Sun Tzu – Art of Trading

Sun Tzu – Art of Trading

Posted by

Selamat Siang Pak Anton,

Semoga Pak Anton & Keluarga dalam keadaan sehat wal’afiat.

Begini Pak Anton, saya ingin buat artikel Knowing Yourself, Knowing Your Enemy, in Every Battle, U will not be defeated.

Tapi saya gak ada ide buat nulis kata2 seperti yg Pak Anton lakukan.

Saya kepikiran setelah apa yg dialami oleh Pak Abduh Salam dan real akun saya secara pribadi, pada saat trading terkadang mata dan hati kita menjadi buta karena suatu tujuan baik itu profit ataupun memenangi kontes yg membuat kita tidak menyadari kapasitas kemampuan analisa & money management kita sendiri.

Kebutaan itu sendiri membuat kita seperti menghalalkan segala cara untuk mencapainya sampai2 ada terumbu karang besar pun kita tidak dapat menyadarinya.

Kebutaan itu pula yg membuat kita nekat untuk memakai semua jalan yg belum tentu sesuai dengan kendaraan yg kita kemudikan. Dan pada saatnya Alam semesta (market) menilai tindakan kita sudah diluar batas dan tidak bisa ditoleransi lagi, maka keluarlah sebuah hukuman yg bernama Margin Call atau LOVE (Loss Over Vifty pErcent).

Terkadang, kita hanya merasa bahwa setia keuntungan yg kita dapat baik besar/kecil adalah suatu kepantasan (hasil analisa kita sendiri secara akurat) dan tidak pernah berpikir bahwa itu adalah kompensasi yg diberikan market walaupun analisa kita salah, hingga pada saat akhirnya market marah karena kita tidak sadar2, baru lah market menyadarkan kita, dan terjadilah sesuatu yg namanya penyesalan.

Demikian Pak Anton, kalau Pak Anton tidak keberatan, silahkan dirangkai dan ditambahkan agar lebih enak dibaca, maaf jikalau ada kata yg kurang berkenan.

Atas kesediaan dan bantuan Pak Anton, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Tuhan memberkati Pak Anton & Keluarga.
Amin

Irfansyah

 


 

Kalimat diatas adalah kalimat bijak dari Sun Tzu “Art of War” dimana selengkapnya adalah seperti dibawah ini:

 

If you know the enemy and know yourself, you need not fear the result of a hundred battles. If you know yourself but not the enemy, for every victory gained you will also suffer a defeat. If you know neither the enemy nor yourself, you will succumb in every battle.
– Sun Tzu

 

Kalimat diatas memperlihatkan bahwa disamping diperlukan mengenal diri sendiri, juga diperlukan mengenal apa yang dihadapi, kelebihannya maupun kelemahannya.

Oleh karenanya, cara yang tepat adalah melakukannya dengan bermodalkan kelebihan diri sendiri pada saat yang dihadapi sedang lemah sehingga mudah ditebak.

Sebagai contoh, kalau teknik yang digunakan lebih tepat digunakan saat trending maka hanya lakukan bila hal tersebut terjadi. Dikarenakan pada saat tersebut kita menggunakan kelebihan diri sendiri dimana analisa cenderung lebih akurat dan yang dihadapi mudah ditebak.

Sebaliknya, jangan gunakan teknik tersebut saat kondisi market tidak sesuai dikarenakan itulah kelemahan diri kita. Bila memaksakan diri maka dampaknya akan kalah dikarenakan pada saat tersebut yang dihadapi sedang kuat sedangkan diri kita sendiri lemah.

Sehingga perlu adanya pengenalan lebih mendalam terhadap teknik yang digunakan maupun pengenalan pada kondisi market seperti apa teknik tersebut cocok untuk diterapkan.

Kebanyakan pada umumnya mengalami “kebutaan” dimana tidak memahami secara mendalam teknik yang digunakannya maupun kondisi yang cocok untuk penerapannya.

