3 Days Review: AyoTradeFX Trading Contest

3 Days Review: AyoTradeFX Trading Contest

Posted by

Setelah melihat hasil trading contest selama 3 hari ini dan kemudian membaca komentar Pak Mardiyanto maupun Pak Suparmana, saya menjadi geli sendiri :)

Kita ini, baik saya maupun para seluruh pembaca, dapat diibaratkan seperti sekelompok orang yang baru saja tiba di terminal bus sebuah kota yang sama sekali belum dikenal. Setelah turun dari bus dan istirahat sejenak, kita semua berdebat dan saling ngotot perihal hotel mana yang terbaik sekaligus termurah untuk dapat digunakan menginap bagi kita semua.

Saya sendiri ngotot mengatakan bahwa hotel yang terbaik bernama VantageFX. Pak Mardiyanto ngotot kalau yang terbaik adalah GoMarkets. Pak Suparmana pun demikian dan mengatakan bahwa hotel yang terbaik adalah IBFX. Akhirnya waktu terbuang lama dikarenakan kita saling ngotot sendiri perihal hotel mana yang terbaik untuk menginap.

Padahal, kita ini masih di terminal bus dimana jarak menuju hotel masih sangat jauh :))

Atau perumpamaan lain, kita ini ibarat sama-sama cebol yang berdebat sendiri perihal enaknya naik gajah. Padahal kita semua tidak tahu bagaimana caranya agar bisa naik gajah, khan kita semua cebol. Pak Mardiyanto hanya bisa naik sampai kaki gajah dan setelahnya jatuh. Demikian pula Pak Suparmana yang hanya bisa naik sampai dengkul gajah dan kemudian jatuh.

Kalau dipikir-pikir lagi, menjadi sangat menggelikan dan konyol, kenapa juga selama ini kita buang waktu berdebat sendiri perihal hotel atau gajah?

Lebih baik kita gunakan waktu untuk berjalan menuju ke tengah kota dimana jarak hotel sudah dekat. Atau gunakan waktu untuk memikirkan bagaimana caranya agar gajah tersebut bisa kita naikin.

Nantinya bila sudah berada di tengah kota atau sudah berhasil naik ke punggung gajah, barulah kita berdebat lagi perihal hotel atau gajah mana yang nyaman dan nikmat :)

Sebagai gambaran, trading contest ini meskipun dibatasi hanya untuk 50 orang tetapi kenyataannya sampai dengan hari ini hanya diikuti oleh 40 peserta, sedangkan 10 peserta lainnya sampai dengan hari ini belum juga melakukan trading. Belum 3 hari berlangsung, sudah 13 orang peserta atau 32,5% dinyatakan gagal karena mengalami loss lebih dari 50% modal.

Dengan menggunakan perhitungan Pak Mardiyanto dimana dalam 1 hari harus mampu profit 15%, maka dikarenakan hari ini adalah awal dari hari ketiga, seharusnya peserta sudah berhasil memperoleh profit diatas 30%.

Faktanya, pada hari ketiga ini hanya 4 orang saja yang berhasil memperoleh profit diatas 30% yaitu Pak Rizki Hedi Kusumah (+151.61%), Pak Johan (+92.8%), Pak Agus Marianto (+35.0%), dan Pak Subagiyo Abimanyu (+33.81%). Sedangkan peserta lainnya berada dibawah target.

Hasil diataslah yang membuat saya geli sendiri, ngapain juga selama ini kita pusing-pusing membahas soal broker mana yang baik, wong trading saja masih banyak yang belum benerĀ  :-P

Tujuan situs ini sejak awal adalah sebagai tempat untuk belajar forex trading agar nantinya dapat tercipta para trader yang professional. Sudah ratusan artikel yang ditulis di situs ini perihal bagaimana caranya agar dapat melakukan trading dengan baik.

Hanya saja, berbeda dengan sekolah-sekolah konvensional dimana menuntut kehadiran rutin tiap murid, di situs ini tidak dituntut kehadiran rutin. Pembelajaran dilakukan secara mandiri berdasarkan minat dan kemauan. Bila memiliki minat besar dan kemauan tinggi, tentunya akan berprestasi.

