Tidak Ada yang Lebih Tuli Daripada Orang yang Tidak Mau Mendengar

Tidak Ada yang Lebih Tuli Daripada Orang yang Tidak Mau Mendengar

Posted by

Kalimat diatas merupakan kalimat yang sangat tepat untuk digunakan sebagai judul artikel ini. :)

Asal muasal kalimat diatas adalah dari sumbangan cerita pendek yang dikirimkan oleh Pak Putu Wahyu beberapa waktu lalu (comment).

Kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi self contest yang sedang berlangsung saat ini, dimana pada mulanya para kontestan rata-rata tidak memperdulikan pentingnya SL dan lebih menyukai untuk mengikuti feeling serta emosinya.

Padahal dalam berbagai artikel telah berkali-kali ditegaskan betapa pentingnya fungsi SL, bahkan juga telah dicontohkan dalam sebuah artikel apa akibatnya kalau tidak menggunakan SL (Stop Out).

Tetapi ternyata tidak segampang itu, apa yang sudah diajarkan akhirnya menjadi sia-sia. :(

Memang mudah hanya sekedar membaca, memang mudah hanya sekedar berteori, memang mudah hanya sekedar memahami, tetapi tidak semuanya mampu untuk melakukannya dengan bersedia mengalahkan ego, emosi, dan kebiasaan diri sendiri.

Hal ini dapat dimaklumi karena sangatlah manusiawi.

Berteori memang jauh lebih mudah daripada melakukan.

Perhatikan saja dalam kehidupan sehari-hari, pejabat dengan lantangnya menyuarakan anti korupsi, eh… ternyata di kemudian hari malah tertangkap basah melakukannya. Atau pemuka agama yang dengan berapi-api menyuarakan ayat-ayat Tuhan tetapi ternyata perilakunya tidak sesuai dengan omongannya sendiri. :))

Kebanyakan lebih menyukai mengikuti emosi dan ego diri sendiri, meskipun akibatnya justru menghancurkan.

Konyolnya lagi, justru dengan hancur maka perasaan diri menjadi lebih puas. :(

Coba pikir dengan logika yang jernih, logis tidak timbul rasa puas dengan kehancuran? Dipikir seperti apapun tentu saja tetap tidak bisa logis karena yang dikedepankan adalah emosi dan ego diri sendiri.

Melakukan trading dapat diibaratkan seperti halnya mengikuti langkah seseorang yang bernama Market.

Apa kunci sukses agar kita selalu dapat mengikutinya?

Tentu saja kunci suksesnya adalah mengalahkan diri sendiri terlebih dahulu. Sepenuhnya pikiran dan tenaga yang kita miliki harus dicurahkan untuknya.

Dia belok ke kiri, kita ikuti. Dia belok ke kanan, kita ikuti juga. Dia diam di tempat, kita juga diam. Dia berlari, kita juga harus berlari.

Tidak peduli secapek apapun diri kita (karena harus mengawasinya terus menerus), sejengkel apapun diri kita (karena merasa dipermainkan), dan semarah apapun diri kita (karena terkena loss).

Itulah prinsip dasar dalam melakukan trading.

Dengan menggunakan prinsip diatas, coba sekarang pikir sendiri, benar atau tidak kalau kemudian yang diikuti justru ego dan emosinya sendiri? :(

Itulah kenapa yang utama dalam melakukan trading adalah kemampuan untuk mengalahkan diri sendiri terlebih dahulu.

Dengan mampu mengalahkan diri, tentunya kita dapat melihat dengan lebih jernih pergerakan market.

Sederhananya, agar sukses dalam melakukan trading maka kita harus merendahkan diri seperti halnya Abdi Dalem di keraton.

Kita harus merendahkan diri sendah-rendahnya, meskipun dipermainkan ke kanan ke kiri tetap saja sabar dan telaten diikuti, bahkan dipukul oleh loss pun tidak dendam dan tidak berusaha membalasnya.

Diperlukan kebesaran jiwa serta kesabaran dalam melakukan trading karena kita harus mampu menerima semuanya dengan lapang dada dan dengan penuh rasa ikhlas.

Kita harus bersikap seperti halnya Abdi Dalem, sepenuhnya menyerahkan diri untuk menjadi “babu” atau “pelayan” kepada yang dinamakan Market. :))

Oleh karenanya, trading tidaklah cocok bagi seseorang yang lebih menyukai mengedepankan emosi, harga diri, dan ego diri sendiri.

Dia akan ngotot dan nekad berusaha mengalahkan market dengan memaksakan kehendaknya sendiri, tanpa menyadari bahwa yang berlaku sebagai “boss” atau majikan bukanlah dirinya, tetapi market.

Karena boss-nya adalah market, maka market pun dengan mudahnya balik menghajar berupa memberikan loss atau bahkan MC kepadanya.

Itulah hukuman bagi dirinya dikarenakan tidak menghargai dan menghormati yang lebih berkuasa. :)

Karena itu, trading hanyalah cocok bagi mereka yang sudah memiliki kematangan emosional dan memiliki kepribadian yang baik.

Kalau bermental dan berkepribadian tidak baik di dunia nyata, misalnya kurang menghormati orang lain, tidak berterima kasih kepada yang telah membantunya, suka berkhianat, tidak menghargai perbedaan, suka memaksakan kehendak, tidak disiplin, dan lain sebagainya, maka saat melakukan trading dengan sendirinya akan dihukum oleh market berkali-kali.

Oleh karenanya, dalam berbagai artikel selalu ditekankan agar berusahalah untuk memiliki mental dan kepribadian yang baik. Biasakan untuk menghargai dan menghormati orang lain, berterima kasih kepada yang telah membantu, tidak pernah memaksakan kehendak dan yang dilakukan hanyalah sekedar memberikan saran, menghargai perbedaan, berusaha membantu yang lain, jujur, disiplin, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki kebiasaan hanya melakukan hal-hal yang baik di dunia nyata maka saat melakukan trading pun akan menjadi lebih mudah dikarenakan market tidak sering-sering memberikan hukuman.

Berbuat baik tidak pernah ada ruginya, justru disamping saat melakukan trading menjadi lebih mudah, oleh Tuhan pun kita diberi penghargaan berupa amal. :)

Mungkin sebagian besar dari Anda berpikiran bahwa penjelasan diatas hanyalah sekedar omong kosong belaka. Bukan berbuat baiknya yang penting, tetapi yang penting adalah adanya trading system dan indikator yang “sakti”.

Nanti pada saatnya Anda akan paham sendiri dengan apa yang dijelaskan diatas.

Sesakti apapun trading system atau indikator, yang menjalankannya untuk melakukan entry exit adalah Anda sendiri. Kalau Anda tidak memiliki mental dan kepribadian yang baik maka kesaktian trading system tersebut akan sia-sia belaka.

Seperti halnya pesawat tempur dengan teknologi tercanggih yang tidak bakal terkalahkan, tetapi yang menjadi pilotnya adalah pemabuk, pencandu narkoba, dan bermental labil. Secanggih apapun pesawatnya, sudah pasti akan jatuh ditembak musuh kalau tidak didukung oleh pilot yang baik.

Yang menentukan sesuatu itu menjadi sakti atau tidak adalah diri Anda sendiri. :)

Dari pengalaman Self Contest, terdapat 5 hal yang dapat digunakan sebagai prinsip dasar agar trading dapat menjadi sukses yaitu:

    • Menghargai Market
    • Menghargai Account
    • Mengalah untuk Menang
    • Learn to Kill Regret atau ikhlas
    • Bersyukur

 

Menghargai Market
Karena tugas kita semua sebagai trader adalah menjadi Abdi Dalem Market, maka yang pertama harus dilakukan adalah menghargai Market. Kita harus jeli melihat geraknya menuju kemana dan haruslah benar. Kalau salah mengira dan akhirnya kita bergerak berlawanan dengan Market maka mau tidak mau yang kita lakukan adalah menghukum diri sendiri dengan menggunakan SL atau Cut Loss. Jangan menunggu sampai Market memberikan hukuman yang lebih berat yaitu berupa MC.

Menghargai Account
Account atau modal dapat diibaratkan sebagai nyawa kita. Bila ingin sukses sebagai Abdi Dalem maka kita haruslah berusaha selama mungkin menjadi “babu” atau “pelayan” Market. Satu-satunya cara agar dapat bertahan selama mungkin adalah dengan tidak sering-sering melakukan kesalahan. Andaikan salah pun, dihukumnya yang ringan-ringan saja (SL atau Cut Loss dengan money management yang bijak), sehingga tenaga yang mengisi nyawa masih tersisa banyak.

