Impian

Impian

Posted by

Pak maaf mau tanya dulu waktu sy trading di hotel sama teman terjadi obrolan biar aman hidup secara financial dan kuat

ada teman sy yg punya pabrik bilang klw mau aman hidup Rizki harus punya emas batangan sebesar berat badan kamu sendiri,sy bilang berat sy 80Kg jadi sy harus punya 80 kg emas waktu itu terjadi obrolan serius,cuma waktu itu sy belum sempat tanya kenapa harus seberat berat badan,

mungkin Pak Anton tahu alasannnya kenapa harus seberat berat badan,memang sih klw punya aset 80 kg emas sy pasti hidup bakal aman karena emas pelindung aset/alat hedging terbaik tapi sy pengen tahu kenapa harus sebesar berat badan sendiri mungkin Bp tahu rahasiannya atau tahu perhitungannnya.Tksh

Rizki – comment

 


 

Hari ini 14 Juni 2012 LM 24k-250 gram = Rp122.250.000,jadi klw 80kg =Rp 39.120.000.000 sedangkan hitungan Robert Kiyosaki cukup punya asset minimal $ 7.500.000 dlm bentuk property/saham yg menghasilkan arus kas minimal 120%/tahun,bagaimana pendapat Pak Anton soal perhitungan asset yg benar,Terima Kasih.

Rizki – comment

 


 

Segala sesuatu berawal dari sebuah impian.

Masih ingat komik Jules Verne yang kita baca saat masih kecil?

Terbang ke bulan, menjelajahi dasar samudra, pergi ke perut bumi, yang ke semuanya tidak mungkin dilakukan dan hanyalah sekedar impian pada jaman Jules Verne menulis cerita-cerita tersebut, tetapi saat ini telah menjadi kenyataan.

Oleh karenanya saat masih kecil, kita sering ditanya cita-citanya ingin menjadi apa kalau besar kelak.

Cita-cita adalah impian, hanya saja yang tidak diketahui oleh sebagian besar orang, impian seharusnya juga disesuaikan dengan kemampuan diri. Karena kalau tidak, maka namanya “maksa” :))

Seseorang yang memiliki suara buruk tentunya tidak diperkenankan untuk bermimpi nantinya menjadi penyanyi professional. Karena senekad atau sekeras apapun yang dia lakukan, akan sia-sia belaka dikarenakan modal kemampuan tidak ada.

Semua orang boleh bermimpi apapun, tetapi agar nantinya tidak menjadi frustasi sendiri maka tetaplah berpijak pada kenyataan, yaitu dengan cara menimbang kemampuan diri sendiri.

Pilihlah hanya sebuah impian yang baik, dimana bila impian tersebut tercapai maka hal-hal yang lain pun mengikutinya.

Karena kalau salah pilih impian maka hasil akhirnya nanti seperti halnya cerita jin dibawah ini:

 


 

Ada 3 Orang pemuda, mereka bersahabat dan selalu jalan bareng dan suatu saat mereka tidak sengaja menemukan sebuah kendi.

Lalu mereka menggosok2 kendi tersebut dan keluarlah JIN. Seperti biasa, mereka kemudian diberi 3 permintaan. Apa saja akan dikabulkan oleh si JIN asalkan mereka mau tinggal di gua tersebut selama 10 thn. Lalu setelah berpikir baik2, mereka meminta sesuai dengan kegemaran nya masing-masing

Si A minta cewek2 muda cantik dan sexy . . ( Lalu terkabul dan si A diletakan oleh si JIN ke dalam gua selama 10 tahun tanpa gangguan bersama cewek2 tsb. . ” buzzzz ” ( terkabul )
Si B minta minuman keras dari berbagai merk untuk bekaL 10 tahun di dalam gua juga dan tanpa gangguan , lalu ” Buzz ” ( terkabul )
Si C minta rokok dari berbagai merk dari yg besar hingga kecil untuk bekal seLama 10 tahun juga di dalam gua tanpa gangguan ” buzz ” ( terkabul )

GENAP 10 tahun kemudian, jin muncul kembali dan membuka pintu gua tersebut…
Jin buka pintu si A, lalu keluar si A dengan badan kurus kering, dan berdiri pun susah, lalu si A jatuh ke tanah dan mati kecapean.
Lalu Jin buka gua si B, keluarlah si B dengan perut buncit dan mabuk2an, jalan pun terhuyung2, lalu si B jatuh ke tanah dan mati kena liver.