Trading contest ini dapat diibaratkan seperti halnya sebuah ujian untuk mengevaluasi bagaimana hasil pembelajaran yang selama ini diberikan. Hasilnya lumayan, dikarenakan 3 orang pembaca yang selalu rajin bertanya dan berkomentar telah berhasil mendapatkan nilai tertinggi yaitu Pak Rizki Hedi Kusumah (+151.61%), Pak Agus Marianto (+35.0%), dan Pak Subagiyo Abimanyu (+33.81%).

Sedangkan untuk Pak Johan (+92.8%) dikarenakan tidak pernah bertanya atau berkomentar, maka saya tidak tahu apakah beliau ini sejak lama pembaca setia situs ini atau baru saja mengenal situs ini. Mohon informasinya, Pak Johan :)

Nah, yang mengejutkan adalah prestasi Pak Samuti (-26.08%) dan Pak Mahadi (-4.19%). Seperti kita ketahui semua, Pak Samuti dan Pak Mahadi adalah pembaca setia situs ini sejak awal dahulu dan paling sering berkomentar atau bertanya :)

Hanya saja, kok prestasinya jeblok. Jangan-jangan malas belajar ya :)

Setelah melihat “nilai” keduanya, ternyata bukan akibat malas belajar dikarenakan akurasinya sudah cukup baik yaitu keduanya sekitar 70%. Sudah bagus dan tinggal dipoles sedikit lagi agar dapat menjadi konsisten profit nantinya.

Yang kurang dari keduanya hanyalah nyali :)

Meskipun akurasi Pak Samuti maupun Pak Mahadi cukup baik dan juga telah disiplin dengan SL, tetapi cenderung terlalu cepat exit. Akibatnya meskipun SL hanya sekitar 15 – 20 pip tetapi dikarenakan TP-nya selalu lebih kecil daripada SL maka secara perlahan-lahan modal menjadi tergerus. Hal inilah yang mengakibatkan nilai keduanya jeblok.

Saran untuk Pak Samuti maupun Pak Mahadi, perbesar nyali yang ada dalam diri dan jangan cepat grogi kalau dalam posisi profit. Justru yang benar itu, cepat grogi kalau dalam posisi loss dikarenakan dapat cepat exit dan dapat menjaga loss tetap minimal. Kalau cepat grogi dan takut kalau dalam posisi profit, ya akibatnya seperti saat ini, nilai jeblok.

Seperti kata bijak, “let your profit run”. Biarkan profit mencapai setinggi langit, baru kemudian exit. Jangan terburu-buru exit kalau profit masih sebesar tauge :)

Bagaimana caranya?

Hafalkan pola-pola perubahan arah trend atau retrace sesuai yang ditunjukkan oleh trading system yang Pak Samuti atau Pak Mahadi gunakan. Bila hafal, maka akan diketahui kapan saat yang tepat untuk exit. Dari perolehan saat ini, sudah terlihat jelas bahwa Pak Samuti maupun Pak Mahadi tidak tahu kapan untuk exit yang benar dan cenderung hanya mengikuti rasa grogi serta takut :)

Menanggapi permasalahan Pak Mardiyanto kemarin, terlihat bahwa nilai perolehan Pak Mardiyanto cukup baik. Saat ini Pak Mardiyanto memiliki prestasi menengah, yaitu diatas Pak Samuti maupun Pak Mahadi, bahkan diatas Pak Irfansyah. Yang perlu Pak Mardiyanto lakukan hanyalah memoles sedikit lagi agar di kemudian hari mampu memperoleh laba fantastis.

Belajar ilmu apapun dapat diperumpakan seperti sebuah perjalanan. Melangkah setapak demi setapak sampai nantinya sampai tujuan. Saat ini tapak kaki Pak Mardiyanto masih berada di kilometer 20% sebulan. Nanti secara perlahan-lahan akhirnya Pak Mardiyanto dapat mencapai kilometer 1000% per bulan dengan syarat tidak pernah lelah dan tidak pernah berhenti untuk terus menapak melanjutkan perjalanan.

Perlu juga dipahami, mungkin satu-satunya trading contest yang memiliki aturan sangat ketat adalah trading contest ini.

Trading contest ini tidak bekerja sama dengan broker manapun sehingga tidak ditujukan untuk mempromosikan broker tertentu. Trading contest ini lebih ditujukan untuk menciptakan para trader yang hebat dimana nantinya mampu konsisten profit, dan profitnya pun tidak asal profit, tetapi fantastis.