Mengalah untuk Menang
Jangan jengkel atau bahkan marah kalau dihukum oleh majikan. Hukuman tersebut fungsinya untuk mendidik Anda agar nantinya dapat menjadi lebih baik. Dengan mampu berlapang dada menerima hukuman ringan berupa SL atau Cut Loss, maka dapat diibaratkan seperti berlapang dada untuk mengalah agar menang nantinya. Toh cuma kehilangan sedikit, tetapi masih memiliki cukup tenaga untuk mendapatkan yang lebih besar.

Berbeda bila tidak mampu berlapang dada, maka yang dilakukannya adalah nekad dan ngotot dengan tidak memasang SL. Akibatnya, hukuman yang diberikan lebih berat yaitu berupa MC. Nah, kalau sudah MC, bagaimana bisa bangkit agar dapat meneruskan tugas sebagai Abdi Dalem.

Learn to Kill Regret atau ikhlas
Biasakan untuk memaafkan kesalahan diri dan berusaha mengikhlaskannya. Kalau salah entry dan loss, ikhlaskan saja, toh masih banyak kesempatan lain. Kalau setelah exit, ternyata harga masih melaju kencang, jangan sesali karena profit cuma sedikit, toh yang penting sudah berhasil selamat dan tidak loss. Jangan pernah berpikir untuk memaksimalkan profit, dimana seharusnya exit tetapi malah ditahan dan biasanya akibatnya malah loss. Ikhlaskan saja berapapun jumlah loss atau profit yang diperoleh.

Bersyukur
Biasakan untuk bersyukur. Bila berhasil memperoleh profit, walaupun kecil, syukurilah. Mungkin saat ini Tuhan memberikan rejeki hanya sebanyak itu. Toh masih ada kesempatan lain esok hari yang mungkin saja profit diperoleh menjadi lebih besar. Andaikan mengalami loss, syukuri juga dikarenakan oleh Tuhan diberi tahu bahwa cara tersebut adalah cara yang salah. Dengan mengetahui hal yang salah, maka ilmu yang dipelajari pun menjadi bertambah sehingga nantinya dapat melakukan hal yang lebih benar.

 

Berikut dibawah ini adalah ikhtisar kejadian-kejadian yang terjadi selama berlangsungnya Self Contest:

1. Langkah Menuju Kemenangan

Kapankah upaya kita dapat dianggap telah gagal?

Agar mudah menjawabnya, bayangkan saja seorang pebalap motor. Kapan dia dianggap gagal menjadi pebalap professional?

Sewaktu dia kalah melulu? Atau sewaktu dia mencapai usia tertentu? Atau hal lainnya?

Menurut pendapat saya, dia dianggap gagal kalau sudah berjuang mati-matian dan dalam perjuangannya tersebut akhirnya dia tewas karena kecelakaan. Pada saat itulah baru dia dianggap gagal.

Merasa telah gagal adanya dalam pikiran kita masing-masing. Padahal Tuhan telah menunjukkan jalan bagi kita semua untuk meraih kesuksesan dengan oleh-Nya kita diberi kesukaan pada bidang tertentu.

Kenapa seseorang memilih menjadi pebalap? Kenapa memilih menjadi penyanyi? Atau memilih menjadi trader?

Itulah kerja dari tangan Tuhan, oleh-Nya kita telah ditunjukkan jalannya.

Tidak pernah ada jalan Tuhan yang mulus dan cepat sampai, selalu berliku-liku, penuh batu sandungan, dan perlu proses yang memakan waktu lama agar sampai.

Tuhan sengaja membuat jalan yang sulit untuk menguji diri kita, hanya yang terbaik saja yang mampu menempuhnya sampai ujung.

Bagi yang tidak kuat, dalam pikirannya sendiri yang memutuskan bahwa dirinya telah gagal.

Padahal sebenarnya belum gagal. Cuma tersandung dan jatuh, tetapi sudah merasa putus asa. Akibat adanya keputusasaan inilah kemudian dirinya sendiri yang memutuskan telah gagal.

Tuhan tidak pernah menghendaki diri kita gagal. Kalau tujuan Tuhan seperti itu, buat apa Tuhan repot-repot menunjukkan jalan hanya agar kita gagal. :)

Bukankah Tuhan itu Maha Baik dan Maha Pemurah? Tuhan hanya memerlukan upaya lebih keras dari diri kita untuk meraih apa yang telah dijanjikan-Nya.

Mari kita baca bersama-sama email yang saya terima di bawah ini:

 


 

Assalamu’alaykum…

Pa Guru malam ini adalah malam terakhir saya trading karena saya sudah rugi 55%, itulah bagian dari nasib (nasib artinya bagian perjalanan kehidupan kita) suka atau tidak itulah fakta, didalam kaidah ilmu tauhid, apapun yang terjadi didalam diri kita merupakan kehendaknya,

itulah kekurangan saya dan pribadi saya, untungnya itikod (niat didalam hati) bahwa apapun yang kita kerjakan (dalam hal ini usaha) tidak menjamin akan keberhasilan kecuali hanya Alloh lah yang mencukupi segala hal (itulah akidah saya, yang guru ngaji saya selalu ajarkan),

maka masalah rizki, jodoh dan kematian tidak ada yang tahu maksudnya manusia jangan semena2 dalam berbuat dan harus sadar diri bahwa hidup itu ada yang mengatur (tidak ada yang pasti), yang berhasil diuji dengan keberhasilannya dan yang belum, sama diuji juga dengan ketidak berhasilannya, orang selalu berhasil akhirnya gagal juga berarti pindah ujian (kaya jatuh miskin berarti pindah ujian dari kaya menjadi miskin begitu sebaliknya),

Trading adalah usaha sebuah mata uang negara tetapi ada yang menentukan sehinga terjadi jual dan beli (buy dan sell), indikator apapun tidak akan mampu memprediksi pergerakan maka jangan heran kalau banyak trader sukses menjual indikator sebagai balas dendam dengan ketidakberhasilannya, saya jadi ingat pesan pa guru (pa anton) kalau kita mampu jadi trader yang konsisten ngapain kita repot2 jual indi, seminar dll.

Semua hidup punya pilihan dan jalannya masing2.

Saya beribu2 mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan selama ini kepeda GURU TRADERKU TERCINTA BAPAK ANTON WIBOWO (semoga alloh selalu membalas semua kebaikan bapak dan insya alloh saya selaku umat muslim senantiasa mendo’akan Bapak dan Kelurga), saya sementara tidak trading dulu baik demo apalagi live, saya konsentrasi Puasa, Insya alloh kalau Alloh berkehendak saya dijalan Trading pasti saya akan memulai lagi.

Salam hormat dari muridmu yang dhoif ini

Allohumma solli a’ala sayyidina muhammad wa’ala ali sayyidina muhammad, allohumma innaka ta’lamu sirri wa’ala niyati fakbal ma’diroti, Ya Hayyu Ya Qoyyum la hawla wala quwata illa billahil ‘aliyyil adhiim (Ya alloh sehatkanlah Pa Anton beserta keluarganya, karuniakanlah kebaikan untuknya didunia dan diakhirat.. amiin allohumma amiin)

MOCHAMAD SAMUTI
081286xxxxxx

NB: Kalau Ke Banten jangan lupa mampir

 


 

Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Samuti yang telah dengan tulus ikhlas selalu mendoakan saya bersama keluarga.

Selain itu, juga saya ucapkan terima kasih atas kebaikan hati Pak Samuti yang telah mempersilahkan saya untuk mampir. Padahal sekalipun saya belum pernah bertemu muka langsung dengan Pak Samuti. Bagaimana tidak bingung nantinya, wajah Pak Samuti seperti apa juga tidak kebayang. :))

Perlu diketahui, situs ini tidak memberikan keuntungan finansial apapun bagi saya. Malah yang ada nombok dikarenakan harus membayar biaya sewa server tiap bulannya. Belum lagi waktu, pikiran, dan tenaga yang terkuras dikarenakan harus menjawab pertanyaan maupun untuk menulis berbagai artikel.

Meskipun demikian, semua itu terkalahkan dengan rasa syukur dikarenakan ada seseorang yang tidak pernah sekalipun bertemu muka, bersedia dengan tulus ikhlas selalu mendoakan dan menganggap saya sebagai teman dekat atau bahkan menjadi saudaranya. :)

Bagi saya, hal ini jauh lebih berharga daripada uang dikarenakan nilainya tak terukur.

Sekali lagi, terima kasih sebesar-besarnya untuk Pak Samuti, semoga amal dan kebaikan Pak Samuti diberikan balasan setimpal oleh Allah SWT.

Apa yang dikatakan Pak Samuti “bahwa apapun yang kita kerjakan (dalam hal ini usaha) tidak menjamin akan keberhasilan kecuali hanya Alloh lah yang mencukupi segala hal”, adalah benar adanya.