Lalu buka gua si C. laLu keluar si C dengan sehat walafiat. Si JIN terheran2 melihat si C … Jin takjub dgn kekuatan fisik si C…. Jin menghampiri si C…..
dan tiba2 si C menggampar si JIN yang msh terbengong tdk mengerti…. . sambiL meneriakinya “DASAR JIN GUOBLOOOOK…!!!…….KOREK API NYA MANA????!!!”

 


 

Versi yang lain:

 


 

Pada suatu hari Paidi ketemu Jin di jalan…
– Jin: Hahahaha….Sebutkan 3 permintaanmu
– Paidi: Ga mau!! Nipu doank. Wajahku jelek dan hitam karena kemaren di tipu Jin kayak kamu itu.
– Jin: Lhaa, aku ini beda, coba dulu lah…sueerrr
– Paidi: Bener lho, kalo bohong tak masukin kandang buaya!!….Aku minta uang 1 karungg!!
– Jin: PEJAMKAN MATA SEBENTAR

” tiba-tiba di depan Paidi udah ada uang 1 karung, Paidi grang ga karuan melihat uang 1 karung itu ”

– Paidi: Aku minta rumah & perabotnya sekalian mobil!
– Jin: PEJAMKAN MATA SEBENTAR
” tiba-iba sudah muncul didepan Paidi Ferari dan rumah seperabotnya”
-Jin: Sekarang apa permintaanmu yang terakhir??

sejenak Paidi berfikir…

– Paidi: Aku ingin jadi putih dan dikerubuti sama dipegang-pegang cewek-cewek..!!
– Jin: Hmmm…PEJAMKAN MATA SEBENTAR

” Waktu buka mata Paidi merasakan sekujur badannya geli minta ampun, dan basah semua akibat dipegang-pegang cewk-cewek ( ibu2 ) di tengah pasar…

Ternyata Paidi jadi TAHU…!!

 


 

Versi lainnya:

 


 

Seorang Pemuda yang maniak pada masalah seks, ketika sedang mengembara menemukan lampu ajaib, dan ketika digosok muncullah jin yang sanggup memberikan tiga permintaan apa saja.

Maka berkatalah si pemuda:
“Pertama, saya ingin wajah saya menjadi semakin tampan. Kedua, saya ingin bodi saya menjadi semakin seksi. Ketiga, saya ingin kemaluan saya bisa sampai menyentuh tanah.”

Maka, jadilah dia seorang pemuda yang tampan, berbodi seksi, dan tanpa kedua kaki.

 


 

Versi cerdas:

 


 

Jika aku menjadi jin dan aku memberi kalian 3 permintaan klian mau apa?

aku mau apapun yg kumau
aku mau yg orang pasti mau
aku mau yg tak seorang pun bisa ngambil yg kumau

 


 

Nah, sudah menjadi lebih jelas bukan kenapa kita harus menentukan hanya sebuah impian yang baik, dimana bila impian tersebut tercapai maka hal-hal yang lain pun mengikutinya.

Seperti halnya cerita jin diatas, hanya satu versi saja yang memberikan hasil baik yaitu versi cerdas dimana bila terpenuhi maka menggapai keinginan-keinginan lainnya tidaklah kesulitan.

Pada pernyataan Pak Rizki diatas lebih berfokus pada materi atau kebendaan, padahal yang namanya materi tidaklah pernah abadi.

Ilustrasi sederhana menggambarkan hal ini dapat diperumpamakan Anda berada di tengah samudera dan hanya berpegangan erat pada batang sebuah pohon agar tidak tenggelam.

Batang pohon itu adalah emas seberat 80 kg sedangkan Anda sendiri tidak bisa berenang. Tentunya Anda harus mati-matian memegang pohon tersebut erat-erat kalau tidak mau tenggelam.

Amankah kondisi seperti itu?

Tentunya tidak.

Tiap saat gelombang besar bisa datang menghantam yang dapat membuat pegangan terlepas, Anda pun lelah kalau terus menerus harus memegang erat sehingga terkadang tertidur yang berpotensi pegangan nantinya terlepas, dan masih banyak hal-hal lain yang dapat membuat pegangan lepas.