Untuk dapat menjadi yang hebat, tentunya ujiannya pun harus berat. Mana ada ingin jadi hebat tetapi ujiannya enteng :))

Tujuan Anda semua bukanlah mengejar hadiah, tetapi mengejar kemampuan diri. Kalau kemampuan diri hebat, tentunya otomatis hadiah pun akan diperoleh. Hanya saja yang perlu diingat, hadih sebesar USD 100 tersebut tidak ada artinya dan tidak sebanding dengan kemampuan yang diperoleh selama mengikuti trading contest ini.

Seperti dalam kisah perwayangan, trading contest ini dapat diibaratkan menggodok Anda semua dalam kawah Candradimuka agar nantinya bila mampu lolos dari ujian ini maka Anda akan menjadi sakti mandraguna. Jangankan hanya USD 100, jutaan kali lipat dari jumlah tersebut akan dapat diperoleh dengan mudah berkat kemampuan yang dimiliki.

Coba Anda semua pikir, bila nantinya mampu menjadi trader professional, bukankah Anda seperti layaknya mesin ATM. Hanya perlu duduk sebentar di depan monitor untuk melihat chart dan melakukan trading, setelahnya beberapa juta Rupiah langsung masuk rekening. Anda tidak lagi harus bekerja dan disuruh-suruh oleh boss, Anda bebas merdeka dikarenakan tidak perlu lagi memikirkan masalah keuangan. Buat apa pusing memikirkan uang, toh tiap saat Anda mampu mencetaknya sendiri :)

Bila hal itu nantinya terjadi, mohon jangan lupakan saya. Yang saya minta sangatlah sederhana, mohon doakan saya tiap kali Anda berdoa atau melakukan sholat :)

Dikarenakan saya sangat meyakini bahwa doa orang lain yang dilakukan dengan tulus ikhlas lebih didengar oleh Tuhan daripada doa sendiri. Apalagi doa seseorang yang merasa telah mendapatkan banyak manfaat dari jerih payah yang saya lakukan, tentunya suara doanya akan lebih nyaring lagi sehingga lebih cepat didengar oleh Tuhan.

Bukannya saya ingin cepat dipanggil Tuhan, tetapi selama masih hidup tentunya lebih baik bila selalu berusaha membantu sesama. Doa yang diberikan oleh yang merasa terbantu, tentu akan menjadi pondasi dan tiang-tiang yang kokoh untuk rumah saya nantinya bila suatu hari nanti harus “pindah” menuju kesana. Doa yang diberikan akan jauh lebih abadi daripada saya menarik bayaran dari para pembaca atas ilmu yang diberikan di situs ini :)

Kembali pada hasil trading contest ini, terlihat bahwa prestasi sebagian besar peserta adalah “parah”. Semoga para peserta yang hasilnya masih jeblok dapat sadar diri dan tidak terburu-buru melakukan live trading. Dikarenakan percuma saja, kalau trading di demo saja masih parah seperti ini, apalagi bila memaksakan diri untuk live trading. Yang senang justru broker dikarenakan dapat mengeruk uang dari kantong Anda dengan mudahnya.

Perbaiki terlebih dahulu kemampuan dan barulah terjun ke live trading bila telah benar-benar konsisten profit.

Sebagai patokan, rata-rata hasil trading contest adalah sekitar 15 s.d. 25 kali dalam sebulan atau 1500% – 2500% profit. Gunakan patokan tersebut untuk menguji kemampuan diri. Tidaklah perlu harus seperti itu, tetapi cukup mampu 10 kali atau 1000% profit dalam sebulan.

Gunakan demo account terlebih dahulu untuk menguji diri sampai mampu memperoleh 1000% profit tersebut. Bila telah mampu, barulah pindah ke live trading. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan bila Anda mampu memperoleh profit sefantastis itu, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda telah benar-benar paham dan hafal seluruh pergerakan market.

Disamping itu, penggunaan waktu sebulan jug sangat penting agar diperoleh konsistensi serta kemampuan menjaga modal agar tetap aman. Banyak trader yang tidak mampu menjaga modalnya untuk jangka panjang. Sebagaimana kita lihat bersama kemarin, Pak Tugiyana tidak sampai 2 hari telah mampu meraih profit 75% tetapi setelahnya loss dan modal amblas. Itulah gunanya waktu sebulan, agar kemampuan pengendalian diri timbul sehingga menjadikan lebih waspada dan berhati-hati.