Tuhan memang yang mencukupi segala halnya agar keberhasilan dapat diraih.

Tetapi yang dilupakan oleh Pak Samuti, Tuhan barulah mencukupi apabila diri kita telah pantas di mata-Nya.

Kepantasan tersebut hanyalah dapat terjadi kalau diri kita melakukan upaya yang cukup.

Ilustrasi sederhana, mungkinkah seorang tukang becak memiliki penghasilan 20 juta sebulan?

Kebanyakan tentu akan menjawab tidak mungkin.

Padahal di mata Tuhan, segala hal mungkin saja terjadi asalkan kita telah pantas menerimanya.

Bagaimana caranya agar si tukang becak tersebut PANTAS menerima penghasilan sebesar itu?

Tuhan memberikan banyak cara, tergantung pada tukang becak tersebut memilih cara yang mana yang terbaik dan termudah bagi dirinya untuk melakukannya.

Cara pertama, mengusahakan hanya satu becak. Hasil dari becak pertama ditabung untuk kemudian dibelikan becak kedua yang nantinya disewakan ke temannya. Begitulah yang dilakukan terus menerus sampai akhirnya memiliki 1000 becak dan akhirnya penghasilannya mencapai 20 juta per bulan.

Cara kedua, menggunakan hasil dari becak untuk budidaya jamur. Jamur murah meriah dan tidak memerlukan investasi mahal. Selain menanamnya, si tukang becak juga belajar bagaimana mengolahnya untuk dijadikan makanan. Makanan dari jamur inilah yang kemudian dijualnya, dimulai dari skala kecil dahulu dan lama kelamaan karena ketekunannya akhirnya dia menguasai pangsa pasar ekspor. Tidak lagi 20 juta yang diperolehnya tetapi bisa mencapai milyaran Rupiah tiap bulannya (Kaiman: Dulu sopir, kini juragan jamur (1), Kaiman pantang menyerah meraih sukses (2), Kaiman jadi mentor usaha jamur sampai Timor (3)).

Cara ketiga, menggunakan uang hasil becak untuk kuliah. Dengan pendidikan lebih tinggi tentunya pekerjaan nantinya juga akan menggaji lebih tinggi. Bahkan bisa saja karena berkat prestasinya, akhirnya dia menjadi direktur sebuah perusahaan besar sehingga menerima gaji 100 juta sebulan.

Nah, banyak cara khan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Coba bayangkan kalau si tukang becak tersebut hanya pasrah terhadap nasibnya.

Tuhan sudah menunjukkan berbagai jalan, tetapi dianya cuek dan malas mencoba karena takut gagal. Akhirnya seperti judul artikel ini yaitu “Tidak Ada yang Lebih Tuli Daripada Orang yang Tidak Mau Mendengar”.

Jangan patah arang Pak Samuti.

Kegagalan itu adanya dalam pemikiran Pak Samuti sendiri.

Sepanjang mata masih bisa melihat chart di monitor, sepanjang tangan masih bisa meng-klik mouse, tidak ada kata menyerah, apalagi gagal. :)

Toh forex itu belajarnya serba murah, demo account dapat diperoleh gratis, teori dapat diperoleh di berbagai website. Andaikan bingung, tinggal tanya saya. Coba kurang apalagi? :))

Bandingkan dengan mahalnya biaya kuliah, yang nantinya kalau sudah lulus justru bingung cari kerja. Andaikan dapat pekerjaan pun, gajinya juga tidak sebanding dengan investasi biaya sekolah.

Yang diperlukan dalam belajar forex trading hanyalah kesungguhan dan ketekunan diri sendiri. Masa itu saja sulit?

Masa Pak Samuti kalah dengan saya?

Saya memulainya dengan serba otodidak, tidak ada guru, tidak ada tempat bertanya, ditipu sana-sini, loss banyak, semuanya harus saya lakukan dengan tertatih-tatih. Sekarang pun, saya tetap rajin menulis artikel demi artikel, padahal tujuannya hanya sekedar membantu sesama dan bukan untuk memperoleh uang banyak.

Padahal yang Pak Samuti lakukan hanya sekedar membacanya, memahaminya, kemudian mampu melakukannya. :)

Dengan adanya situs ini, Pak Samuti maupun para pembaca yang lain tidak perlu lagi melalui proses seperti yang terjadi di diri saya dahulu, yang harus tertatih-tatih dan kepentok sana-sini. Situs ini seperti halnya jalan tol untuk belajar trading karena semua informasi yang baik dan benar sudah disediakan seluruhnya dan tidak lagi perlu dirangkai sekeping demi sekeping seperti halnya saya dahulu saat awal belajar.

Kesalahan terbesar yang Pak Samuti lakukan saat Self Contest kemarin adalah melanggar apa yang sudah saya ajarkan yaitu jangan pernah menggunakan live account kalau masih belum terbukti konsisten profit selama 3-4 bulan di demo account.

Loss yang terjadi di live account tersebut yang akhirnya membuat Pak Samuti patah arang. :)

Terdapat salah persepsi yang sering kita dengar yaitu banyak sekali yang mengatakan bahwa kalau ingin serius trading maka jangan gunakan demo account, tetapi langsung saja ke live account.

Padahal, pemeo tersebut adalah akal-akalan broker dan IB agar yang awam segera membuka live account. Tentu saja hasilnya akan loss dan yang menjadi lebih kaya adalah broker beserta IB-nya.

Meskipun chart pada live account sama saja dengan demo, tetapi live trading memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dikarenakan uang sebenarnya yang dipertaruhkan.

Itulah kenapa saya selalu menyarankan untuk tidak terburu-buru melakukan live trading.

Kalau mampu konsisten profit selama 3-4 bulan di demo account, tentunya saat melakukan live trading sudah tidak begitu stress karena sudah terbiasa. Berbeda kalau masih bingung, maka yang terjadi akan lebih bingung lagi saat live trading dan biasanya hasil akhirnya adalah loss besar atau MC.

Serius tidaknya melakukan trading bukanlah tergantung pada account apa yang digunakan, tetapi letak keseriusan itu ada dalam diri sendiri.

Account apapun yang digunakan, kalau serius melakukannya dengan menggunakan 5 prinsip yang telah dijelaskan diatas, tentu hasilnya akan baik.

Oleh karenanya, mulai saat ini lupakan live trading, hanya buang uang sia-sia.

Gunakan saja demo account sampai benar-benar paham dan berhasil konsisten profit selama 3-4 bulan.

Hal ini demi kebaikan diri Pak Samuti sendiri, kalau tetap nekad menggunakan live account, nantinya bukan stress lagi yang dialami tetapi bisa-bisa bangkrut. :))

Sebagai guru yang baik, saya tidak ingin melihat seorangpun memutuskan untuk men-drop out dirinya sendiri karena merasa telah gagal.

Kalau hal ini terjadi, berapa banyak waktu, tenaga, dan pikiran yang terbuang sia-sia. Seperti halnya Pak Samuti, sejak awal di andromeda-trading pun sudah rajin membaca artikel-artikel. Bayangkan, apa tidak sia-sia belaka upaya yang bertahun-tahun dilakukan kalau memutuskan untuk drop out sekarang ini.

Upaya yang saya lakukan pun juga menjadi sia-sia karena tidak dapat membimbing sampai ke tujuan.

Agar dapat lebih memahami betapa sulitnya tugas seorang guru dan dapat menghargainya, silahkan tonton 3 buah video dibawah ini.

Video dibawah ini menggambarkan kondisi yang mirip dengan situs ini, yaitu berfungsi untuk menampung dan mencerahkan tanpa pamrih guna meraih masa depan yang lebih baik (Mae Toi, Sebuah Kisah Hidup Yang Mengharukan!).

 


 

 


 

Tentunya kita semua memiliki keinginan dan mimpi yang sangat tinggi, silahkan tonton video “You Never Forget a Good Teacher” dibawah ini:

 


 

 


 

Andaikan saja saya seperti ibu guru dalam video diatas, tentunya akan sangat bangga sekali kalau melihat muridnya berhasil sukses. :)

Perlu dipahami oleh Pak Samuti maupun para pembaca, kemungkinan sukses Anda sekalian jauh lebih besar dibandingkan saya dahulu. Bahkan suatu hari nanti mungkin saja Anda mengalahkan kemampuan saya.

Kenapa demikian?

Hal ini dikarenakan Anda melalui proses belajar yang jauh lebih cepat dan singkat daripada yang saya alami. Semua informasi telah diberikan pada situs ini tanpa Anda harus repot mencari kesana kemari seperti halnya saya dahulu.

Saya ikhlas saja seandainya suatu saat nanti Anda mampu mengalahkan saya, memang sudah tugas saya untuk mengubah Anda menjadi lebih baik.