Bila “kebutaan” tersebut berhasil diatasi, maka tahap selanjutnya adalah mampu melihat dimana saat yang tepat untuk melakukan entry:

 

The good fighters of old first put themselves beyond the possibility of defeat, and then waited for an opportunity of defeating the enemy. To secure ourselves against defeat lies in our own hands, but the opportunity of defeating the enemy is provided by the enemy himself. Thus the good fighter is able to secure himself against defeat, but cannot make certain of defeating the enemy.
– Sun Tzu

 

Seperti dikatakan oleh Sun Tzu diatas, marketlah yang nantinya akan memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan entry (but the opportunity of defeating the enemy is provided by the enemy himself).

Sehingga yang harus dilakukan adalah menunggu adanya saat tersebut terjadi terlebih dahulu di depan mata kita, barulah entry dilakukan.

Kebanyakan tidak sabaran menunggu, langsung saja melakukan entry padahal sinyal belum terjadi. Dan dampaknya, setelah entry dilakukan barulah disadari bahwa hal tersebut adalah sekedar jebakan.

Yang menjadi problem, seharusnya segera mundur secepat mungkin dan keluar dari situasi jebakan tersebut dengan melakukan SL, tetapi kebanyakan malah melakukan sebaliknya yaitu bertahan sekuat tenaga. Akibatnya, dihajar habis oleh marketĀ  :(

Seperti ditegaskan kembali oleh Sun Tzu dibawah ini:

 

Move not unless you see an advantage; use not your troops unless there is something to be gained; fight not unless the position is critical. If it is to your advantage, make a forward move; if not, stay where you are.
– Sun Tzu

 

Lakukan entry saat benar-benar yakin akan menghasilkan profit. Bila tidak yakin maka diam di tempat dan jangan nekad untuk melakukan entry (if not, stay where you are).

Seandainya setelah entry ternyata salah, maka segeralah lakukan reaksi penyelamatan (fight not unless the position is critical).

Tugas kita semua saat melakukan trading adalah mengikuti gerak market dan sangat terlarang untuk melawannya. Oleh karenanya, diperlukan kemampuan adaptasi untuk mengikuti gerak tersebut sebagaimana dikatakan Sun Tzu dibawah ini:

 

Military tactics are like unto water; for water in its natural course runs away from high places and hastens downwards… Water shapes its course according to the nature of the ground over which it flows; the soldier works out his victory in relation to the foe whom he is facing.

Therefore, just as water retains no constant shape, so in warfare there are no constant conditions. He who can modify his tactics in relation to his opponent and thereby succeed in winning, may be called a heaven-born captain.
– Sun Tzu

 

Tetapi yang paling utama adalah seperti yang dikatakan oleh Sun Tzu dibawah ini:

 

For to win one hundred victories in one hundred battles is not the supreme of excellence. To subdue the enemy without fighting is the supreme excellence.
– Sun Tzu

 

Kesempurnaan dalam trading bukanlah diperoleh dengan melakukan 100 entry yang seluruhnya profit. Tetapi melakukan sedikit entry dengan money management yang baik sehingga hasil akhirnya adalah profit maksimal dengan hanya bermodalkan resiko minimal.

Kebanyakan melakukan sebaliknya, banyak entry dengan lot besar sehingga resiko pun menjadi maksimal. Tetapi profit yang dihasilkan hanyalah minimal atau bahkan mengalami loss. Bila hal ini dilakukan terus menerus maka lama kelamaan modal akan tergerus habis.

Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua.

22 Comments

  1. irfansyah says:

    Belum saya cek, namun smw tombol berjalan lancar.
    Saya pake ketik tadi pagi, op td pagi, barusan jam 9 mlm td, normal aja.
    Hanya pas jam 5 sore tadi selama 2-3 menit, pas saya klik new order, kok bs usdsgd. Market watch slalu saya smbunyikan karna mengganggu pemandangan, hanya ada chart doang, hehehe.
    Btw terima kasih atas masukannya Pak Yulianto

  2. irfansyah says:

    Maaf Pak Anton, bukan maksud membela diri. Tapi saya pake touchpad di laptop karena memang saya tidak biasa pake mouse, jadi kecil kemungkinan kesalahan saya, dan biasanya pun dari ratusan order kemarin2 maupun pas pada saat trading contest, gak pernah gitu, alias normal aja.
    Laen kali harus lebih teliti kali.