Yang dapat membuat Anda aman dan tenang hanyalah satu hal saja, yaitu dimiliki keahlian berenang yang melekat dalam diri.

Andaikan batang pohon terlepas, tidak masalah, toh masih bisa mengapung sendiri dan kemudian mencari batang pohon lain yang lebih besar dan kuat.

Keahlian yang melekat dalam diri adalah abadi dan tidak akan hilang, selamanya akan melekat di dalam diri.

Sedangkan segala sesuatu yang bersifat kebendaan, tidaklah abadi dikarenakan tidak melekat dalam diri.

Oleh karenanya, bermimpilah untuk memiliki sesuatu yang melekat dalam diri agar hidup nyaman dan tentram.

Contoh impian yang baik adalah seperti ini: “aku ingin menjadi trader professional yang mampu menghasilkan profit 50 pip setiap harinya”

Impian yang jauh dari kebendaan, tidak muluk-muluk sesuai dengan kemampuan maupun kondisi market, melekat di dalam diri untuk selamanya, tetapi hasil akhirnya sangat dahsyat.

Hanya dengan sebuah impian saja, tetapi hal-hal yang lain pun mengikutinya.

Awalnya digunakan 1 lot, mendapatkan profit $500 setiap harinya. Bulan depan digunakan 10 lot, mendapatkan profit $5 ribu setiap harinya. Bulan depannya digunakan 100 lot dan setiap harinya mendapat profit $50 ribu. Dan seterusnya….

Perhatikan dari contoh ini, bukan hanya emas seberat 80 kg saja yang mampu dibeli, emas di Monas pun akan mampu dibelinya :))

Andaikan semua emas yang berhasil dimilikinya hilang akibat bencana Tsunami, tetap akan tenang saja. Toh besok tinggal mulai dari awal dengan 1 lot terlebih dahulu dan setahun kemudian sudah bisa membeli emas 80 kg lagi.

Keahlian tidak akan pernah hilang, sekalipun Tsunami melanda. :)

Hilangnya hanya karena 1 hal saja yaitu karena kehendak Tuhan yang memanggil untuk menghadap-Nya.

Meskipun demikian, masalah terbesar dari impian adalah bagaimana caranya untuk mewujudkannya.

Bila dibagi dalam tahapan maka akan menjadi seperti ini:

    • Tentukan impian
    • Tentukan jalan untuk mewujudkannya
    • Tentukan upaya yang akan dilakukan
    • Berupayalah sekeras dan setekun mungkin agar cepat terwujud
    • Berdoa agar Tuhan segera merestui hasilnya

Tentunya kita semua yang membaca artikel ini sudah paham bagaimana mewujudkannya, yaitu melalui jalan forex trading.

Tidak semua orang seberuntung kita, yang sudah paham dengan jalan apa untuk mewujudkan impian.

Banyak orang diluar sana yang memimpikan sesuatu tetapi tidak tahu dengan jalan apa untuk meraihnya.

Nah, kurang apa lagi khan, impian sudah ada, jalan sudah ada, guru sudah ada, bila masih belum tercapai maka hanyalah disebabkan upaya yang dilakukan belum cukup.

Perlu dipahami bahwa Tuhan baru akan merestui kalau oleh-Nya kita ini dirasa sudah cukup pantas untuk menerima hasilnya.

Kepantasan diri kita di mata Tuhan hanyalah ditentukan oleh 2 hal yaitu adanya upaya dan doa yang cukup sehingga diri kita dianggap telah pantas untuk menerima hasilnya.

Agar tambah semangat, berikut dibawah ini sebuah artikel yang menjelaskan bagaimana caranya untuk mewujudkan impian:

 


 

Ketika Anda mulai untuk mengambil tindakan menuju tujuan dan impian Anda, Anda harus menyadari bahwa setiap tindakan tidak akan sempurna.

Tidak setiap tindakan akan menghasilkan sesuatu yang Anda diinginkan.. Tidak setiap tindakan akan bekerja sesuai impian anda.

Terkadang membuat kesalahan, mendapatkan hampir benar, dan percobaan untuk melihat apa yang terjadi adalah bagian dari proses untuk akhirnya mendapatkan sesuatu dengan benar, sesuai dengan impian.Ada pepatah mengatakan, kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Tapi perlu kita ingat bahwa bukan berarti kesuksesan harus dimulai dari kegagalan.

