IB – Introducing Broker

IB – Introducing Broker

Posted by

Pak Anton

Terima Kasih penjelasan langkah-langkah buka account di Vantagefx, tapi setelah sy pikir sy rada takut juga soalnya Bp buka IBnya tadinya biar sama-sama untung dan bila ada masalah dikemudian hari sy bisa minta tolong Bp menjebatani dgn pihak broker.

Mohon maaf sy tdk jadi buka account disana.
Terimakasih banyak Bp sudah menjelaskannya.
Sakali lagi sy mohon maaf.

Rizki – comments

 


 

Oleh karena masih terdapat yang belum paham benar perihal pengertian apa itu yang dinamakan IB atau kepanjangan dari Introducing Broker maka dibuatlah artikel ini. Meskipun sebenarnya artikel ini adalah pengulangan dari artikel lama dibawah ini:

Hal ini dilakukan karena sepertinya kebanyakan pembaca lebih menyukai membaca artikel-artikel baru yang terpampang di halaman depan daripada browsing membuka-buka artikel lama :)

IB sebenarnya hanyalah sekedar tenaga marketing dari sebuah broker.

Akan tetapi banyak yang salah mempersepsikan sehingga menganggap bahwa IB adalah perwakilan broker yang mampu bertanggung jawab penuh bila timbul masalah.

Oleh karena sekedar tenaga marketing, IB pada umumnya adalah perorangan dan tidak memiliki kantor resmi.

Mereka tugasnya mencari klien, hampir sama seperti agen asuransi. Bedanya kalau agen asuransi bekerja di perusahaan asuransi, sedangkan IB bekerja di broker.

Dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang ini, jangan heran bila sebuah broker yang berlokasi di USA memiliki ribuan IB yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Tugas IB hanya satu yaitu mencari klien sebanyak mungkin dimana nantinya untuk tiap klien baru yang berhasil didapat maka sebagai balas jasanya akan diberikan komisi oleh pihak broker.

Oleh karena tujuannya untuk mendapat komisi sebanyak mungkin, maka IB akan cenderung mempromosikan broker yang diwakilinya dengan berbagai cara.

Tidak peduli baik atau buruk broker yang diwakilinya, pada tiap calon klien yang ditemuinya maka si IB akan selalu berusaha membaik-baikkan broker tersebut agar dapat membuat calon klien tertarik.

Namanya juga promosi, tentunya yang diomongkan hanya yang baik-baik saja supaya menjadi lebih menarik :))

Tugas IB biasanya dianggap selesai saat telah berhasil mendapat klien baru.

Setelahnya klien akan berhubungan langsung dengan broker dan bukan dengan IB lagi. Transfer deposit dilakukan langsung ke rekening broker dan bukan ke rekening IB.

Justru berhati-hatilah bila si IB meminta agar Anda mentransfer deposit ke rekening pribadinya dan bukan langsung ke rekening broker :)

Bila ada permasalahan teknis maupun non teknis maka urusannya langsung ditangani broker. Si IB hanyalah sekedar membantu menjembatani klien dan broker. Tetapi keputusan sepenuhnya berada di tangan broker, IB tidak dapat berbuat apa-apa dikarenakan hanyalah sekedar tenaga lepas yang tugasnya mencari klien.

Seandainya terjadi kondisi terburuk seperti broker yang diwakilinya kabur membawa seluruh uang deposit klien, IB pun tidak dapat berbuat apa-apa.

Bagaimana Anda dapat menuntut seorang IB untuk bertanggung jawab, toh Anda melakukan transfer deposit bukan ke rekening IB tetapi langsung ke rekening broker?

Contoh sederhana yang mudah dicerna, misalkan Anda menabung di sebuah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dikarenakan tertarik dengan iming-iming promosi yang ditawarkan oleh tenaga marketing BPR tersebut yang cantik jelita :)

Bila BPR tersebut kemudian bangkrut karena seluruh dana nasabah digelapkan oleh direkturnya, masa Anda menuntut si gadis marketing :))

Tentunya tidak bisa bukan? Karena secara hukum, yang terikat dengan kewajiban untuk mengembalikan uang Anda adalah pihak BPR dan bukan karyawannya.

Seperti itulah gambaran sederhana perihal IB.

Meskipun kebanyakan IB broker adalah perorangan, tetapi saat ini di Indonesia sudah terdapat beberapa IB yang berbentuk badan hukum (perusahaan).

IB berbentuk badan hukum beroperasi dengan cara yang sedikit berbeda dengan yang berbentuk perorangan. Bila IB perorangan mendapat komisi saat berhasil mendapatkan klien baru, maka IB badan hukum mendapatkan 2 buah komisi yaitu komisi saat berhasil mendapat klien baru dan komisi dari selisih spread.

Sebagai contoh seperti ini, misalkan terdapat sebuah broker di USA dan saya ingin menjadi IB-nya di Indonesia. Maka yang saya lakukan adalah mendirikan sebuah PT, menyewa gedung kantor, dan memperkerjakan tenaga marketing sebanyak mungkin.