Karena saya meyakini “Everything Happens For a Reason” seperti dikisahkan dalam video dibawah ini:

 


 

 


 

They serve some sort of purpose that will affect your life in some profound way, they are the ones who create who you are.

 

Silahkan bila Pak Samuti ingin beristirahat sejenak, tetapi jangan pernah memutuskan untuk berhenti.

Kita semua tidak pernah mengetahui letak keberhasilan, bisa saja masih 1000 langkah lagi, bisa saja tinggal 100 langkah lagi, bahkan bisa saja tinggal 2-3 langkah lagi.

Hanya Tuhan yang mengetahuinya.

Oleh karenanya, jangan pernah berhenti melangkah. Istirahat boleh-boleh saja, tetapi segera lanjutkan bila dirasa sudah segar kembali.

Sayang sekali kalau kemudian memutuskan berhenti melangkah, karena langkah yang Pak Samuti lakukan adalah langkah menuju kemenangan.

Forex trading menjanjikan penghasilan tanpa batas, bila hal ini mampu Pak Samuti raih, disamping Pak Samuti memperoleh financial freedom, tentunya akan timbul kebanggaan dalam diri Pak Samuti karena telah berhasil mengalahkan sesuatu yang sangat sulit dimana tidak sembarang orang mampu untuk meraihnya.

Belum lagi, ilmu yang Pak Samuti peroleh nantinya dapat diwariskan kepada anak cucu agar memiliki masa depan yang lebih baik.

Agar semangat Pak Samuti menyala kembali, silahkan tonton video di bawah ini, masa kalah dengan Nick Vujicic yang sejak lahir sudah tidak memiliki tangan maupun kaki:

 


 

 


 

Meskipun tidak memiliki tangan dan kaki, tetapi Nick Vujicic mampu melakukan segala hal layaknya yang normal. Bermain bola, memancing, mengemudikan speed boat, berenang, main golf, dan berbagai hal lainnya. Silahkan cari saja video Nick Vujicic yang lain di youtube.com yang menunjukkan berbagai hal yang mampu dilakukannya.

Pak Samuti tentunya lebih beruntung daripada Nick Vujicic, masa karena menghadapi kesulitan forex trading saja sudah putus asa. :)

Atau video dibawah ini, seorang gadis bisu tuli mampu memainkan biola dengan sangat baik. Mengagumkan bukan, mendengar saja tidak bisa tetapi mampu bermain musik dengan sangat baik

 


 

 


 

Tentunya Pak Samuti maupun para pembaca yang lain memiliki keinginan untuk membahagiakan orang-orang yang disayangi. Hargailah waktu dan lakukanlah dengan setekun mungkin agar segera sukses, karena waktu berlalu dengan cepatnya tanpa kita sadari.

 


 

 


 

Belajarlah dan berusahalah dengan TEKUN dan jangan menyerah kepada nasib. Tetapi biarkanlah nasib yang menyerah karena ketekunan Anda, seperti dalam video dibawah ini:

 


 

 


 

Tuhan telah berkenan repot-repot menunjukkan jalannya, tugas dan tanggung jawab Pak Samuti adalah menyelesaikan apa yang sudah dimulai dan jangan pernah berpikir untuk berhenti ditengah jalan.

Meskipun harus tertatih-tatih atau bahkan sampai merangkak pun, tetap lanjutkan sampai garis finish, karena itulah tugas yang diberikan oleh Tuhan.

 


 

 


 

Yakinlah bahwa kehendak Tuhan bukan agar kita semua mengalami kegagalan. Seberat apapun beban, sesulit apapun jalannya, tetap yakin bahwa Tuhan sudah merencanakan agar keberhasilan yang terjadi.

Bila belum juga yakin, silahkan tonton video dibawah ini agar lebih paham perihal kehendak Tuhan:

 


 

 


 

Semoga dengan penjelasan dan video-video diatas dapat membuat semangat Pak Samuti maupun para pembaca yang lain pulih dan berkobar kembali. :)

 

2. Disiplin

Meskipun awal Self Contest dimulai dengan serba tidak disiplin sehingga mengakibatkan beberapa kontestan mengalami MC, tetapi semenjak menggunakan account yang kedua, kondisi disiplin sudah mulai membaik.

Yang patut mendapat acungan jempol adalah Pak Bima. =D>

Pada account kedua, drawdown Pak Bima hanya 1,6% yang dapat diartikan bahwa entry exit-nya sangat presisi dan tidak pernah menahan floating loss.

Ranking kedua diduduki oleh Pak Kurniawan, meskipun drawdown-nya tinggi tetapi Pak Kurniawan mampu dengan hebatnya menahan emosi balas dendam sehingga akhrinya berhasil melakukan recovery loss.

Ranking ketiga diduduki oleh Pak Nurseto dimana sudah mulai disiplin dengan SL sehingga mampu melesat terus. Sayangnya entry yang terbuka saat ini menunjukkan bahwa Pak Nurseto mulai tergoda dengan bisikan setan sehingga terjadi floating loss 60 pip.

Pak Diduk, Pak Muksin, Pak Hindra, dan Pak Mahfud, juga sudah mulai bagus. Jangan pusingkan besar kecilnya profit, selalu utamakan keselamatan account.

Pak Wijaya, yang perlu diperbaiki hanyalah konsistensi SL, selebihnya sudah baik.

Pak Mahfud, Pak Agus, dan Pak Irfansyah memiliki kecenderungan yang sama, menggunakan lot besar saat kondisi market kurang baik dan ditambah tidak konsisten dengan SL.

Pak Purwodani dan Pak David juga memiliki kecenderungan yang sama, enggan menggunakan SL dan lebih menyukai menahan floating loss. Seperti seringkali ditulis, cara trading seperti ini bukanlah memberikan profit, tetapi justru memberikan MC kalau arah trend tidak segera berbalik. Mohon belajar “mengalah” dengan menggunakan SL agar nantinya dapat menang dengan diberi profit oleh market.

SL dapat diibaratkan sebagai kemunduran 1 langkah agar nantinya dapat maju 10 atau bahkan 100 langkah.

Yang dilakukan Pak David dan Pak Purwodani dapat diibaratkan membiarkan dirinya terus menerus dihajar oleh market dengan diberi floating loss berhari-hari. Sangatlah tidak efisien dikarenakan waktu selama menahan floating loss tersebut tentunya dapat digunakan untuk memperoleh profit dengan melakukan entry yang lebih baik seandainya sejak awal sudah di Cut Loss.

Sedangkan Pak Samuti dan Pak Inu juga memiliki kecenderungan yang sama. Menyukai real account agar lebih “serius”, entry exit masih amburadul tetapi menyukai menggunakan lot besar, diperparah lagi dengan tidak disiplin SL.

Yang perlu diingat, keseriusan terletak dalam diri sendiri dan bukan pada jenis accountnya. Oleh karenanya, gunakan saja account demo agar lebih hemat dan berusahalah serius dengannya.

Dalam trading diperlukan kesabaran yang tinggi.

Berusahalah berada di depan chart tanpa melakukan apapun sampai market bergerak trending dan baru melakukan entry.

Kebiasaan Pak Samuti dan Pak Inu sama, yaitu melakukan entry saat market sedang ranging atau sideways. Atau melakukan entry dengan mengejar candle yang sudah bergerak, akhirnya loss.

Prinsip dasar trading apapun, “Belilah di harga yang termurah dan jual di harga setinggi mungkin”.

Kalau melakukan Buy maka tunggu sampai candle turun ke bawah terlebih dahulu. Saat candle mulai berbalik ke atas, barulah lakukan Buy. Jangan pernah mengejar candle yang sudah membumbung tinggi, apalagi candle-candle sebelumnya juga sudah naik tinggi. Kalau nekad entry pada saat itu, maka hasilnya akan loss karena candle akan bergerak ke bawah untuk melakukan retrace.

Kalau melakukan Sell maka tunggu sampai candle bergerak naik terlebih dahulu. Pada saat candle mulai balik turun ke bawah, barulah lakukan Sell. Jangan pernah mengejar candle yang sudah jauh turun ke bawah.

Yang Pak Samuti dan Pak Inu perlukan hanyalah menghapalkan satu pola entry exit saja.

Kalau sudah ditemukan satu pola yang tepat, maka tunggu dengan sabar di depan chart sampai pola tersebut muncul. Jangan pernah “memaksa” market dengan melakukan entry sembarangan padahal pola yang ditunggu belum muncul.

Dalam melakukan trading, kebanyakan beranggapan bahwa yang utama adalah adanya indikator atau trading system sakti.

Padahal sesakti apapun trading system tersebut kalau tidak didukung dengan disiplin maka akan hancur.