Oleh karenanya Pak Mardiyanto maupun Pak Suparmana, kalau di demo trading saja sudah merasa sulit, bagaimana nanti kalau di live trading. Berusahalah memperoleh profit sefantastis mungkin saat melakukan demo trading, sehingga nantinya saat melakukan live trading sudah merasa lebih mudah.

Itulah tujuan trading contest ini, yang dikejar bukan hadiahnya tetapi manfaatnya untuk Anda sekalian.

25 Comments

  1. Wah kalau kontes ini diulang kembali saya sangat setuja sekali…hehehe
    Eh iya pak Anton saya punya usul bagaimana kalau rule tradingnya diubah atau diperketat, lagian selama tiga hari ini saja peserta yang gugur sudah hampir 20 org (termasuk saya…T.T). Terima Kasih

  2. Salam Profit Pak Anton.Bila peserta lain telah setuju saya juga setuju Pak.Tidak apa2 diulang biar peserta kontes yang lain diberi kesempatan mendapat pengalaman dan pembelajaran yang luar biasa.Terimakasih Pak Anton dengan diadakan acara ini.Trading Contest ini sangat bermakna buat saya dan peserta trading kontes lainnya.TX

  3. Pak anton yang dimulyakan oleh Alloh, saya samuti dalam hal ini merasa geli membaca posting pa anton hari ini, saya belajar trading sudah berkali-kali selama 6 bulan, dan baru disiplin SL itupun ilmu dari pa Anton, untuk Masalah TP bukan masaah target yang saya kejar, saya ikut trading contes ini adalah tujuannya mencari sistem trading gaya saya sendiri, yang menjadi persoalan adalah dihati ini merasa uang $100 adalah milik investor yang perlu saya jaga walapun saya sekarang Loss 20%, saya sudah menemukan kunci dari itu semua dan untuk saat ini saya tidak mengejar target sesuai yang ditentukan pa Anton, tapi saya memikirkan supaya balik modal dulu, jadi saya sangat hati2, saya tidak jadi pemenang tidak masalah, yang terpenting disini saya mendapatkan banyak hikmah yg belum pernah saya temukan selama ini dalam bertrading… insya alloh target sebanyak $300 tercapai walaupun tidak mungkin tapi akan saya buat mungkin… Do’akan pa Anton dan kutunggu selalu nasihatnya…

  4. Pak Rizki, mohon pendapatnya.

    Agar adil, yang berhak melakukan voting hanya 3 orang peringkat teratas pada malam ini dikarenakan mereka yang paling dirugikan bila kontes ini di reset.

    3 orang tersebut adalah Pak Rizki, Pak Johan, dan Pak Agus Marianto.

    Saat ini Pak Johan maupun Pak Agus Marianto telah setuju, tinggal kita tunggu pendapat Pak Rizki.

  5. Pak Agus adalah orang kedua yang mengusulkan untuk segera diadakan trading contest berikutnya. Yang pertama usul adalah Pak David Silalahi.

    Memang benar yang Pak Agus katakan, dikarenakan sangat banyak yang berguguran maka trading contest ini akhirnya tidak menantang dikarenakan pesaing sudah sedikit.

    Sebenarnya bukan tergantung saya sendiri, tetapi tergantung pada para peserta yang masih bertahan.

    Toh kontes diselenggarakan untuk kita sendiri dan tidak tergantung pada broker apapun. Sehingga aturannya pun tergantung kesepakatan kita bersama.

    Hanya saja, tentunya sangat tidak adil bila masuknya peserta baru pada saat kontes tengah berlangsung dikarenakan mereka pasti merasa kalah start.

    Sehingga satu-satunya pilihan yang adil adalah me-reset ulang trading contest ini dan kemudian melakukan pendaftaran baru. Anggap saja kontes ini hanyalah sebagai pemanasan saja dan kontes sebenarnya baru nanti.

    Peserta yang sudah gugur seperti Pak Sukandar, Pak Suparmana, dan yang lainnya saya rasa cenderung setuju, daripada menunggu lama untuk berlatih.

    Nah, problemnya apakah peserta yang masih bertahan setuju akan hal ini :)

    Siapa tahu diantara peserta tersebut terdapat yang sedang mengejar hadiah dan merasa sayang bila harus mengulang dari awal :)

    Silahkan voting saja diantara para peserta yang masih bertahan, suara terbanyaklah yang akan saya ikuti.

