Broker Principle

Broker Principle

Posted by
This entry is part 8 of 8 in the series Brokers Tricks

Seperti kita semua ketahui, untuk memperoleh profit dari trading dibutuhkan 2 hal yaitu:

    • keahlian yang memadai
    • broker yang baik dan jujur

Seahli apapun Anda bila tidak didukung dengan broker yang baik maka hasilnya profit yang diperoleh akan menjadi lebih kecil atau mengalami lebih banyak loss akibat kecurangan yang dilakukan broker.

Sebaliknya, sejujur dan sebaik apapun broker yang digunakan bila tidak didukung dengan keahlian maka hasilnya adalah loss melulu atau bahkan MC.

Kedua hal diatas saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Pada minggu ini terdapat beberapa pertanyaan dari pembaca yang sepertinya masih kurang paham perihal broker. Oleh karenanya dirasa perlu untuk dibuat artikel ini demi lebih memperjelas perihal broker.

Hal pertama yang perlu dipahami adalah masalah istilah yaitu:

    • scam broker
    • regulated broker

Scam broker atau broker penipu adalah broker yang biasanya berlokasi di Tax Haven Countries (Virgin Island, Cayman Islands, Mauritius, Cyprus, dll – wikipedia). Mereka sengaja memilih lokasi di negara-negara tersebut dikarenakan sistem hukum dan pengawasan otoritas yang tidak ketat.

Biasanya yang dilakukan pada broker seperti ini adalah mempersulit penarikan dana (withdrawal) dengan berbagai alasan. Bila terjadi complain maka broker tetap bebas berlenggang kangkung dikarenakan tidak ada hukum yang ketat.

Meskipun demikian, tidak perlu terlalu khawatir dengan scam broker dikarenakan sekarang ini sudah nyaris tidak ada.

Justru yang perlu diwaspadai adalah kecurangan broker yang dilakukan dengan cara-cara yang lebih canggih, yang tidak sekasar cara scam broker.

 


 

Pak Anton,

Bagaimana mengenai broker FX Open ECN Account Menurut pendapat Bapak?

Minimal Deposit: USD 1,000
Leverage: 1:500
Min.Lot: 0.1 Lot
komisi sekitar 0.5 – 0.7 pips per round trade
Regulation: FXOpen NZ Limited is regulated by FSP New Zealand, License Number FSP192685, FXOpen AU Pty Ltd is regulated by ASIC Australia, license number 412871
Deposit: Local Deposit melalui bank di Indonesia
PAMM Account: Tersedia
Spread: bisa di cek di myfxbook.com (FX Open ECN) – termasuk yang paling rendah dibandingkan broker2 lain

Terima kasih

Salam,
Win – comment

 


 

Berbeda dengan regulated broker, broker berjenis ini biasanya berlokasi di negara-negara maju yang memiliki sistem hukum ketat seperti di US, Inggris, Australia, New Zealand, dll.

Definisi dari regulated broker adalah broker yang telah resmi terdaftar di bawah pengawasan otoritas negara setempat. Seperti dalam komentar Pak Win diatas, regulated hanyalah berarti resmi terdaftar di negara tersebut.

Regulated broker tidaklah melakukan penipuan seperti layaknya scam broker yang mempersulit withdrawal. Hal ini dikarenakan kalau sampai terjadi complain dari klien maka otoritas pengawas negara tersebut akan bertindak keras dikarenakan adanya sistem hukum yang ketat.

Meskipun telah regulated, tetapi tidak sepenuhnya menjamin kejujurannya :-D

Regulated broker hanyalah memiliki arti bahwa Anda dapat menarik dana dengan mudah dan tidak dipersulit.

Pada regulated broker, cara yang digunakan tidaklah sekasar scam broker. Cara-cara yang dilakukannya “lebih canggih” sehingga Anda pun sampai-sampai tidak merasa kalau sudah dicurangi oleh broker. :))

Mereka melakukan kecurangan bukan dengan cara mempersulit withdrawal yang kasar, yang dapat membuat Anda langsung marah dan kesal, tetapi mengakali trading yang Anda lakukan agar hasilnya selalu loss.