Bisa jadi kesuksesan dan impian yang anda raih adalah hasil dari perenungan, pemikiran yang dalam, hingga anda berbuat.

Tips dalam meraih cita-cita dan impian :

    • Kenali kemampuan dan cita-cita anda. Ini adalah langkah paling awal dari pencapaian cita-cita.
    • Fokus pada tujuan. Fokus, penting untuk diterapkan. Jika seorang petani mengejar ayam 2 ekor sekaligus, maka tidak satu ekorpun yang ia dapat. Yang ia dapat hanya kelelahan. Fokus dan konsentrasi, langkah perlangkah untuk menuju cita-cita itu.
    • Terus asah bakatmu. Setelah konsentrasi, selanjutnya adalah mengasah apa yang telah dipelajari.
    • Berani mencoba sesuatu yang baru. Jangan takut untuk mencoba. dalam mencoba pasti ada jatuh nya. Tapi jangan dilihat seberapa banyak jatuhnya, melaikan seberapa banyak kamu dapat bangkit.
    • Tekunlah berlatih. Orang yang tidak pintar, tapi belajar, lebih baik daripada yang pintar tapi tidak belajar. Lebih baik lagi jika pintar dan belajar.
    • Belajarlah dari orang sukses. Tentu kalau kamu bercita-cita menjadi presiden, figur presiden seperti apa yang kamu inginkan. Tentukanlah sesuai dengan cita-citamu
    • Berdoalah dan tawakal selalu. Agar hidupmu tenang, berdoalah.
    • Mintalah doa dari orang-orang yang kita cintai dan disekeliling kita.

Sumber: 8 Langkah Menuju Impian

 


 

Bagi Anda yang sudah mulai frustasi, mulai malas dan ogah-ogahan, mulai merasa putus asa, merasa masih sangat jauh dan lama, ingat-ingat kalimat yang pernah ditulis dalam artikel: How to become a Trader?, yaitu:

 

If you’re thinking about giving up, I have one piece of advice for you.

Ask yourself the question “how many years would you go to college if you knew for a fact that there was a million dollars a year job at the end of it?

 

Tercapai atau tidaknya impian, baik atau tidaknya masa depan Anda nantinya, tergantung pada upaya yang Anda lakukan saat ini. :)

 

 

19 Comments

  1. Kesuksesan bukan milik orang-orang tertentu.Kesuksesan adalah milik Anda,milik Saya,dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari,menginginkan dan memperjuangkan sepenuh hati.( Andrie Wongso ) :-D

  2. irfansyah says:

    mengutip lagu favorit frank sinatra – my way
    I did what I had to do
    And saw it through without exemption.
    I planned each charted course;
    Each careful step along the byway,
    But more, much more than this,
    I did it my way.

  3. Yulianto says:

    Saya sudah mulai malas dan frustasi Pak, bagaimana tidak akun saya hanya di situ-situ saja (seperti setrikaan saja, maju-mundur), mendapatkan 50 pip terasa mudah, namun kehilangan 50 pip bahkan lebih juga sangat mudah sekali. menahan floating loss sangat gampang, menahan floating profit payahnya bukan main.

    Untung Bapak masih mengingatkan saya akan hasil akhirnya butuh banyak perjuangan.

    BERLIAN ITU ADA DI SANA, TAPI KENAPA SULIT MENJANGKAUNYA. :cry:

    • Kalau gampang dijangkau, namanya bukan berlian, tetapi kerikil… :-P

      Dalam hukum alam, semua yang baik dan berharga memang sulit dijangkau. Hanya mereka-mereka yang berjuang keras saja yang nantinya berhasil meraihnya. Sedangkan yang malas akan tersingkir dengan sendirinya. Hukum ini dinamakan Seleksi Alam. :)

    • Kurniawan says:

      gpp pak mondar mandir ditempat. Pasti suatu saat akan modar mandir, tapi modal bertambah. daripada mondar mandir terus MC pak. :-D
      Tetap semangat dan terus berjuang pak. Kita pasti bisa. [-O<

      Salam, :)