Oleh karenanya, pilih saja trading system apapun karena yang utama bukanlah trading systemnya.

Kalau sudah memiliki trading system yang cocok bagi diri sendiri, berusahalah untuk setia dengannya.

Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, makin banyak istri atau pacar, maka jadinya makin bingung dan akibat nantinya bukannya makin menjadi lebih enak tetapi malah menghancurkan diri sendiri. :))

Setialah dengan hanya satu saja, pahami benar karakternya, dan hapalkan aturan-aturan yang ada dalam trading system tersebut.

Tentukan pola entry seperti apa, pola exit seperti apa, SL-nya, dan money management-nya.

Kalau sudah, berusahalah untuk disiplin dengan mematuhi peraturan yang sudah ditentukan.

Kesaktian trading system terletak pada kedisplinan tersebut, bukan terletak pada kemampuannya untuk mendeteksi arah trend.

Pengalaman bertahun-tahun berkecimpung di dunia trading telah menunjukkan bahwa saat market bergerak sideways atau ranging, maka indikator apapun akan kacau, cross ke atas bawah dalam waktu singkat. Sedangkan pada saat trending, indikator pun kadang kala ngaco dengan menampakkan divergence, yaitu arah yang ditunjukkan oleh indikator berlawanan dengan arah yang ditunjukkan oleh candlestick.

Oleh karenanya diperlukan kedisplinan SL dikarenakan salah entry adalah hal yang pasti terjadi dalam trading.

Akhir kata, semoga dengan artikel ini, para pembaca maupun para kontestan Self Contest dapat menghargai jerih payah yang sudah saya lakukan, semangatnya dapat kembali berkobar, dan dapat melakukan dengan baik apa yang sudah diajarkan.

 

84 Comments

  1. irfansyah says:

    The Ten Commandment

  2. reinaldy says:

    Selamat pagi Pak Anton :)
    saya mau tanya ni Pak, kira2 buku apa saja yang menurut Pak Anton bagus dan penting untuk saya baca?
    saya agak kurang tahan lama kalau belajar di depan latop terus??
    kalo maen game di laptop atau nonton film baru bisa tahan lama :-D

    • reinaldy says:

      knapa ya belum muncul foto saya?
      kyak nya malu dia jelek soal nya :oops:

    • Tidak usah baca banyak buku, langsung saja praktek gunakan demo account MT4 dan berusahalah agar demo account tersebut tetap selamat tidak MC dalam jangka waktu selama mungkin. Dalam forex trading, yang utama adalah prakteknya dan bukan teori.

      Kalau saat menggunakan demo account tersebut masih juga tidak tahan berlama-lama di depan laptop, maka segera lupakan forex karena berarti Pak Reinaldy tidak cocok untuk menjadi trader. :-D

    • reinaldy says:

      Saya sudah 1 bulan coba maen di demo Pak dan gak pernah konsisten menang, suka salah entry nya Pak, paling hebat cuma Profit sampe 20%..
      makanya saya berpikir kalo saya mesti belajar lebih banyak lg terutama tentang analisa teknikal,,

      Baiklah Pak Guru, saya akan lebih giat lagi praktek di demo..
      dan terimaksaih banyak untuk pelajaran hari ini “Bertahan Selama MUngkin” ^:)^

  3. putu wahyu says:

    Pak Anton dan Rekan-rekan, bagaimana jika nanti sukses trading live di forex kita akan undang ke Bali utk outing ?

    Sambil liburan jalan-jalan dan bertatap muka kita diskusi dengan para trader di forum ini.

    Saya jamin pasti akan lebih seruuuuu….syaratnya bagi yg sering kena MC dan loss melulu tentunya tdk boleh berangkat :)) karena biaya ditanggung sendiri-sendiri… :-D

    • Setuju Pak Putu, cuma sepertinya masih lama, hasil Self Contest yang sekarang saja masih pada nyungsep :))

      • irfansyah says:

        Hahaha, iya neh Pak,, lagi asik2 nyenyak tidur, dibangunin SL, woy bangun2, kena tuh, asemb.
        Ini menandakan sgalanya bisa terjadi, naek 200 pip langsung gra2 ecb, turun 100 pip ps skarang ini, semua bisa terjadi seketika,,ampun

    • Kalau saya sih santai saja pak, yah maklum klo ada yang berminat silahkan, paling nanti saya belikan nasi jinggo saja, kan cma 3000 yah :-| lupa udah jarang beli xixixiixix… Klo ke pak putu req spesial minta sromotan aja pak ehehehe…

      Ini komentar lanjutan dari komen sebelumnya, mungkin memang jiwa saya sudah mulai terikat ke sini yah pak, cuma mungkin yang diatas belum memberikan jalan untuk terjun ke live, yah karena tuntutan kebutuhan sehari2 belum memberikan jalan juga untuk mengarah ke live account.

      Sakit karena capek begadang, dada sakit, mual kembung sembari muntah (asam lambung), kebanyakan kopi dan rokok, belum membuat saya jera. Mungkin jikalau MC di real account datang entah apa yg bakal saya perbuat belum tau sih pak. Tetapi untuk sekarang saya sedang mencoba mencari trading style yang tepat untuk saya sendiri. Bukan karena menggunkaan indikator atau apa, tetapi indikator dari ilham pikiran yang sudah terbiasa melihat candle untuk melakukan op dan stop loss.

      Buat pak anton, tetap semangat pak, sebuah ilham dari seseorang penganut sepiritual.

      Sakit itu cuma sekali, disaat kita di panggil nanti tentunya kita tidak akan merasakan sakit itu lagi, tugas kita cuma tetap berusaha dan bersukur, tanpa sebuah usaha yang setimpal di mata yang diatas, tidak mungkin mendapatkan berkah yang seimbang dengan usaha yang telah di perbuat, apakah itu sakit,sehat, dan rizki. Seperti halnya sorga dan neraka, bahwasanya sorga dan neraka itu adalah apa yang kita rasakan didunia ini, disaat kita di berikan ujian sakit, sedih dll, itulah saat kita dihadapkan neraka, dan disaat nikmat, dan berkah yang datang disanalah sorga yang kita temukan.

      Dan saya yakin, para trader profesional dimanapun di dunia ini, pastilah sebelum mencapai sorganya trader pro, pastilah di hadapkan pada sebuah neraka jahanamnya forex.

      Tetap semangat,
      Goo Green hehehehe…. (Take Profit maksudnya pak)

  4. 3 – 4 hari ini ramai terus, biasanya Total Visit hanya sekitar 2000 – 3000an sehari, tetapi sekarang selalu diatas 5000, bahkan selama 2 hari kemarin mencatat rekor baru di 7000 visit dalam sehari.

    Semoga saja tidak lama lagi bisa mencapai 10 ribu sehari. [-O<

    • Kurniawan says:

      Amin [-O<
      Karena situs ini pake bahasa universal pak. Kagak pake bahasa planet inggris sana :)) Dan isinya juga gak monoton tentang forex melulu.
      Disini isinya macem2 terutama mungkin interaksi antara pak Anton dan para anggota jadi secara tidak langsung memancing pembaca lainnya untuk melihat ada apa yah di AyoTradeFX.com hari ini :))
      Belum lagi bisa kejadian ada perang dunianya :-P
      Itu mungkin menurut saya, yg membuatnya menarik pak ;)

      • “bisa kejadian ada perang dunianya” :)) :-P :-P

      • Kurniawan says:

        Iya pak. Disitus lain mah pasti komentarnya sudah diblokir tuh and ID dibanned. Nah kalau disini dibiarinin aja biarkan saja pasar yg bereaksi kagak pake intervensi2an.
        Btw lagi galau pak, makanya rajin isi kolom komentar :))
        Sambil nungguin angin bertiup atau kalau datang badai lebih bagus tuh :-P

      • Situs ini tidak menggunakan paham komunis, seperti Cina atau Korea Utara, yang langsung sensor dan blokir. Tetapi digunakan paham demokratis, biarkan pasar yang melakukan reaksinya sendiri. Cocok khan dengan tema situs ini yaitu forex trading, yang juga sama saja yaitu perihal reaksi pasar :-P

        Biasanya kalau angin sepoi-sepoi seperti ini di market pertanda badai besar akan datang, entah kapan, tetapi kemungkinan besar besok karena masa 2 hari ini cuma sepoi-sepoi melulu :))

      • Kurniawan says:

        Iya tuh pak. Naga2nya sih antara Rabu dan Kamis baru badai akan datang. Tinggal kalau emang milik saya pas melototin candle. Kalau pas gak OL yah coba caranya pak Inu aja deh. Tungguin di halte bis terjauh aja, soalnya kalau terdekat bisa2 dicopet sama monster chop :-P

  5. irfansyah says:

    gbp manuver 15 pip cm 1 menitan, asemb

  6. Rekor baru kembali tercapai, lebih dari 7000 Total Visit. =D>

  7. Kurniawan says:

    Pak, kalau candle tiba2 naik atau turun maka spread akan langsung melebar yah. Nah setelah beberapa tick baru spread perlahan2 turun lagi :-D
    Jadi kalau kita gak perhatikan, maka sebenernya kita OP di harga sebelum candle naik atau turun itu :))

    Salam, :)

    • Memang biasanya seperti itu, tetapi kalau brokernya baik biasanya melebarnya tidak jauh-jauh amat.