Dengan demikian, Anda akan merasa bahwa kehilangan uang bukan karena brokernya, tetapi karena salah Anda sendiri. Padahal sebenarnya karena diam-diam telah dicurangi broker.

Salah satu contoh kecurangan adalah seperti ini:

 


 

Selamat malam pak Anton dan teman-teman semuanya.

Pada hari ini saya mengalami kejadian sbb:

Seperti biasanya apabila ada high impact saya selalu pasang pending order sell stop dan buy stop.

Kali ini karena kebetulan ada beberapa high impact yg melibatkan GU dan EU. Sekitar 1 menit sebelum news GU release terjadi kenaikan harga di EU, kemudian seperti yg kita semua ketahui, ternyata harga langsung turun.

Nah tiba-tiba SL saya terpicu padahal pada saat tersebut harga masih selisih 100 point (5 digit) karena StopLoss belum berwarna merah.

Kejadian anehnya adalah setelah SL saya kena spike, seharusnya Sell Stop saya kena hit juga. Akan tetapi ini tidak begitu pak. Tiba-tiba saja order Sell Stop nya seperti di cancel pak.

Untungnya saya sedang melihat monitor, maka saya langsung open Sell yah ada sih selisih 35 point.

Coba kalau pada saat tersebut saya tidak OL?

Yang mau saya bagikan disini buat teman-teman pembaca adalah hati-hati sama kejadian tersebut diatas terutama yang menyangkut broker market maker.

Saya menggunakan broker FXO****ax pada account real.

Salam Profit Selalu buat teman-teman semuanya :)

Kurniawan – comment

 


 

Nah, sangat canggih khan :)

Seperti diketahui, terdapat 2 jenis broker dalam forex trading (Market Maker & ECN Broker) yaitu:

    • market maker
    • STP/ECN

Definisi broker adalah pihak yang bertindak sebagai calo atau perantara, yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Broker market maker disamping bertindak sebagai calo, juga bertindak sebagai penjual maupun pembeli.

Misalnya, seorang trader membeli EURUSD (pembeli) maka oleh broker market maker :

    • dicarikan diantara trader lainnya yang terdaftar di broker tersebut apakah terdapat yang menjual di harga yang diinginkan oleh pembeli
    • bila tidak ketemu, maka broker menjual EURUSD di harga yang diinginkan pembeli

Sedangkan pada broker STP/ECN adalah sebagai berikut:

    • dicarikan diantara trader lainnya yang terdaftar di broker tersebut apakah terdapat yang menjual di harga yang diinginkan oleh pembeli
    • bila tidak ketemu, maka bank rekanan broker (liquidity provider/LP) yang menjual EURUSD di harga yang diinginkan pembeli

Terlihat dari ilustrasi diatas bahwa:

    • broker market maker bertindak sebagai calo maupun penjual/pembeli
    • broker STP/ECN hanya bertindak sebagai calo, penjual/pembelinya adalah trader yang lain atau bank rekanan (liquidity provider)

Sehingga akibatnya:

    • broker market maker memiliki 2 kepentingan yaitu spread (bila bertindak sebagai calo) dan profit (bila bertindak sebagai penjual/pembeli)
    • broker STP/ECN hanya memiliki 1 kepentingan yaitu spread karena hanya bertindak sebagai calo

Broker market maker selalu berada di posisi yang berlawanan dengan tradernya.

Bila si trader menjual maka akan dibeli oleh broker di harga yang paling menguntungkan. Bila si trader ingin membeli maka broker akan menjual di harga yang paling menguntungkan. Sehingga broker market maker selalu berada di posisi yang melawan tradernya sendiri.

Akibat adanya kepentingan untuk memperoleh profit (yang sama dengan kepentingan tradernya), maka broker market maker cenderung bertindak curang. Apapun akan dilakukannya agar dapat membeli atau menjual di harga yang paling menguntungkan demi memperoleh profit.

Itulah alasan kenapa pada broker market maker cenderung lebih banyak melakukan kecurangan.

Untuk mengetahui apakah broker tersebut market maker atau bukan, caranya mudah.