    • agus marianto says:

      Saya setuju saja pak, saya merasa tidak masalah jika harus di ulang dari awal. tergantung juga kepada peserta lain. :)

    • Saya juga tidak keberatan Pak…kalau pribadi saya, ini sebagai ajang untuk beralatih…demo tapi dengan psikologis real…

    • wah seru tuh kalau ada kontes lagi dengan peraturan yang minimal sama.
      sekedar usul pak, kalau ada kontes lagi mohon ganti broker krn malam ini (rabu 18 jan 2012 jam 9 WIB) saya mulai coba lagi MT4 Go dengan akun baru untuk mencoba mengikuti kontes secara diam2 (utk pribadi), tapi saya malah kena “konteks sibuk” berkali-kali.
      saya merasa senang kontes disini karena sama2 orang indonesia dan juga di review (bahasa halus dari disentil oleh pak anton hehehe…)
      saya menunggu kontes selanjutnya yah pak … :)

    • kl saya usul pak..biarlah trading yg pertama ini berjalan apa adanya..kita tetap konsiten sampe selesai tahap pertama apapun hasilnya jangan direset …usulan saya bs dibuat trading contest mirrornya..artinya ada dua group..bs jadi nanti masih ada babak kedua sebelum live trading..jd pemenangnya benar2 trader yg mampu bertahan lama tetap konsisten profit,lagian kemenangan 1 bulan belum bs dijadikan patokan kesuksesan trader..bs jd 1 bulan pertama tradingnya masih konsisten..tp bulan kedua mulai kacau..menurut saya trader sukses bukan hanya berapa besar profit yg didapat tp gimana caranya bs konsisten profit pada bulan2 selanjutnya..dari pengalaman banyak yg tidak konsisten pada bulan2 berikutnya..jd pemenangnya bener2 yg layak maju kebabak real account..bukan karena “nasib”masih mampu konsisten di bulan pertama

    • Kalau untuk broker, saya prefer kepada broker yang lama. karena selama saya trade demo, hanya broker ini yang ga pernah no connection. maaf bukan promosi ya…saya juga baru kenal broker ini.

  6. Walah, Pak Agus bisa saja.

    Sebenarnya menyebut dengan sebutan “Pak” bukanlah masalah formal atau tidak formal, tetapi agar diantara kita terjadi saling menghargai dan menghormati :)

  7. Wah, baru sekarang saya tahu wajah asli Pak Agus Marianto :)

    Ternyata masih sangat muda, jujur saja sebelumnya saya pikir sudah diatas 50 tahun dikarenakan bahasa yang digunakan sangat santun.

    Terima kasih atas pujian maupun doanya, Pak Agus.

    • agus marianto says:

      Waduh,,masa’ 50th pak, :)) saya baru 21thn,

      Mohon Maaf Pak Anton [-O<
      Dikarenakan dari awal saya juga tidak menyebutkan umur.
      Sebelumnya saya juga merasa sangat sungkan saat Pak Anton menulis artikel kiriman pertanyaan dari saya dengan panggilan 'Pak Agus', karena saya merasa jauh lebih muda dari Pak Anton.
      Tetapi setelah dipikir ternyata jika saya minta Pak Anton untuk tidak manggil saya dengan sebutan "pak" mungkin kelihatannya lebih tidak formal dalam penulisan, masa' Di sebuah Blog yang tentunya di baca oleh banyak orang, Panggilannya 'Nak Agus' atau hanya dipanggil nama 'Agus', tambah lucu jadinya+janggal :-P jadi saya pikir dibiarkan sajalah, toh apalah arti sebutan, yang penting kita semua disinni bisa saling menghargai dan mengormati ^:)^

  8. agus marianto says:

    Oh Iya Pak Anton, setelah berjalan 3 hari ternyata yang gagal sudah 17,sempat tadi kepikiran kok rasanya pesertanya kurang ya… :(
    soalnya dalam 3 hari sisa peserta tinggal 33 orang,apakah mungkin pak anton memberikan kesempatan bagi trader lain mengikuti contest ini?
    terutama bagi trader yang kemarin tidak kebagian tempat karena peserta sudah mencapai 50 orang.
    Tetapi ini hanya sekedar usul saja pak, mungkin pak anton bisa pertimbangkan,jika tidak bulan ini mungkin untuk bulan berikutnya,.
    karena saya berfikir juga sisi negatifnya,jika pak anton membuka pendaftaran lagi, nanti takutnya ada yang complaint kalau pak panitia penyelenggara tidak konsisten dalam melakukan Rules Trading Contest ini. :-D

