Trading Tanpa Modal

Trading Tanpa Modal

Posted by

Ternyata terdapat beberapa broker yang memberikan live account tanpa klien harus melakukan deposit dengan uangnya sendiri.

Hal ini saya ketahui berkat adanya informasi dari Pak Irfansyah, yang selalu rajin keliling internet untuk mencari hal-hal baru tentang forex trading. :)

Tentunya kita semua heran, buat apa broker memodali diri kita dengan gratis untuk melakukan live trading?

Tidak semua broker mampu melakukan hal ini, hanya broker yang berjenis market maker saja yang dapat melakukannya.

Seperti pernah dijelaskan dalam beberapa artikel, broker berjenis market maker disamping bertindak sebagai calo, juga bertindak sebagai penjual maupun pembeli (Broker Principle).

Meskipun klien diberikan modal gratis untuk melakukan live trading, broker tidak akan dirugikan apapun seandainya klien mengalami total loss. Hal ini dikarenakan saat melakukan live trading, klien akan melakukan penjualan atau pembelian hanya ke broker tersebut.

Ilustrasi sederhana, anggap saja Anda berkenalan dengan pedagang buah di pasar. Kemudian oleh pedagang tersebut Anda diberikan modal 100 ribu Rupiah tetapi dengan syarat boleh berdagang hanya dengan pedagang tersebut.

Anda kemudian membeli pepaya, mangga, pisang dari pedagang tersebut. Pada saat harga naik atau turun, Anda menjual kembali buah-buah tersebut kepada pedagang yang memberikan modal.

Kalau Anda mengalami total loss, sehingga modal 100 ribu Rupiah habis, si pedagang tidak dirugikan apapun dikarenakan uang 100 ribu Rupiah tersebut kembali ke kantong si pedagang. Yang rugi adalah Anda, yaitu rugi waktu dan tenaga karena melakukan sesuatu tetapi tidak menghasilkan apa-apa. :(

Sedangkan bila Anda memperoleh profit, si pedagang mensyaratkan bahwa profit tersebut hanya boleh Anda ambil (withdraw) setelah Anda membayar sejumlah komisi kepada si pedagang tersebut.

Dengan kata lain, kalau Anda berhasil profit, maka si pedagang pun turut diuntungkan karena adanya kewajiban membayar komisi kepadanya. Sederhananya, tanpa si pedagang harus repot-repot, Anda sudah sukarela bekerja mencarikan uang untuknya. :))

Bila tertarik, silahkan klik link dibawah ini dan pilih salah satu broker yang diminati:

 

 

Sebagai contoh adalah broker Lucror FX yang digunakan oleh Pak Irfansyah saat ini.

Broker ini memberikan welcome bonus sebesar $15. Kalau Anda mengalami total loss maka tidak diperkenankan mendaftarkan lagi sehingga tidak dapat memperoleh welcome bonus untuk kali yang kedua.

Sedangkan kalau Anda memperoleh profit, maka profit tersebut baru bisa dilakukan withdrawal bila:

    • jumlah lot yang ditradingkan sudah melebihi 7.5 standard lots
    • jumlah profit yang dikumpulkan telah mencapai lebih dari $30 akibat adanya onetime commission

Terlihat dari persyaratan diatas bahwa broker diuntungkan dari 2 hal yaitu:

    • spread, oleh karenanya disyaratkan harus melebihi 7.5 standard lots
    • onetime commission

Modal sebesar $15 tidak diperkenankan untuk di withdraw.

Misalkan Anda memperoleh profit sebesar $37, maka yang dapat di withdraw masuk ke kantong Anda hanyalah sebesar $7 dikarenakan modal sebesar $15 tidak dapat di withdraw dan adanya onetime commission sebesar $15.

Itupun kalau brokernya jujur yang tidak mempersulit withdrawal klien.

Kebanyakan broker seperti ini sulit untuk jujur, oleh karenanya selalu terdapat kalimat seperti ini: “Broker reserves the right to cancel bonuses from the accounts without giving any reasons and/or advance notice” :(

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai sarana berlatih.

Daripada keluar uang sendiri hanya karena penasaran ingin mencoba rasanya live trading, tentunya lebih baik memanfaatkan welcome bonus yang diberikan oleh broker-broker seperti ini.

Anda tidak dirugikan apapun, seandainya loss pun juga tidak masalah. Hanya rugi waktu dan tenaga, tetapi tetap saja tidak apa-apa, toh tujuannya untuk melatih diri.

Kalau nantinya Anda berhasil menghasilkan profit dengan konsisten, barulah mulai berpikir untuk menggunakan uang sendiri sebagai modalnya dan menggunakan broker yang lebih baik. :)

 

7 Comments

  1. Salam Kenal rekan2 ijin belajar bareng dengan pak guru anton

    • Kurniawan says:

      Makasih pak Inu. Cuma sangat disayangkan, hasil kita semua gak bisa nampang lagi di AyoTradeFX :(
      Pak guru kemana yah :-/ . Mudah2an cepat kembali lagi seperti dulu [-O<

    • “Trade what you see not what you think”

      Terdengar biasa saja saat pertama membacanya, namun setelah prediksi saya selalu salah tentang kemana arah harga kalimat ini seperti bercerita banyak daripada yang terbaca..

      Ayo Bapak2 semangat lagi ikut kontesnya, bagi saya ikut kontes seperti latihan di real accaunt, ada rasa kehilangan kalau kita kalah, tidak seperti latihan di demo, MC ya MC aja, tinggal buat lagi accaunt baru.

      Pak Anton sudah lama sekali tidak muncul, semoga tidak terjadi hal yang buruk pada pak Anton, semoga Pak Anton baik2 saja, amiin..

      • Kurniawan says:

        Doakan saja kalau pak Anton dikaruniai kesehatan dan kesabaran selalu. Mari kita ramai2 ikut partisipasi kontes FXCM. Bagi teman2 yg ikut, walaupun kali ini kita gak bisa numpang di Self Contest. Tetapi tidak ada salahnya apabila teman2 semua tetap semangat, supaya apabila pak Anton kembali nanti beliau bisa senang dan bangga terhadap kita semua yg tetap semangat demi mancapai tujuan. Amin

        Salam :)

  2. irfansyah says:

    Lumayan Pak buat melatih disiplin,,moga2 aja bisa bertahan profit sampe 1 bulan,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)