Nantinya bila terdapat klien baru mendaftarkan diri dan mulai melakukan trading maka oleh server broker di USA secara otomatis spread klien tersebut akan ditinggikan beberapa pip. Selisih pip tersebut adalah penghasilan komisi hak saya. Sehingga saya akan memiliki 2 penghasilan yaitu komisi saat klien baru mendaftarkan diri dan komisi dari selisih spread tiap kali si klien melakukan trading.

Oleh karenanya, saya tidak pernah tertarik menggunakan broker lokal. Kalau bisa mendaftar langsung ke broker di luar negeri, kenapa juga harus menggunakan IB lokal yang nantinya berakibat spread menjadi lebih mahal. :)

Karena itu tiap kali menjawab email atau menjelaskan perihal broker kepada para pembaca situs ini, saya selalu menyatakan bahwa “saya bukanlah IB dari broker manapun, baik GoMarkets maupun VantageFX”.

Padahal maksud sebenarnya dari kalimat diatas adalah sama saja dengan seperti ini: “saya bukanlah tenaga marketing dari broker manapun” :))

Tetapi sepertinya oleh Pak Rizki kalimat tersebut disalahartikan, tidak apa-apa kok Pak Rizki, saya maklum :)

Yang perlu dipahami, resiko deposit hilang dibawa kabur broker bukanlah terletak pada ada atau tidaknya IB. Yang benar, adalah tergantung kepada baik atau buruknya broker tersebut.

Lucunya, justru fakta menunjukkan broker yang buruk lebih memiliki banyak IB.

Hal ini dikarenakan siapapun boleh menjadi IB tanpa ada persyaratan yang ketat. Sebuah strategi cukup baik dikarenakan dengan memiliki banyak IB tentunya keburukannya akan tertutupi. Yang awam akan menganggap broker tersebut baik dikarenakan hanya mendengar promosi yang didengungkan oleh banyak IB.

Oleh karena saya bukan IB atau “tenaga marketing” dari broker manapun maka yang saya lakukan disini sifatnya bukan promosi berusaha membaik-baikkan sebuah broker tertentu.

Apa yang dinyatakan disini adalah apa adanya, kalau broker tersebut jelek akan saya katakan jelek.

Tidak ada untungnya merekomendasikan sebuah broker buruk yang nantinya berujung kepada banyak complain dan akhirnya dapat merusak reputasi, hanya demi mengejar komisi yang jumlahnya tidak seberapa.

Karena itu, merekomendasikan broker di situs ini hanyalah untuk tujuan sekedar membantu semata.

Bila para pembaca membaca artikel-artikel lama maka akan diketahui bahwa sebelum menentukan GoMarkets dan VantageFX sebagai broker pilihan saya pribadi, proses yang saya lakukan cukup panjang dimana terlebih dahulu melakukan uji coba demo trading dalam waktu bersamaan di puluhan broker.

Hasil trading tersebut kemudian dibandingkan, broker yang mampu memberikan hasil profit terbesar, loss terkecil, dan eksekusi yang cepat adalah broker yang dipilih. Hal ini dikarenakan kalau broker tersebut memiliki spread atau komisi yang lebih mahal maka profit yang dihasilkan akan lebih kecil atau loss yang terjadi akan lebih besar daripada broker lainnya.

Hanya saja, saya memiliki keyakinan bahwa pemilihan sebuah broker adalah tergantung kepada selera masing-masing.

Meskipun sebelum dipilih telah saya lakukan uji coba pengujian pembandingan dengan puluhan broker lainnya, meskipun telah saya yakinkan dan konfirmasi ulang bahwa broker tersebut baik dan aman, tetapi kadang kala ada saja yang merasa tidak sependapat atau merasa tidak cocok.

Hal ini sangatlah wajar, kita semua memiliki selera berbeda.

Contoh yang paling saya ingat adalah broker FXClearing dimana sekitar setahun yang sudah saya sarankan untuk dihindari dikarenakan lokasinya “mencurigakan” yaitu berada di negara kecil yang bernama Belize (saya yakin para pembaca pun juga tidak tahu dimana lokasi negara ini :)) ).

Ternyata benar, setahun setelah artikel tersebut ditulis, terdapat seorang pembaca yang complain dikarenakan dananya tidak dapat dicairkan.

Silahkan membacanya disini: Belize.

Karena itu, Anda tidak harus mengikuti broker pilihan saya pribadi. Silahkan saja gunakan broker apapun sesuai selera masing-masing :)

Artikel broker di situs ini hanyalah sekedar menunjukkan kepada Anda, broker mana yang baik menurut pendapat saya, yang belum tentu cocok dengan pendapat Anda.