    • Yulianto says:

      Kok bisa ya aneh. kalau menurut saya, begini kejadiannya.
      1. Pada window market watch Pak Irfansyah pasti ada kolom usdgold
      2. Lalu coba cek kursor pada keyboar Pak Irfansyah pasti ada yang tidak beres (selalu menekan ke bawah). cara mudah mengetahuinya. buka excel perhatikan apakah cell berubah ke bawah, kalau iya berarti cursor memang bermasalah.

      mengatasinya menurut saya yang awam :
      1. Hide all pada market watch hingga hanya market yang kita inginkan saja yang akan muncul.
      2. jika memang keyboardnya bermasalah, ya diperbaiki saja

      Menurut saya bukan pada brokernya bermasalah. :)

  3. irfansyah says:

    Saya tidak pernah buka pair usdsgd, secara otomatis jika kita liat chart eurusd, pas klik new order kn otomatis pair eurusd, bukan pair lain apalagi usdsgd yg gak pernah dibuka,,
    yaudah gak apa2 lah, buat pengalaman aja Pak.
    Terima kasih atas penjelasannya.

    • Kesalahan seperti ini sering kali terjadi tanpa disadari.

      Pak Irfansyah memang tidak pernah membuka chart USDSGD, tetapi pada saat membuka Order Windows bisa saja timbul kesalahan memilih Symbol sehingga mengakibatkan order yang salah.

      Coba kita praktekkan bersama, silahkan buka saja Order Windows. Kemudian putar tombol scroll yang ada di mouse (roda kecil yang berada ditengah mouse, yang biasa diputar-putar untuk menggerakkan halaman ke atas atau ke bawah).

      Coba lakukan hal diatas, akan terlihat bahwa Symbol berubah dengan sendirinya akibat tombol scroll mouse diputar (baik karena sengaja atau tidak disengaja) meskipun pada saat tersebut yang dibuka adalah chart EURUSD :)

  4. irfansyah says:

    Tanpa ingin menjudge gomarkets, tapi kaya sengaja diubah broker Pak, karena tadi pas saya ingin pilih manual, kursor gerak sendiri, sedangkan tadi barusan normal lagi
    , modus baru broker dh bagi kita yg kadang kurang teliti untuk mengecek kembali.
    Alhamdulilah cuma kena spread.

    • Juga tanpa ingin membela GoMarkets, tidak mungkin terjadi sebuah broker kemudian dapat menggerakkan kursor pada komputer Pak Irfansyah :)

      Akal-akalan yang dilakukan broker selalu dilakukan di server-side dan bukan client-side. Hal ini dikarenakan lebih mudah melakukan akal-akalan di server-side dan juga pembuktiannya akan lebih sulit.

      Kursor pada komputer yang bergerak sendiri adalah client-side dan biasanya dilakukan oleh hacker dengan cara memasang software remote control tersembunyi sehingga dapat mengendalikan komputer tanpa diketahui pemiliknya. Bila broker ingin melakukan kecurangan di client-side maka harus ada software tertentu yang terinstall di komputer Pak Irfansyah.

      Bagi yang ahli komputer, tentunya akan dengan mudah ditemukan bila ada software yang mencurigakan terinstall. Dan bila hal ini terjadi maka dapat digunakan sebagai bukti untuk mengajukan tuntutan (yang nilai tuntutannya bisa jutaan dollar) bahwa broker tersebut telah curang.

      Tentunya tidak ada broker yang sebodoh itu, oleh karenanya akal-akalan broker selalu dilakukan di server-side karena akan lebih sulit dibuktikan dikarenakan server tersebut sepenuhnya dibawah kendali broker.

      Cara termudah untuk mendeteksi adanya software remote tersembunyi, lakukan saja scan anti virus dan setelahnya pasang software firewall sehingga semua “pintu masuk” tertutup agar tidak mudah dimasuki oleh yang tidak bertanggung jawab.

