ini:
      “Zodiak Scorpio style pacarnya mungkin yang Tomboy ya Pak?”

      Temukan sendiri yang cocok dan yang nyaman. Masa pilih pacar saja tanya saya :))

  11. Iya Pak Anton sy juga sama seperti Bp sy suka EU.AU,GU sy perhatikan seringnya seirama,Alhamdulillah barusan saja AU dapat 10 pip waktu ada berita buat AU.Waktu tadi ada News sy yakin AU akan naik tapi berhubung pakai lot agak serakah jadi rada takut 10 pip aja saya ambil.Terima Kasih Pak Anton.

  12. Setahu saya Bp trading di pair EUR/USD,USD/JPY dan GBP/USD maaf klw salah ,klw menurut primbon sesuai Zodiak baiknya di pair USD/CHF dan USD/Jpy.Apakah Pak Anton pernah mencobanya berhubung Bp sudah tahu baiknya di pair itu.Terima Kasih.Bagaiman apakah ada pengaruhnya?Klw sy yakin Bp dipair apapun pasti profit.

    • Terus terang saya tidaklah terlalu meyakini soal zodiak. Dahulu saat belajar trading pun hanya karena saya menyukainya dan bukan karena zodiaknya cocok atau tidak.

      Saya pun baru mengetahui kalau ternyata cocok setelah disebutkan oleh Pak Rizki dan setelah menulis artikel ini, sebelumnya tidak kepikir sama sekali ternyata zodiak pun bisa dihubungkan dengan trading :))

      Saya hanya fokus pada 2 pair saja yaitu EU dan AU, kadang kala saja GU. Hal ini dikarenakan saya lebih paham karakter pair tersebut dan tidak ada kaitannya dengan zodiak. Meskipun demikian, EU dan AU juga cocok dengan kata zodiak tersebut dimana Virgo disarankan untuk trading di USD :)

  13. esha indra says:

    wah zodiak saya pisces nih,berarti emang cocok hidup di air eh forex ya pak? Tapi saya lebih suka di pair major kaya GU ato EU,terus analisanya udah cocok kaya kata zodiak di atas yaitu pake teknikal dan fundamental.

  14. agus marianto says:

    Wah,,,ternyata kalau menurut Primbon,saya lebih cocok jadi Publik Figur… :))
    Tapi memang benar sekali apa yang dikatakan Pak Anton:
    “Setiap hal dalam kehidupan ini bisa saja berubah, tergantung dari bagaimana cara kita berpikir dan merubahnya. Pikiran kita sendiri yang nantinya dapat menghentikan langkah kita untuk menuju sesuatu yang lebih baik.
    Oleh karenanya, jangan pusingkan zodiak, yang utama bukanlah zodiak tetapi adanya pola pikir yang tepat dan positif. ”

    Saya sangat setuju dengan kalimat di atas.walaupun menurut Primbon:
    “zodiak Leo akan tersiksa dan tidak merasa bahagia bila memaksakan diri menjadi forex trader.Karena dunia forex adalah dunia sunyi senyap dimana tidak ada yang memperhatikannya”.

    Tapi buktinya saya dapat menghilangkan sifat seperti itu, memang dahulu, saat belum mengenal Forex, saya punya sifat yang dalam bahasa gaulnya Caper (Cari Perhatian) dan memang bercita-cita ingin menjadi orang yang terkenal.
    Dan sifat lainnya yaitu selalu aktif dan saat waktu luang selalu senang berpergian,berkumpul bersama teman-teman.
    Tapi sejak mengenal Forex dan bertekad ingin mendalami dunia Trading, justru sekarang sifat-sifat yang dahulu berubah total. sekarang lebih senang menghabiskan waktu luang dirumah, jarang lagi berkumpul bersama teman-teman.dulunya setiap waktu libur,selalu saja ingin pergi liburan kemana-mana, sekarang waktu libur ya paling duhabiskan didepan monitor :-D

    Kadang saya sendiri heran,Kenapa kok Tiba-tiba saya bisa berubah sederastis ini, >:D< tapi saya pikir ya sudahlah, mungkin ini resikonya jika ingin menjadi seorang Trader.dan harus saya akui, Forex bukan hanya bisa merubah orang secara Materi.tapi juga Secara psikologis.

    Dan buat Pak Irfansyah.Semoga tidak patah semangat menjalani hari-hari untuk mendalami forex, tetntunya jalan kita untuk mencapai impian kita bisa lebih mudah berkat adanya Pak Anton disini.dan kita semua beruntung bisa bertemu orang yang tepat disaat yang Tepat.

    Dan Tadi dapat di Fb teman,kata-kata singkat yang dapat menjadi motivasi untuk kita semua…
    "Aku Pasti Bisa,
    Kalau Tidak Bisa,
    Pasti Bukan Aku"

    Salam,

    Agus

    • irfansyah says:

      Terima kasih Pak Agus atas supportnya, saya pun sama dengan Anda, berubah drastis, tinggal kepribadian yg harus diubah agar tradingnya bisa bertambah baik, namun diperlukan waktu lama.

      Terima kasih Pak Anton & Pak Rizki atas supportnya, Pak Anton memang hebat merangkai kata, saya sampai tertawa bacanya, gak sabar nunggu hari senin buat trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)