      • Kurniawan says:

        Pheuwww gerakan market ini benar2 membuat kita frustasi pak. Cocok utk melatih kesabaran. Kalau isitilahnya pak Inu. Tungguin tikus lewat aja :-P
        Tinggal tikusnya lewat mana? ke atas atau ke bawah? :-D

  8. Malam ini sebuah rekor baru tercapai yaitu jumlah Total Visit lebih dari 6 ribu visit. =D>

    Tidak sia-sia waktu, pikiran, dan tenaga yang terbuang untuk mengelola situs ini. :)

    • Kurniawan says:

      Selamat yah pak. =D> Semoga AyoTradeFX trend nya bullish terus :)

    • Kurniawan says:

      Aduh pak Anton. Dari tadi trading akhirnya cuma balik ke awal :( .
      Ini si boss market kerjain abdi dalemnya doang neh. :))

      • Kalau kondisi market seperti ini, lakukan scalping, cepat exit yang penting dapat profit meskipun cuma 1 pip.

      • irfansyah says:

        Iya neh masih mengambang, percaya ma SL aja dah, mengingat trend datar, entah kapan balik ke awal, tungguin aja, hehehe

      • Kurniawan says:

        Saya coba scalping walau 1 pip, tapi hasilnya malah loss 10 pip :( . Gak cocok saya sama tipe ini pak, mending tunggu swing aja dah :)) Atau news itu malah saya lebih suka :)

      • irfansyah says:

        Iya Pak benar, mending tinggal tidur, set SL & TP, beres!

      • Kalau video dibawah ini cocok untuk Pak Irfansyah agar makin sayang pacarnya :)

         


         


         

         


         


         

      • irfansyah says:

        Terima kasih Pak, mohon maaf belum bisa saya liat sekarang, kuotanya udah abis, jadi kaya siput, cuma bisa buat mt4 aja.

        Sepertinya di website ini cuma saya ma Pak Agus yg masih bujangan ya, hehehe

      • Bikin pooling bujangan atau bukan saja Pak Irfansyah, supaya lebih jelas :-P

      • Semoga dengan banyak bergaul dengan yang non bujangan akhirnya dapat membuat Pak Irfansyah pengen cepat menikah sehingga lebih bersemangat untuk segera cepat bisa. Demikian pula dengan Pak Agus, semoga dapat segera ketemu pacar yang cocok di hati. :)

      • irfansyah says:

        Untuk hal yg itu, kudu matang semua aspek Pak,,tentunya trading juga, hehehe

      • irfansyah says:

        Akhirnya, close dalam profit, butuh waktu 7 jam, meskipun jauh dari target, tapi senang bisa mempertahankan keyakinan

    • Terima kasih pak Anton atas ulasannya…Saya sampe menitikan air mata membaca ulasan pak Anton, meski tidak mau melihat link videonya… wah.. bisa berurai air mata saya….Ini anak saya yang kecil malah tanya, ngapain papa nangis di depan laptop…
      Rupanya pak Anton bisa membuat saya mengenal forex ini lebih manusiawi, bukan sekedar indikator, sinyal ataupun ulasan broker, sistem, EA ataupun yang lainnya…..Saat ini saya mendaulat pak Anton sebagai The Best Forex Guru.
      Buat Pak Samuthi… saya pernah merasakan apa yang bapak rasakan, marah, jengkel, merasa payah dan capek atas semua yang dilakukan dalam forex. Tapi jangan menyerah pak… istirahat dulu pastilah, tapi jangan terus jadi menyerah……
      Terkait dengan trading saya pak Anton, bolehkah kiranya saya tahu kira kira untuk TF 4H, berapa SL yang ideal dengan TPnya.. sampe sekarang saya masih suka berubah-ubah SL karena pengin maen di chart yang gede… tapi ya itu pak, kalo cuma SL 30, langsung terkapar melulu……
      Misalkan SL 200, TP 600 itu bisa kah pak di TF4?

      • Kurniawan says:

        Wah ternyata bukan cuma saya yah yg terharu lihat video kiriman pak guru. :-D
        Jujur pak saya salut sama Nick Vujicic, anggota tubuh beliau tidak sempurna tetapi ternyata bisa menikmati hidup dengan baik daripada kebanyakan orang yg mempunyai anggota tubuh yg sempurna. Kita semua jatuh bangun di dunia perforexkan ini masih belum ada apa2nya dibandingkan perjuangan beliau yg harus menghadapi keterbatasan diri maupun lingkungan sosial. =D>
        Ayo semangat, masa kalah sama Nick Vujicic. =D>

        Salam :)

      • Pak Mahfud, sebenarnya kalau dipikir-pikir, rasanya menjadi agak aneh dan kurang masuk akal, yang dibaca adalah artikel tentang forex trading, tapi kok bisa nangis :-P

        Walah… walah.. padahal saya belum menulis cerita yang sedih-sedih, bisa-bisa nanti kalau nulis novel sedih, membacanya sambil bawa ember dan handuk untuk menampung air mata :))

        Video-video tersebut memang sengaja saya sisipkan dalam artikel, disamping untuk menggugah semangat, juga agar timbul rasa menghargai terhadap apa yang diberikan Tuhan untuk kita miliki.

        Kita kadangkala tidak menyadari akan apa yang telah dimiliki (anggota tubuh, yang disayanginya, yang dekat dengannya, yang berusaha menjadikannya lebih baik, dll), cenderung menyia-nyiakan apa yang telah diberikan Tuhan.

        Oleh karenanya, mohon ditonton saja video-video tersebut. Kalau perlu seluruh anggota keluarga pun diajak untuk menontonnya.

        Manfaatnya untuk diri Pak Mahfud sendiri maupun keluarga, agar semakin menyadari betapa kita semua ini cenderung menyia-nyiakan apa yang diberikan oleh-Nya.

        Tidak apa-apa sekali-kali menangis, toh tidak ada ruginya dan malah menjadi lebih sehat karena emosinya sudah terlampiaskan. :)

        Beberapa video juga telah saya tambahkan, silahkan saja lihat di menu paling atas halaman ini di bagian Insprirasi dan Motivation. Bila semangat mulai pudar, tonton saja video-video tersebut agar dapat kembali berkobar. Dan juga agar Pak Mahfud semakin lebih menghargai dengan apa yang telah dikaruniakan oleh Tuhan.

        Berikut dibawah ini beberapa video terbaik yang dapat membuat Pak Mahfud semakin sayang keluarga (dijamin pasti nangis, siap-siap bawa ember :)) ):

         


         


         

         


         


         

         


         


         

         


         


         

         


         


         

        Silahkan tonton video yang lainnya pada menu di bagian atas halaman ini.

        Perihal berapa SL optimal, sebenarnya tergantung pada masalah akurasi entry dan kekuatan trend.

        Menggunakan SL 200 dan TP 600 tentunya tidak akan efektif bila trend bergerak sideways, hanya naik 100 pip kemudian turun 200 pip. Satu-satunya cara agar SL dan TP sebesar itu efektif maka Pak Mahfud harus menggabungkan dengan TF D1 dan W1. Misalnya terjadi downtrend tajam seperti kemarin maka entry dilakukan di H4 dan exit dilakukan dengan memantau H4 dan D1 atau W1. Tetapi yang harus diingat, TP tercapai atau tidak, sepenuhnya tergantung pada kekuatan trend.

      • Agar lebih mudah, silahkan lihat gambar berikut perihal SL dan TP:

    • selamat P.Anton, Klo indrafx jadi trader legendaris, maka sy yakin suatu saat nanti Bapak akan menjadi “Guru Forex legendaris” =D>

    • irfansyah says:

      Congratulation Pak!
      Wah udah 3 tahun ya Pak semenjak andromeda trading.