  5. irfansyah says:

    selamat sore Pak Anton
    tadi saya mau open buy eurusd, tapi kok yg ke eksekusi usdsgd? Padahal tidak ada chart usdsgd! Trus saya close, saya mau coba lagi, lagi2 usdsgd yg kluar, saya klik kolom mata uang, naik turun cepet sendiri, jadi saya gak bisa milih eurusd. Apakah bapak pernah mengalaminya di gomarkets?
    Terima kasih

    • Pak Irfansyah, coba cek lagi Order Windows-nya (tekan F9). Tentunya Symbol di Order Windows berada di USDSGD, akibat hal itulah terjadi order yang salah dan bukan order EURUSD sesuai yang diinginkan.

  6. 110$ 114$ 60$ 75$ 55$ 58$ 45$ (?)(elliot wave)
    baru sekarang oh aku rasakan
    trading itu, cerminan sifat orang
    udah naek step neh Pak Anton ke tangga psikologi trading,
    udah gak mikir teknikal lagi.
    bentar lagi berhasil dah, hehehehe
    semoga ini pelajaran terakhir

  7. Pagi Pak Mardiyanto konrol diri anda udah oke,hati-hati hari ini banyak high impact news.Mohon maaf hanya mengingatkan.Semoga Pak Mardiyanto Sukses ya.

    • terima kasih pak rizki..
      sesuai dengan EA yang di pasang pak anton begitu equity tinggal 75$ kayaknya posisi langsung close..dari posisi hedging yang terbuka saya sudah tidak bs entry lg..cuma 1 kesempatan keputusan yang benar..menutup salah satu posisi yang terbuka…equity 76.58$ salah ambil keputusan kena margin call lokal nih :(

      • Pak Mardiyanto, EA telah diubah dan diberikan toleransi sedikit yaitu akan melakukan auto close saat mencapai $70 (bukan $75 seperti sebelumnya). Gunakan tambahan modal tersebut untuk melakukan recovery.

        Gunakan TP kecil untuk recovery serta SL sempit bila salah dikarenakan inilah kesempatan terakhir yang dimiliki oleh Pak Mardiyanto.

      • terima kasih pak anton..toleransi ini harus saya pergunakan sebaik mungkin..salah sedikit bisa tewas [-O<

  8. kacau………..
    hari ini entah mengapa trading saya kacau…
    bolak balik…buy….sell…buy…selll
    nyawa tinggal beberapa dolar lg (75$ bs langsung di close sama EA)…meta trader saya tutup dulu..
    menenangkan pikiran…semoga nyawa di ujung tanduk itu saya bisa melakukan recovery
    mohon maaf pak anton..semoga saja saya bs melakukan recovery

    • Tidak apa-apa Pak Mardiyanto, justru saya sangat senang bila yang dilakukan berhenti trading.

      Hal tersebut menunjukkan adanya pengendalian diri, tidak ngotot memaksakan kehendak yang nantinya malah dapat berakibat jauh lebih buruk. Istirahat saja dahulu, toh masih banyak kesempatan yang dapat dilakukan besok.

      Sejauh ini trading Pak Mardiyanto sudah sangat baik, berhasil menjaga modal. Kalau soal profit, jangan terlalu dipikirkan.

      Nanti ada saatnya dimana market bergerak sesuai prediksi Pak Mardiyanto, nah disitulah profit diperoleh.

      Yang sulit dalam trading bukanlah mendapatkan profit, tetapi kemampuan untuk menjaga modal. Dan untuk hal ini Pak Mardiyanto sudah berhasil lakukan.

      • terima kasih pak anton..
        saya jadi malu..padahal kemarin kelihatan percaya diri sekali
        saya berharap live bisa sebaik demo kemarin…
        tp kenyataannya faktor psikologi pengaruhnya besar sekali…waktu di demo..terjadi floating minus pikiran santai aja(kayak cuek aja),malah ujung2nya bisa profit,tp begitu di live..floating minus dikit aja malah di close..begitu di close ternyata harga berbalik lagi ..
        dari pengalaman kalo live..chart selalu dipantau terus..justru ini malah mempengaruhi keputusan yang sudah diambil sebelummnya…

      • Pak Mardiyanto, tidak perlu malu. Mengalami drawdown adalah hal yang biasa dalam trading. Toh modal masih ada sehingga masih ada kesempatan untuk melakukan recovery.