Seandainya tidak sependapat dengan saya pun tidak apa-apa, toh nantinya bila broker yang digunakan ternyata buruk, yang kehilangan uang juga bukan saya :))

12 Comments

  1. Gin Gin Abdurahman says:

    Hari Ini Saya mulai menyadari akan broker curang,,Saya tertarik dengan Vantage FX pak Anton.

    Salam

    Gin

  2. bumidjava says:

    pak saya mau buka akun kalau pak anton lebih recom gomarkets ato vantagefx, trus alasanya apa? mathur suwum

  3. bumidjava says:

    salam kenal pak anton
    sy buka akun di go markets tp blm di terima tidak thu knapa( sy tidak bgitu paham bhasa inggris) apa disamping mngirmkan scan ktp dan sim harus ada copyan yang dilegalisir juga? mhon pncerahannya pak, mathurnuwn

    • Salam kenal juga Pak Bumi. Saran saya sebaiknya mencari teman yang paham berbahasa Inggris sehingga diketahui lebih pasti letak masalahnya dimana. Bila masih belum jelas maka lakukan live chat, customer service broker tersebut seharusnya membantu menyelesaikan kesulitan dan permasalahan yang dihadapi oleh Pak Bumi. Bukan saya dikarenakan saya bukanlah IB dari broker tersebut.

      Sengaja saya menyarankan seperti ini demi kebaikan Pak Bumi sendiri.

      Kalau di awal mendaftar saja Pak Bumi sudah merasa kesulitan dengan bahasa Inggrisnya, apalagi nanti saat ada masalah. Tentunya akan lebih repot lagi karena dana sudah terlanjur masuk ke broker. Oleh karenanya, silahkan lakukan saja saran diatas sehingga sejak awal Pak Bumi sudah terbiasa menyelesaikan masalah sendiri langsung ke customer support broker.

  4. Memang benar Pak Anton broker yg sy gunakan spreadnya barusan sy bandingkan dgn vantagefx bisa beda sampai 5 poin barusan sy scalpingan diharga yg sama hasilnya memang beda,tapi klw eksekusi lumayan cepat,Pak klw forex.com sama interbankfx jujur ga,apakah mereka market maker.Terimakasih.

  5. Trading di Ducascopy starting $100 klw bisa micro account itu baru oke.

  6. bambang says:

    Selamat malam Pak Anton,

    Mohon maaf Pak Anton mungkin IB yang Bpk maksudkan disini adalah Introducing Broker karena sepengetahuan saya dalam dunia forex IB itu bisa berarti Introducing Broker sedangkan yg lainnya berarti Interractive Broker LLC, sebuah broker Class ECN berpusat di USA, itu yang saya tahu lho Pak Anton maaf jika saya salah mengartikan.

    Saya sering bertanya dalam hati kenapa trader handal seperti Pak Anton lebih menyukai broker klas STP dan bukannya ECN seperti Interactive Broker ??? Apakah karena merekapun sebenarnya Market Maker juga Pak ?

    Kenapa ya Pak Anton tidak pernah membahas tentang broker klas DMA? Jadi kita bisa punya banyak pilihan kan Pak.

    Mohon maaf jika saya terlalu banyak bertanya hal-hal yang kurang penting Pak Anton. Tx

    Keep the spirit for fighting not the fighting for spirit. Jayalah nusantara & GOD BLESS YOU all.

    • Benar, Pak Bambang. Terima kasih atas koreksinya, dikarenakan kemarin maupun hari ini mengarang banyak artikel sekaligus, sampai-sampai kepanjangan IB menjadi salah :))

      Pernah saya tulis pada artikel terdahulu (saya sendiri sampai lupa judul artikelnya), meskipun sebuah broker mengatakan berjenis ECN tetapi jangan percayai sebelum dilakukan pengujian lebih lanjut. Saat ini broker yang dulunya berjenis market maker, beramai-ramai mempromosikan dirinya sebagai ECN sehingga menyesatkan yang masih awam. Sebagai contohnya adalah Al*** dan berbagai broker lainnya. Interactive Broker pun sama, sejak lama dikenal sebagai market maker.

      True ECN broker yang populer di dunia forex trading hanya satu yaitu Ducascopy. Sayangnya pada saat dahulu saya melakukan pengujian pembandingan broker, Ducascopy belum menyediakan platform Metatrader dan hanya menggunakan platform Java. Selain itu, diperlukan modal yang cukup besar agar dapat sepenuhnya memanfaatkan kelebihan Ducascopy sebagai ECN broker yaitu spread-nya sangat kecil.

      Silahkan saja bertanya sebanyak mungkin bila terdapat hal yang belum jelas, tujuan situs ini memang untuk tempat belajar dan tempat bertanya :)

      • Pak Anton, mohon reviewnya ttg broker Dukascopy Europe. Disana kita bisa trading dengan modal minimal USD 100, dan ada platform MT4 juga. Terimakasih..

      • Pak Benny, akan saya pelajari Ducascopy terlebih dahulu. Bila sudah, nanti akan saya tulis pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)