Bila broker tersebut benar-benar STP/ECN murni maka yang ditawarkan hanyalah satu jenis account saja, yaitu account STP/ECN. Seperti halnya VantageFX, Pepperstone, atau GoMarkets.

Sedangkan bila broker tersebut:

    • tidak menawarkan account STP/ECN, hanya account micro atau standard
    • menawarkan account-account lain (micro, standard, dll), tetapi juga menawarkan account STP/ECN

maka broker ini adalah berjenis market maker.

Contohnya adalah dalam komentar Pak Win diatas, FXOpen yang selama ini dikenal sebagai broker berjenis market maker, saat ini juga menawarkan ECN account. Hal ini tidak terjadi di FXOpen saja, tetapi juga termasuk Alpari yang menawarkan ECN account dengan nama “Pro Account”.

Saat ini kecenderungan broker market maker mulai beralih beramai-ramai menawarkan account STP/ECN.

Menawarkan account STP/ECN sangatlah menguntungkan dikarenakan trend saat ini para trader cenderung memilih untuk menggunakan account ini. Dikarenakan terdapat persepsi diantara para trader bahwa account STP/ECN memberikan spread yang lebih rendah dan lebih transparan dikarenakan adanya eksternal liquidity provider.

Inilah alasan kenapa saat ini broker market maker mulai beramai-ramai menawarkan account STP/ECN.

Padahal meskipun account tersebut berlabel STP/ECN, curangnya tetap sama saja dikarenakan hal ini hanyalah sekedar “label” saja demi tujuan menarik lebih banyak klien. :))

Oleh karenanya, agar menjadi lebih menarik, maka spread pun sengaja dibuat sangat rendah.

Seperti telah dijelaskan diatas, bukan keuntungan spread yang menjadi tujuan utama para broker market maker, tetapi profit yang diperoleh yang berasal dari loss yang dialami oleh para tradernya.

Sehingga spread direndahkan pun tidak masalah, toh nanti akan diperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dari loss yang dialami oleh para tradernya. :))

Salah satu contohnya adalah dibawah ini:

 


 

On 05.16.2012, I made a profit of 43.405 USD trading on FXOPEN ECN platform. However, by end of the trading day, all my profit was removed from my account and from my account history. Nevertheless, I was carefull enough, so I made screenshots all of my trades, and I saved my trade logs as well.

It is funny, they deleted all my profitable trades, yet they left behind the loosing ones.

How ironic it is!

So after I realized what happened to my money and account, I contacted FXOPEN. Needless to say what happened next. Nothing. Contedted them many, many times. No phone call, no reply back to my emails. Only one vague respones from Natalia Zakharova on 05.17.2012. saying: Dear Norbert, We will investigate this and get back to you.Kind regards,Natalia Zakharova. Since then, they ignore me as plaque.

Please see my attached proofs and vote FXOPEN as SCAM.

I guess my stroy is not unusuall in this business, and it is also a warning to all of you to use reliable brokers.
Last but not least, guys, could you suggest me what to do? Could you suggest me legal ways to get my money?

Thanks for all your help and suggestion!
Norbert

Forex Peace Army – Fxopen scam – see my proofs

 


 

Meskipun istilah yang digunakan kurang tepat, yaitu seharusnya digunakan kata TRICKS dan bukan SCAM, tetapi hal diatas membuktikan bahwa ECN account pada broker market maker hanyalah sekedar “label” belaka, curangnya tetap sama.

Pada kejadian diatas seluruh profit dari hasil trading pada tanggal 05.16.2012 dihapus seluruhnya oleh broker dan yang loss malah tidak dihapus.

Parah broker seperti ini :))

Setelah membaca posting-posting yang ada, broker beralasan bahwa profit tersebut adalah palsu dikarenakan harga yang diberikan oleh liquidity provider (LP) ternyata juga palsu.

Lucu sekali, bukankah LP adalah rekanannya broker?

Nah, kalau rekanan memberikan harga palsu tentunya yang seharusnya bertanggung jawab adalah brokernya. Tetapi dalam kejadian ini, justru broker maunya menang sendiri, yang dirugikan malah tradernya dengan profitnya dihapus begitu saja.