  4. Pak Moch,Samuti sy sependapat bila sungguh-sungguh pasti berhasil.
    Pak Kurniawan semoga impiannya terwujud,Amin
    Pak Agus lebih baik mikir yg enak-enak daripada yg susah-susah
    Pak Irfansyah tertawalah dunia akan ikut tertawa,Happy Trading Profit.
    Pilihan hidup hanya dua Kaya atau Kaya Raya,betul apa benar?
    Impian akan terwujud bila kita punya keyakinan dan keberanian untuk mewujudkannya!
    Modal Hidup percaya pada diri sendiri dan percaya pada Kuasa Nya,bila punya mimpi besar berati percaya bahwa Allah Maha Besar.
    Pak Anton bikin artikelnya jangan banyak2 ntar lupa tdk op,op Hehehe
    Salam Sukses Profit buat kita semua. I-)

    • Kurniawan says:

      Amin. [-O

      Salam, :)

    • agus marianto says:

        :) Pak Rizki kan sudah bisa konsisten profit Di live akun Dan sudah sering WD, jadi memang beda dengan saya yang baru belajar Di demo Akun. :) Dan wajar saja jika saya tidak mikirkan yang enak-enak dulu, tidak masalah bagi saya untuk memikirkan yang susah-susah Dan yang berat-berat.saya sudah terbiasa seperti itu, Toh itulah yang namanya perjuangan, bagaimana kita bisa mendapatkan hasil besar dengan hanya bermodalkan perjuangan yang kecil.. Seperti Kata pepatah klasik yang berkata “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”.Contoh sederhananya dan yang paling memotivasi saya adalah Pak Anton yang sudah gagal membuat ribuan EA, tapi sampai sekarang masih tidak menyerah, tanyakan saja pada Pak Anton, apakahuntuk membuat EA yang profitable itu mudah,… ? Apakah bisa hanya dengan memikirkan yang enak-enak untuk menggapai sesuatu yang besar…. :))

  5. irfansyah says:

    ngakak baca ceritanya Pak

  6. Enak rasanya punya robot forex yg pintar cari uang sehingga saya bisa bilang Money never Sleeps. :)

    • Kurniawan says:

      Iya yah pak. Jadi seperti kita punya pohon uang. :))
      Yg setiap saat berbuah. Mudah2an impian saya segera menjadi kenyataan. [-O<

      Salam, :)

    • agus marianto says:

      Jika ada yang seperti itu memang enak Pak Rizki, :)

      Saya pertama mengenal blog andromeda juga jadi sangat berkeinginan(cita-cita) suatu saat saya bisa bersama-sama dengan Pak Anton dalam menciptakan EA yang profitable,( Maaf ya Pak Anton, Jika niat saya yang dulu-dulu tidak pernah saya utarakan kepada Bapak) itu karena saya ingat apa yang dikatakan Pak Anton bahwa untuk membuat EA maka kita harus menguasai Manual dulu, jadi saya urungkan dulu cita-cita membuat EA yang profitable dan saya hanya fokus menguasai manual trading dulu,

      Tapi seiring berjalannya hari-hari yang dipenuhi dengan pikiran untuk menguasai manual trading dan menjadi seorang Trader yang sukses, Pikiran untuk membuat EA lambat laun mulai pudar. itu mungkin juga pengaruh pemikiran dan pengalaman saya selama Trading yang kita semua tahu, belajar trading manual saja sulitnya setengah mati, apalagi harus belajar EA yang dibutuhkan program -program dan tentunya keahlian khusus dalam memahami programnya. :(
      Sampai sekarang ini juga, saya masih belum pernah melihat EA yang bisa menguasai segala jenis market.

      Jadi saya pikir lebih baik menguasai manual trading dari pada kita berangan-angan untuk “punya robot forex yg pintar cari uang”.
      Seperti Topik pada Artikel ini, yang intinya:
      Lebih baik kita bermimpi untuk hal yang wajar saja dan kemungkinan bisa kita Raih asalkan kita giat mempelajarinya, dari pada kita Berangan-Angan atau Bermimpi atas sesuatu yang untuk memahami bagamana cara membuat atau mengerjakannya dan dari mana awalnya saja kita belum mengerti. :)) Sama saja kita berharap pada sesuatu yang kosong :-D

      Tanpa EA pun asalkan kita menguasai manual trading, segala sesuatu yang dulunya cuma bisa kita mimpikan atau hanya bisa berhayal untuk didapatkan atau dibeli, pasti akan bisa kita dapatkan. :)

      jadi teringat artikel yang dulu menampilkan trader china yang bisa menghasilkan 8500% dalam waktu 5 hari
      http://www.fxclub.com/company-news/review2216/
      http://www.fxclub.com/company-news/review2227/

      Perlu kita ingat, profit di trading Forex tanpa batasan (Unlimited), jadi selagi jiwa dan raga kita masih sanggup untuk trading, profit/uang yang bisa kita hasilkan pun akan tetap kita mengalir seperti air sungai yang tak pernah berhenti mengalir.