  9. agus marianto says:

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pak anton, karena telah bersedia mereview trading contest ini, tapi saya tidak menyangka ternyata review trading di update setiap hari,awalnya saya mengira cuma seminggu sekali :)
    memang pak anton ini selalu bisa tampil Beda. ^:)^
    Dengan adanya review seperti ini, maka kami semua disini merasa sangat terbantu sekali karena kami bisa merasakan adanya bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman dibidang trading. Tidak seperti trading contest lainnya, dimana cuma bisa saling adu jago trading dan umumnya yang didapat hanya kalah menang saja, bagi yang bisa menang memang akan bergembira karena dapat hadiah,tapi yang kalah hanya akan mendapat kesal karena perjuangannya tidak membuahkan hasil. Hanya pengalaman dan capek saja yang didapat :(
    Berbeda halnya dengan contest ini,dimana kami merasa terbantu dengan adanya pak anton yang bisa mereview trading result para contestan,kalah menang masih tetap mendapat ilmu. apalagi para pembaca setia blog ini pasti tahu kalau pak anton ini orangnya sangat teliti,yang saya pikir punya kelebihan dibidang kejelian,hal yang sangat detail pun masih saja bisa kelihatan :)
    Terima kasih pak Anton, semoga Tuhan selalu memberkati dan melindungi pak anton.

  10. irfansyah says:

    Yah mohon maklum pak, masih pemula dan saya juga lagi masa percobaan longterm. Kalo longterm lbh puas kalo kena TP ato SL jadi jelas benar salahnya, sedangkan scalping kaya emosi semata karena gerakan cepat, kalo menurut saya pas nekuni ,,karena longterm makanya saya jarang cek plg 1-2 jam skali baru cek, kalo diliatin trus hawanya mau close aja, walaupun profit atau loss dkit sprti kmarin2, padahl sbnarny bs trcapai. Jadi gak puaslah kalo TP atau SL gk kena, walaupun sbnarnya trading adalah mencari profit, tapi secara pribadi ada yg kurang kalo TP atau SL gk kena karna itukan mencerminkan kemampuan analisa kita walaupun di dunia trading tidak ada yang pasti. Demikian Pak Ary, terima kasih atas nasehatnya.

  11. Pak Ngadirin, nanti bila sudah lama menggeluti bidang ini maka akan paham sendiri bahwa yang utama bukanlah trading system, tetapi kemampuan diri sendiri untuk memahami system tersebut.

    Sistem apapun yang digunakan pasti akan mampu menghasilkan profit.

    Ibaratkan sistem tersebut seperti halnya istri.

    Secantik apapun istri, sesantun apapun istri, sesabar apapun istri, tetap saja tidak akan pernah membuat bahagia diri kita bila yang kita lihat hanyalah kekurangannya yang berakibat akhirnya tidak mampu memahami maupun menghargai kelebihan atau upaya istri.

    Yang diubah agar mampu bahagia (profit), bukanlah istri (system), tetapi kemampuan diri kita sendiri untuk lebih menghargai dan memahaminya.

    Selama yang terjadi masih membandingkan-bandingkan istri (system) dengan yang lain (seperti Pak Ngadirin lakukan saat ini :) ), maka akan berakibat semakin panjang juga jalan menuju kebahagiaan (profit) :)

    Trading sebenarnya sama saja dengan kehidupan yang Pak Ngadirin jalani sehari-hari, banyak kebijaksanaan yang dapat diperoleh darinya :)

  12. selamat sore Pak Anton, semenjak saya menemukan Web ini, saya langsung terpesona karenanya he he . . .terutama dengan bimbingan dari Pak Anton yang dengan bahasa yang enak dan santun. mengenai contest ini kadangkala saya jd minder lihat hasil tetangga sebelah yang bisa mendapatkan hasil yang sangat fantastis, dalam hati saya bertanya gimana sistemnya ko bisa gitu, saya mohon kepada Pak Anton sudilah kiranya memberikan bimbingan pada kami agar kami bisa menjadi Trader yang sukses, makasih Pak Anton . . . .