Secara logika, tidak mungkin terjadi adanya harga palsu yang masuk ke trading platform. Broker seharusnya sudah melakukan filtering terlebih dahulu sehingga harga yang masuk ke trading platform adalah harga yang benar-benar terjadi.

Kok bisa harga palsu masuk ke dalam trading platform?

Dengan kejadian ini, mungkin saja tidak ada yang namanya Liquidity Provider.

Meskipun dinamakan ECN account tetapi sebenarnya yang melakukan jual beli adalah brokernya sendiri dan sama sekali tidak ada liquidity provider. Harga palsu pun sengaja dimasukkan ke platform dengan tujuan agar tradernya loss.

Tetapi yang terjadi ternyata kebalikannya, justru ada trader yang profit besar. Akhirnya, daripada rugi banyak, hapus saja deh data tradingnya. :-P

ECN account hanyalah sekedar “label” belaka, tetapi sistem yang digunakan tetap sama saja yaitu sistem market maker dimana broker yang bertindak sebagai calo sekaligus sebagai penjual/pembeli.

Kecurangan pada broker market maker tidak hanya sekedar seperti yang dialami oleh Pak Kurniawan atau profit dihapus seperti kejadian diatas, broker pun seringkali “memainkan” spread maupun slipage.

Spread tiba-tiba melebar adalah kejadian yang biasa terjadi di broker market maker. Tetapi hal ini tidaklah canggih dikarenakan trader yang teliti akan langsung tahu kalau spread tiba-tiba meninggi dan akan membatalkan melakukan trading sampai spread normal kembali.

Yang lebih canggih adalah “memainkan” slipage sehingga trader yang tidak teliti tidak akan merasa bahwa telah dicurangi broker.

Slipage adalah toleransi pip antara harga yang diinginkan dengan harga yang terjadi.

Sebagai contoh, seorang trader ingin membeli EURUSD di harga 1.24450 dengan setting slipage adalah 2 pip.

Bila setelah klik mouse dilakukan dan data diterima oleh server broker, harga masih berkisar antara 1.24430 (selisih minus 2 pip dari harga yang diinginkan) sampai 1.24470 (selisih positif 2 pip dari harga yang diinginkan), maka order akan tereksekusi.

Sebaliknya bila harga dibawah 1.24430 atau diatas 1.24470, maka order tidak dapat dilakukan dikarenakan harga telah melebihi batas toleransi slipage 2 pip.

Nah, bagaimana bila batas toleransi tersebut “dihilangkan” oleh broker?

Akibatnya, meskipun harga melebihi yang diinginkan maka order tetap tereksekusi.

Tentunya kalau hal ini terjadi, profit menjadi lebih kecil dari yang seharusnya atau malah loss yang akan dialami dikarenakan harga sudah bergerak terlalu tinggi dari yang diinginkan.

Baru-baru ini hasil audit NFA menemukan FXDD melakukan kecurangan ini dimana batas toleransi slipage sengaja “dihilangkan” oleh FXDD. Dan profit dari hasil kecurangan ini ternyata sangatlah besar:

 

 

Silahkan dibaca disini hasil audit NFA tersebut: NFA hits FXDD with multiple charges including asymmetric slippage, fine will cost it over $3.5m.

Akhir kata, semoga artikel dapat membantu para pembaca agar menjadi lebih bijaksana dalam memilih broker dan juga agar dapat menjadi lebih pintar sehingga tidak mudah dicurangi oleh brokernya sendiri. :)

 

Series Navigation<< About Broker

18 Comments

  1. edi ismanto says:

    Pagi Master, Saya mau tanya gainscope dan fxcitizen recomended ngga.
    Terus kalu di goMarkets untuk buat akun dia minta fc Passport, passsport saya kebetulan sudah kadaluarsa (7 tahun). Kira-kira dia mau nerima ngga ya.
    Terima kasih

    • Salam Kenal Pak Edi,
      Untuk gainscope dan fxcitizen saya belum pernah coba, kalau Gomarket saya dulu daftar dengan KTP dan surat legalisir sudah cukup.
      Surat legalisir tidak harus dari Notaris, bisa juga dari Kantor Kelurahan,Kantor kepolisian,atau dari Pak RT juga bisa. :-D
      Kebetulan saya punya teman di kepolisian, jadi lebih mudah untuk minta tanda tangan dan cap kepolisian.. :)
      Contohnya yang kemarin saya gunakan seperti gambar di bawah,
      Sebelumnya Mohon Maaf kalau ID saya sensor..