      Usahakan tetap fokus dan berjalan lurus ke arah tujuan. (kata-kata Pak Anton)

      Dan cerita tentang dulu- dulu saya jadi ingat waktu Pak Anton sedang sibuk-sibuknya membuat EA sampai beribu-ribu EA yang sudah di Test dan setiap bulannya selalu ada EA baru yang di Tampilkan di Blog Andromeda, Tetapi kenapa Pak Anton sekarang tidak pernah menguji EA buatan sendiri lagi Pak?

      • Benar juga Pak Agus. Setelah saya pikir-pikir ternyata selama ini waktu habis dikarenakan terlalu banyak menulis artikel :(

        Dahulu saat masih di andromeda-trading.com, paling dalam 1-2 minggu hanya 1 buah artikel, sedangkan sekarang bisa 4-5 artikel tiap sabtu minggu. Mungkin ke depannya akan saya kurangi porsi menulis artikelnya dan lebih fokus pada pembuatan EA. Toh para pembaca situs ini sekarang sudah pintar-pintar :-D

      • irfansyah says:

        Iya Pak, benar, biar Pak Anton gak terlalu sibuk, kita2 kan belajar gratis!
        Lagipula materi petunjuknya udah lengkap banget kok Pak, hanya tinggal banyakin pengalaman aja dah, itu menurut saya, hehehe

      • agus marianto says:

        Lebih pintar dibandingkan dulu iya pak, tapi belum pintar sekali.. :))

        Kita juga tidak ingin nantinya karena demi membantu kami semua, Kepentingan Pak Anton sendiri jadi terabaikan,Padahal Tujuan Pak Anton membuat situs ini pada awalnya kan hanya untuk memantau perkembangan EA nya… :)

        Benar yang dikatakan Pak Irfansyah, Petunjuk yang diberikan Pak Anton sudah lengkap, malah bisa dibilah ‘Sangat Lengkap’.
        dan untuk pembaca yang baru bergabung kan tinggal membaca artikel yang dulu-dulu, Toh saya yakin apa yang ingin ditanyakan pasti tidak jauh beda dengan apa yang kami semua pernah tanyakan kepada Pak Anton dan jawaban dari semua kebingungan dan keingin tahuan yang mendalam tentang dunia forex juga sudah terjawab di situs ini, >:D<

        Jika kita perhatikan, yang sering berkomentar cuma itu itu saja orangnya, jadi dapat saya simpulkan, mungkin yang ingin ditanyakan oleh para pembaca yang baru mengenal situs ini, sudah terjawab ketika sudah membaca sebagian atau seluruh artikel-artikel yang ada disitus ini, jadi jika disuruh bertanya, malah bingung apa yang mau ditanyakan lagi… :))

      • Kembali ke cita-cita awal yah, Pak Anton.. :)

      • Benar Pak Aras, jam mengajarnya sudah habis, muridnya sudah pintar-pintar semua :))

  7. Kurniawan says:

    Impian saya memiliki EA buatan sendiri yg profitable [-O<

    Peace :)

  8. moch.samuti says:

    intinya apapun yg terjadi dalam diri kita itu bagian dari hidup, pakailah kendaraan sesuai aturan dan petunjuk dgn jelas dan hati2, pelan tapi pasti akan menuju sebuah tujuan…. manjadda wajadda (siapa yg bersungguh2 pasti akan mencicipi hasilnya) kalimat ulangan jadda tersebut dengan pengertian cape, lelah, tertipu, belajar, berjuang dsb… sehingga dia akan mampu bertahan dalam kondisi apapun walapun nyawa diujung tanduk, yg pada akhirnya menemukan sebuah arti kehidupan yang hakiki…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)