  13. Pak Mahadi, lebih baik merasa berat sekarang bukan daripada merasa berat saat live trading?

    Dari hal ini saja dapat disimpulkan bahwa Pak Mahadi maupun Pak Samuti masih belum siap untuk live trading dikarenakan psikologinya belum stabil. Di kontes ini saja masih grogi apalagi di live trading :)

    Manfaatkan waktu tersisa selama kontes ini untuk mematangkan psikologi tersebut.

  14. Pak Irfansyah, waktu tersisa untuk contest ini masih panjang, masih ada segudang kesempatan untuk mengejar ketertinggalan.

  15. irfansyah says:

    jadi malu,
    hasilnya jelek sendiri, hihihi.

  16. Benar penilaian Pak Anton, saya grogi banget.. :) mungkin pertama kali ikut kontes trading. Akibat grogi rencana yang tersusun jadi kacau, padahal di acc demo lainnya profit. Rasanya ada beban yang besar, secara psikologi saya tidak lulus try out. Pelajaran yang berharga sudah saya peroleh dari kontes ini, terima kasih Pak Anton atas sharing ilmunya. :)

  17. Itulah salah satu alasan trading contest ini harus melalui 2 tahap, dengan tujuan untuk menguji kedisiplinan sekaligus konsistensi.

    Selama 3 hari ini, hanya 1 kesalahan Pak Johan yaitu SL sampai 31 pip. Sudah sangat baik sekali. Yang penting, jangan sering-sering saja seperti itu :)

    Perlakukan trading contest ini seperti halnya live trading dikarenakan sama saja dampaknya, kalau mengalami loss besar maka akan dianggap gagal dan tidak akan ada lagi account baru sebagai penggantinya.

    Hanya saja, keuntungannya tidak rugi apapun dikarenakan modalnya bukan uang sendiri, malah akan mendapatkan pengalaman baru agar dapat lebih disiplin dan konsisten.

    • Terimakasih Pak Anton atas reviewnya….yang kemarin saya kasih SL karena mau saya tinggal kerja,Biasanya saya lebih senang locking atau cut loss.

      tapi tetap saya noted karena pagi itu saya entri tanpa analisa terlebih dahulu.

  18. Amin…tapi saya masih blm ada apa2nya Pak…saya masih dalam tahap belajar, selama ini kendala saya hanya 1 Pak. tidak mematuhi rule system sendiri…tapi semoga tahun ini saya bisa menguasai semua kekurangan itu.

    contest ini saya buat seolah-olah trading real saya Pak, karena saat ini saya masih trading demo.

  19. Siang pak Anton
    saya ngk tau profesi bapak yg sebenarnya..tp kok masih sempat2nya nulis sebanyak itu (diatas)dengan alur tulisan yg enak di baca..salut sekali buat bapak…
    tidak banyak org yg bisa menyampaikan sesuatu dalam bentuk tulisan apalagi nyaman di baca buat org lain.
    saya selama ini termasuk pembaca pasif waktu masih belum pindah ke web ini (ayotradefx.com) banyak ilmu yg saya dapat,baru sekali nulis koment ya kemarin itu setelah jd peserta contest :)
    di sini saya akui sampe saat ini review2 bapak tentang broker benar2 independen,di blog lain kl ada pertanyaan2..ujung2 kita di arahkan ke website IB forex, punya dia juga :)

  20. Walah, Pak Johan sih tidak perlu bimbingan lagi.

    Trading style-nya sangat bagus, selalu disiplin dan tidak mau ambil resiko dengan segera exit saat arah berubah walau harus profit atau loss kecil.

    Sudah sangat bagus Pak Johan, semoga konsistensi dan disiplin selalu terjaga sehingga nantinya dapat menjadi juara trading contest ini :)

  21. Pak Mardiyanto, terima kasih atas pujiannya.

    Kalau saya tidak sempat nulis dan memberikan bimbingan bagi para pembaca semua, terus siapa lagi?

    Oleh karenanya, sesibuk apapun selalu saya sempatkan menulis untuk situs ini walau tidak panjang.

  22. Emang benar Pak Anton, saya adalah pembaca baru website ini….mohon bimbingan Pak Anton untuk saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)