  2. Hi Pak Anton,

    mau tanya, kalau buka account vantage pro mll Pak Anton, apakah kita tetap dapat bonus 10%?

    Terima Kasih,
    Win

    • Beberapa bulan lalu, bonus tersebut masih dapat diperoleh. Akan tetapi dikarenakan setelahnya tidak ada lagi yang mendaftarkan diri, maka saya tidak tahu apakah program bonus tersebut masih berjalan. Harus dikonfirmasi ulang ke pihak VantageFX untuk lebih memastikannya.

  3. mysmartfx, di virgin island gimana ya pak,?selama ini WD masih lancar.

  4. Selamat malam Pak Anton..
    Sesuai janji saya..berikut link saya untuk ikut self contest kesempatn kedua. Mohon maaf agak terlambat, karena baru ada kerjaan offline yang menguras waktu….
    http://www.myfxbook.com/members/PrinceFx/ayo-mahfudtrade-contest/352945

  5. Kurniawan says:

    Malam pak Anton.
    Saya ketemu: http://www.lmax.com/trading-tech/api-trading
    Katanya teknologi trading baru, bukan market marker bukan pula ECN.
    Kalau sempat tolong reviewnya yah pak :-D . Artikel juga boleh kok [-O<
    Terima Kasih sebelumnya.

    Salam, :)

    • Bukan teknologi trading baru, sudah lama. Beberapa tahun lalu saya sudah mengetahuinya. :-D

      Prinsipnya, broker ini disamping menjadi broker juga berjualan software (API – application programing interface). API adalah jembatan penghubung antara software yang kita buat sendiri dengan trading platform milik broker. Jembatan inilah yang dijual oleh broker (Thereafter, API access is charged at $60 per calendar month). Pangsa pasarnya bukanlah perorangan seperti kita-kita ini, tetapi corporate yang berkeinginan membangun trading platform sendiri.

      Dengan menggunakan API maka kita dapat membuat terminal sendiri (baca: membuat MT4 sendiri atau membuat web based trading interface seperti yang digunakan oleh Oanda). Selain itu, kita juga bisa membuat EA sendiri tanpa menggantungkan pada MT4. Tentunya EA buatan sendiri tersebut akan bekerja lebih cepat dikarenakan tidak memerlukan bantuan terminal apapun seperti EA pada MT4.

      Hanya saja, untuk membuat EA seperti ini, akan sangat sulit karena memerlukan keahlian pemprograman yang tinggi, perlu waktu lama, dan memerlukan tim programmer. Membuat EA dengan hanya bermodalkan API tidaklah sesederhana membuat EA di MT4, semuanya harus dibangun dari nol (build from scratch). :(

  6. Terima kasih atas jawaban nya pak

    jadi menurut pendapat dan pengalaman Pak Anton, sekarang ini broker terbaik adalah Vantage Fx?

    Terima kasih
    Win

  7. Slippage di waktu trading forex pasti terjadi biasanya klw ada news high impact pending order kita tdk kesentuh soalnya harga yg kita pesan melesat dgn cepat,jadi tdk mungkin kita bisa order diharga yg kita minta ,sy rasa FXDD masih tergolong broker yg jujur dan bisa dipercaya. :)

  8. Kurniawan says:

    Terima Kasih atas artikelnya pak =D>

    Sangat disayangkan, padahal strategi marketing mereka sangat menarik lho pak.
    Semoga artikel tersebut dapat membantu sesama trader Indonesia, karena setahu saya banyak anggotanya trader dari Indonesia. ;)

    Salam :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)