        Masalah Pak Mardiyanto hanyalah belum terbiasa, nanti dengan berjalannya waktu lama kelamaan dapat trading dengan nyaman dan santai, seolah-olah demo padahal live account :)

      • penonton ikut deg2an nih.

        kira2 jagoan kita bakal menang gak yah? hehehehe…

        semoga “commercial break”-nya bisa bikin pak maridyanto segar kembali…

  9. Alhamdulilah Pak, 2 hari ini udah dapet 180 poin (target 100 poin/hari) hasil dari 260 profit, 80 loss,
    kayanya memang seperti ini trading yang saya harapkan, memberikan ketenangan hati selama prosesnya.
    membiarkan harga memilih SL atau TP dulu yang kena (saran Pak Indra agar selalu mengunci transaksi dengan 2 hal tersebut)
    jika profit senang karena analisa sesuai, jika loss pun dapat pelajaran tanpa terbebani kehilangan karena 1 cent/pip.
    Semoga saya bisa bersabar membangun pondasi trading saya ini.
    Terima kasih Pak Anton atas motivasinya

  10. Oke Pak Anton TX penjelasannya.Luar Biasa Mantap Pak.

  11. Selamat Malam Pak Anton,setelah membaca artikel Pak Irfansyah sy jadi berpikir lebih baik trading sedikit op tapi hasilnya maksimal.Sy cenderung ambil pip sedikit kadang 1 pip pun sy ambil karena ketakutan karena pernah beberapa kali MC.Jadi berprinsip lebih baik 1 pip daripada loss.Sekarang sy lagi live trading sy ingin memperbaiki cara sy trading berhubung waktu terbatas.Sy mohon pendapat dan saran Pak Anton dan teman-teman disini bila mengetahui sy perlu banget untuk target profit 70 pip dan sl 35 pip sebaiknya digunakan time frame berapa.Pasang TS diberapa.Bila Pak Anton berkenan mohon petunjuknya.Sy perlu banget ingin memperbaiki cara trading biar efektif.TX

    • Pak Rizki, sebaiknya gunakan 2 time frame, misalnya M15 dan H1 sehingga dapat lebih mudah menganalisa arah trend maupun untuk menentukan entry exit.

      Permasalahannya bukanlah pada timeframe, tetapi pada kekuatan trend itu sendiri.

      Bila trend melaju kencang dalam garis lurus, tentunya mudah mendapatkan 70 pip di time frame berapapun. Tetapi bila trend naik turun seperti gelombang yang pendek tentunya akan sedikit sulit untuk langsung mendapatkan 70 pip. Sebaiknya dalam kondisi seperti ini ambil saja 10-15 pip untuk meminimalkan resiko.

      Dari penjelasan Pak Rizki dimana kadang hanya TP 1 pip karena takut, terlihat jelas bahwa aturan Pak Rizki perihal dimana harus exit masih belum “jelas”.

      Sebaiknya fokus pada latihan untuk menentukan exit yang optimal, sehingga nantinya Pak Rizki dapat exit dengan lebih banyak pip.

      Sekali lagi, exit dengan banyak pip bukanlah ditentukan oleh time frame, tetapi ditentukan oleh seberapa kuat trend melaju.

  12. Terima kasih Pak Anton
    Pak Anton kaya punya kamus trading, apa aja gampang dijawab dan dijelaskan
    kaya acara Mario Teguh golden ways, audiens tanya kemanapun diluar topik Pak Mario Teguh bisa jawab aja,
    Untuk mengalahkan market, market sendiri yang menunjukkan jalannya, aneh memang,tapi memang kenyataannya gitu, saya aja yang tidak menyadari.
    Matur Suwun Pak Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)