    • Selamat Pak Anton..
      Berkat dari “Pekerjaan yang Nambah” :-D sudah di tunjukan oleh Nya,, >:D<
      @Pak Irfansyah: Iya nih Pak Irfan, masih bujangan,masih sebatang kara nih.. :))

      Terima Kasih atas doa nya Pak Anton, Tapi kalau bisa milih, ketemu pacarnya nanti-nanti dulu deh, jangan Segera.. :))
      Kasian juga yang pacaran sama saya nanti. :-D

      • irfansyah says:

        Hehehe, benar Pak Agus, saya pun karena ketemunya sebelum forex, jikalau tidak, saya pun akan memilih opsi yg sama, hehehe

      • Nah itu berarti Pak Irfansyah sudah di Takdirkan untuk belajar trading dengan adanya dukungan seorang calon pendamping hidup, tentunya akan menjadi penyemangat dalam menjalani trading.
        Walaupun kadang merasa terbebani, tapi jika si doi sudah sepenuhnya mendukung, itu tandanya hal tersebut harus dijadikan motivasi bagi Pak Irfansyah untuk belajar lebih giat lagi supaya penantian si doi selama ini tidak menjadi sia-sia. :)

      • irfansyah says:

        Benar Pak Agus, 2 sisi itulah bumbu selama proses menjadi seorang trader.
        Terima kasih atas nasehatnya Pak Agus

  9. Broker AxiTrader Memang Nggak Recomended Blasss…
    Hari gini Servernya Down :(

    • irfansyah says:

      Wah gak bisa entry dan exit tuh Pak Agus,
      itu down karna lagi nyeleksi harga ya?

      • Proses filtering harga disebut dengan istilah Reqoute, sedangkan kalau server down seperti ini adalah memaksa klien terkena SL atau MC karena tidak bisa exit. :-D

      • Ya begitulah, syukur aja kalau servernya down dari awal, ini setelah entry ,tiba” aja servernya down. belum sempat masang Stoploss,
        ]Mau gimana lagi. terpaksa H2C nih,

      • Kurniawan says:

        Wah parah dong kalau trading real kek gitu. Bisa modar akun :-D

      • Pernah ditulis, kalau ingin sukses trading maka harus terpenuhi 2 faktor yaitu adanya keahlian yang memadai dan digunakan broker yang baik. :)

      • Lagi nggak enak badan.,Saya tinggal tidur,entry tanpa Stoploss. untung saja entry tadi belum sampai MC. :-D

  10. Satria Parawansa says:

    Salam kenal sebelumnya pak Anton….sebenarnya sudah lama saya numpang belajar disini, cuman tidak pernah comment apa2…..sekarang saya memberanikan diri untuk tampil sekaligus mohon ijin belajar disini bersama rekan2 yang lain.

    Artikel yang ada di web ini sungguh mengena di kondisi saya sekarang ini yang bolakbalik jatuh bangun di forex…tapi entah kenapa saya tidak bisa berhenti.

    Dan saya sangat berterima kasih dengan adanya web ini yang banyak memuat artikel tentang psikologi dan motivasi trading….itu yang tidak pernah saya dapatkan selama ini….

    sekali lagi terima kasih pak Anton atas kesediaannya berbagi dengan kami…

    • Salam kenal juga Pak Satria.

      Tipsnya sederhana, membaca atau mendengarkan sesuatu dan kemudian memahaminya, jauh lebih mudah daripada melakukan dan kemudian menerapkannya menjadi sebuah kebiasaan. Melakukan menjadi lebih sulit dikarenakan perlu adanya kemauan untuk mengalahkan dan mengubah diri sendiri. Sepanjang kesadaran yang dapat memicu kemauan tersebut belum timbul, maka sampai kapan pun Pak Satria akan selalu jatuh bangun.

      Sama halnya seperti merokok, semua orang paham betul akibat nantinya, tetapi sangat sulit untuk mnghentikannya. :))

      Silahkan Pak Satria renungkan. :)

    • selamat bergabung juga P. Satria, mari kita sama2 belajar di web ini di bawah bimbingan P.Guru Anton >:D<

  11. Okay Pak Anton,Tq.Alhamdulillah menonton video ini sy diingatkan untuk mensyukuri mata,telinga dan hati.Sy melihat hanya dengan hati yg penuh rasa syukur dan bahagia akan membuat orang menjadi sukses.Subhannallah,Ya Fattah,Ya Razzak Terima Kasih atas segala anugerah yg telah Engkau berikan berupa mata,telinga,hati.Terima Kasih atas nikmat tangan,kaki dan anggota tubuh lainnya.Alhamdulillah.Salam Ikhlas dan Bahagia! Succes is not the key to happiness.Happiness is the Key to Success.If you love what you are doing you will be Successfull.Amin.

  12. Wah, Pak Samuti akhirnya pasang juga fotonya. Nah, kalau begini khan enak, kalau ketemu tidak jadi bingung :))

  13. mulut saya seperti dilakban setelah baca artikel ini pak Guru… untung saja tangan gak seperti diiket, jadi masih bisa ngetik :-D , tapi ya tidak bisa banyak2.. :-D

    untuk keikhlasan dan perjuanganmu pak Guru, biarlah hanya Allah yg tau apa yg saya mohonkan..

    dari beberapa bulan bertapa, saya tidak pernah nyentuh gold, saya selalu setia dengan pair EU dan selalu kecewa karena profit yg saya peroleh ternyata masih demo :-D , dan akhirnya selalu sengaja menghancurkan acc dengan open pakai size besar, sebenarnya saya ikutan pamer di self kontes ini adalah dalam rangka pengajuan proposal untuk diijinkan trading di real acc, tapi apa daya, gagal tetaplah gagal, karena saat di real acc, apapun alasanya loss = duit ilang…

    saya memang suka tantangan, dan pantang ada kata menyerah dalam kamus hidup saya, tapi seringnya lupa klo menghadapi tantangan butuh keahlian untuk mengukur kemampuan diri, tidak hanya sekedar “hajar… ”

    TERIMA KASIH BUANYAK pak Guru…. hanya kata yg saya ketik ini yg mampu mewakili perasaan saya untukmu, kecuali pak Guru sudi singgah ke KUDUS (saya bukan dari malang pak Anton :-D ) insya Allah ada sekedar minuman dan cemilan serta rokok (klo pak Anton ngrokok) berbagai produk dari Djarum :-D yg siap menanti :-D

    • Wah… saya sampai terharu membaca komentar Pak Diduk, suatu hari nanti akan saya sempatkan mampir ke Kudus, cuma sayangnya rokok saya adalah Gudang Garam :))

      • monggo pak Anton, GG pun gak masalah tinggal beli diwarung sebelah :-D , cuman klo Djarum kan saya tinggal nyomot dari mesin :-D

  14. Powerful,inspiring,pokoknya bermanfaat.Anda harus baca artikel ini.Pak Anton adalah Inspirator,Motivator,sekaligus mentor bagi setiap trader yg mau maju dan sukses.Apa yg beliau katakan bukan cuma teori yg jauh diatas langit,tapi bisa diterapkan dan membuahkan hasil riil yg mampu mendongkrak performa kita.Kita harus menerapkan untuk keberhasilan bisnis forex kita.Mohon izin membacanya.Thank you,Pak Anton.Salam Damai Penuh Kasih. :)

    • Terima kasih atas pujiannya Pak Rizki.

      Silahkan saja membaca artikel-artikel yang ada tetapi mohon jangan berkomentar yang aneh-aneh lagi agar tidak menimbulkan gejolak di situs ini. :)

  15. terima kasih pak Anton utk reviewnya. pada self contest ini saya menggunakan broker exness. broker ini sungguh menyebalkan, sering mati servernya. mau close op, server mati, mau buka op, server juga mati. saya sempat berpikir pada saat trending kencang kemarin kira2 ada berapa TP milik client yang tidak kena gara2 server mati… ck ck ck ck… hindari broker ini. tapi kalau pak Indra masih bisa profit dengan broker ini, ya lanjut saja pak, yang penting dibayar hehehe..

    saat ini posisi saya sudah tidak sama dengan apa yang muncul pada link myfxbook di self contest pada website pak Anton. posisi saya sudah berbeda, tapi entah kenapa link myfxbook masih berposisi seperti itu. mungkin karena servernya sering mati hingga menyebabkan error.

    sekali lagi terima kasih pak Anton utk effortnya yang luar biasa…

  16. irfansyah says:

    Terima kasih banyak Pak atas nasehat dan sarannya.
    Butuh waktu untuk mengubah diri sepenuhnya menjadi lebih baik.

    • Asal Pak Irfansyah tahu, yang saya lakukan adalah demi kebaikan dan masa depan masing-masing. Sulitnya menjadi guru di situs ini adalah harus memiliki kemampuan membaca karakter masing-masing (padahal ketemunya hanya online :)) ).

      Karena dengan mengetahui karakternya maka akan diketahui letak kelemahannya dimana. Tidak bisa menganalisa kesalahan hanya diperoleh dari hasil trading saja, tetapi juga harus disatukan dengan karakternya agar titik lemah yang tepat dapat diketahui.

      Melakukan kesalahan tidak hanya karena kurangnya pengetahuan atau ketidakmampuan, tetapi bisa juga karena emosi tak terkontrol.

      Kelemahan Pak Irfansyah terletak pada emosi ini. Kemampuan dan pengetahuan Pak Irfansyah sudah lebih dari cukup, kalau tidak tentunya hasil trading kemarin tidaklah melesat. Tetapi kadang kala Pak Irfansyah melakukan trading dengan rasa marah dan tidak mau kalah, nah… inilah yang akhirnya merusak.

      Andaikan saja Pak Irfansyah dapat lebih mengendalikan emosi, tetap disiplin, dan tetap logis tentunya akan lebih cepat bisanya.

      Silahkan Pak Irfansyah renungkan. :)

      • irfansyah says:

        Terima kasih banyak Pak,
        saya sebelumnya memang seperti itu Pak, cepet emosi, meledak, tapi sebentar abis itu sadar, makanya kadang keputusan hanya emosi semata, sehingga dilihat seperti plin plan, padahal ya memang kaya gak bisa mikir, gitu dah.

        Dari raut wajah pun ketara juga ya Pak,,
        karena dulu pas disemarang, dikosan baru ada siswa akpelni dari ambon dan flores, wajahnya seremnya minta ampun, saya aja ampe takut, eh pas ketemu saya, malah dia yg sungkan karena menilai wajah dan pembawaan saya yg sangar, saya ngakak dah.

      • Hehe… saya tahu kok, tapi pelan-pelan pasti bisa Pak Irfansyah. Phobia yang lebih sulit saja bisa disembuhkan, apalagi cuma sekedar mengontrol emosi diri sendiri. Tips untuk menghindari keputusan salah akibat emosi, beri waktu sebentar untuk menenangkan diri, pikir ulang apakah keputusan tersebut logis atau tidak (karena emosi biasanya mematikan akal sehat), dan kalau dirasa sudah logis, barulah lakukan.

        Kalau selalu melakukan seperti itu, maka lama kelamaan akan menjadi terbiasa dan secara otomatis sudah dapat melakukan dengan sendirinya.

        Seperti yang pernah Pak Irfansyah katakan sendiri, seram khan tampilan luarnya, tapi saya yakin dalamnya sangat lembut, aleman, bahkan romantis :-P

      • irfansyah says:

        Butuh waktu Pak untuk membiasakan mendahulukan berpikir logis sebelum emosi, karena settingan pabrikannya emosi dahulu baru berpikir, ya begini dah jadinya,,
        Terima kasih Pak, saya akan coba untuk membiasakan.

  17. moch.samuti says:

    Sebelumnya saya ucapkan beribu2 terima kasih kpd Pa Guru yang senantiasa membimbing saya, SAYA PANTANG PUTUS ASA KARENA PUTUS ASA ADALAH SIFAT SETAN, mohon maaf bila saya sampaikan salah persepsi seharusnya untuk konsumsi sendiri karena saya menggunakan bahasa TAUHID sedangkan Pa Guru memahaminya dengan bahasa FIQIH sehingga kesannya SAYA PUTUS ASA.. :oops: , insya alloh pa Guru nanti bulan depan saya ikut kontes lagi, ini artikel luar biasa yang tidak ada diwebsite lain, ini murni bimbingan trading dari seorang guru yang ikhlas dalam memberikan ilmunya dan biasanya bila kita mengikuti seseorang yang membimbing dengan ikhlas maka akan didapatilah KEBERHASILAN, saya menjamin itu, maka untuk itu wahai para sahabat ayotradefx.com mari kita buktikan dengan kunci 3 K (Keyakinan, Kesabaran dan Keikhlasan) Yakin akan kemampuan diri berdasarkan ilmu dari Pa Guru (pa anton), Sabar dalam entry dan exit serta Iklhas bila Loss dengn Stop Loss/Cut Loss dan Terima lapang dada Profitnya besar atau kecil… terima kasih Guru dan semoga alloh selalu melimpahkan rahmatnya kepada Guru beserta Guru..amiin allohumma amiin, Jajakumulloh Khoir [-O<

    • Kesalahan Pak Samuti adalah sering kali mengejar candlestick. Oleh karenanya mohon ikuti saja saran Pak Inu yang mudah dan sederhana yaitu “lha wong bis sdh jalan masih sy kejar2 terus…mending nyegat saja di haltenya” dan “seperti kucing nunggu tikus yg mau lewat” :)

      • moch.samuti says:

        Terima kasih bayak guru atas nasehatnya… SIAP PERINTAH DILAKSANAKAN :)

  18. Terima Kasih Pak Anton untuk artikel dan video-video yang penuh makna dan sangat menginspirasi ini. Jika tidak ada artikel ini, sampai saat juga tidak akan pernah ketemu video-video seperti ini. :)

    Terima Kasih atas jerih payahnya membimbing kami sejauh ini dan memang hasil sementara ini mesih terlihat banyak melanggar aturan yang sudah Pak Anton ajarkan, sehingga terkesan tidak menghargai apa yang sudah Pak Anton ajarkan selama ini. Mohon di Maafkan ya Pak Anton, [-O< Seterusnya saya akan berusaha sebaik mungkin.

    Tapi tolong dimaklumi ya Pak Anton jika harus dimulai setahap demi setahap.
    Karena saya pikir selama 2 minggu ini, kesalahan saya selalu saja berawal dari emosi, jadi saya putuskan untuk mengawalinya dengan belajar mengendalikan diri sendiri. Seperti yang Pak Anton jelaskan di artikel ini:
    "yang utama dalam melakukan trading adalah kemampuan untuk mengalahkan diri sendiri terlebih dahulu".

    Sekali lagi Terima Kasih Pak Anton, :)

  19. Kurniawan says:

    Terima Kasih pak Anton atas reviewnya dan pengorbanan waktunya selama ini untuk membimbing kita semua. :)
    Ada saatnya menabur dan akan tiba pula saatnya menuai pak. Hukum sebab akibat pasti akan berlaku. [-O<

    Sejujurnya apa yg saya capai saat tulisan ini dibuat, itu semua cuma karena keberuntungan semata pak. Saya sendiri tidak yakin apa akan sanggup mempertahankan akun ini 3 bulan ke depan :( . Akan tetapi sejak saya mengirimkan link ini kepada bapak, saya sudah bertekad kalau saya akan serius dan saya harus bisa. :-?

    Berkali-kali Si Abdi Dalem ini bertindak semau gue pak. Setelah dicambuk berupa SL kena hit, barulah si Abdi Dalem bandel ini mengikuti perintah boss nya :-D
    Itu target pertama saya kedepannya untuk mengurangi loss akibat entry yg kepagian. Yg kedua adalah untuk selalu iklas dan bersyukur dengan apa yg sudah didapatkan. [-O<

    Jangan pernah lelah untuk membimbing kita semua pak guru ^:)^

    Salam :)

    • wah berarti selama ini sy terbalik mikirnya ya? :-? “pake real account supaya lebih serius” dan “mengejar trend untuk entry” Dapat lg deh pelajaran baru ^:)^ pantes saja asal entry deg-degan terus (mungkin pengaruh real account ya?)…dan saat kejar-kejaran trend, selalu ketinggalan, malah sempat mikir “ini market apa sdh di atur sama broker ya?” asal harga trend terus saya ikuti masih trend, nah..kmudian saya entry begitu yakin trend masih berlanjut, eh.. malah berbalik arah..ha..ha..klo baca ulasan P.Guru diatas ternyata memang saya yg salah ya..lha wong bis sdh jalan masih sy kejar2 terus…mending nyegat saja di halte nya…
      Sy ulang pelajaranku hari ini P.Guru…1. Jgn dulu Real Account. 2. Jangan pernah mengejar Candle yg terlalu jauh membumbung tinggi, tunggu saja seperti kucing nunggu tikus yg mau lewat :-D ..
      Sekali lagi Terima Kasih P.Guru atas koreksi trading saya yg terbalik2 selama ini ^:)^

      • Hehe… Pak Inu benar juga, “lha wong bis sdh jalan masih sy kejar2 terus…mending nyegat saja di haltenya”. Sebuah ungkapan sederhana dan lebih mudah dipahami daripada menjelaskan dengan candlestick.

        Memang harusnya “seperti kucing nunggu tikus yg mau lewat”, seperti inilah melakukan trading yang benar. Hanya saja, sejak awal pastikan terlebih dahulu tikusnya jenis apa, yang kurus dan gesit atau yang gendut dan lamban. Kalau ketemu yang kurus mending biarkan saja. Tetapi kalau yakin tikusnya gendut dan gampang ditangkap, langsung terkam.

        Sepertinya Pak Inu sering nonton Tom & Jerry ya :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)