1 Days Review: Trading Contest 2

1 Days Review: Trading Contest 2

Posted by

Trading contest kali ini diikuti oleh lebih banyak peserta, yaitu 54 orang. Pada hari pertama, disamping masih terdapat 22 pserta yang belum melakukan trading, juga sudah terdapat 6 peserta yang mengalami margin call dan modalnya sudah tipis.

Padahal, tidak lagi digunakan EA Pengawas dan trading contest ini pun baru dimulai tadi pagi :(

Hanya dalam hitungan jam, modal sejumlah $100 menjadi kurang dari separuhnya. Bahkan 3 orang peserta memiliki modal hanya tinggal $12.

Nah, dengan modal sesedikit itu, bagaimana caranya dapat melakukan recovery loss yang sudah terjadi. Yang pasti, sudah tidak mungkin dilakukan lagi sehingga akhirnya loss menjadi tetap loss dan tidak akan dapat lagi kembali.

Perlu dipahami bahwa dalam trading contest ini digunakan leverage 1:500.

Leverage tersebut akan menjadi “racun” yang dapat seketika mematikan account apabila dikombinasikan dengan digunakan lot besar dan juga dengan tidak disiplin dengan SL. Apabila ketiga faktor tersebut dilakukan secara bersamaan maka nasib account akan menjadi habis dalam waktu singkat.

Akan tetapi, penggunaan leverage besar dapat menjadi “madu” yang berlimpah apabila disamping disiplin SL, juga entry yang dilakukan tepat. Seperti halnya Pak Abduh Salam dan Pak Agus Marianto, hanya dalam waktu beberapa jam saja sudah berhasil profit lebih dari 100%. Meskipun demikian, Pak Abduh Salam juga mengalami tidak disiplin SL dikarenakan salah entry pada AU yyang terjadi tadi pagi masih juga belum di close sampai sore ini.

Hanya saja dikarenakan salah entry tersebut menggunakan lot kecil dan kemudian setelahnya digunakan lot besar untuk entry yang tepat, maka floating loss di AU tidaklah terlalu berpengaruh pada account Pak Abduh Salam dikarenakan tertutup oleh profit yang telah berhasil diperoleh.

Perlu diingat, bila digunakan leverage besar dan ditambah dengan digunakan lot besar, maka aspek yang harus dipegang teguh apabila yang terjadi tidak sesuai harapan adalah dilakukan SL saat sudah melewati batas toleransi. Bila pada saat entry sudah berniat SL 20 pip maka lakukanlah tanpa pikir panjang dan jangan segan-segan saat sudah terjadi.

SL, meskipun dampaknya menyakitkan, tetapi hal tersebut lebih baik daripada tidak sama sekali. SL sebenarnya adalah penghematan, meskipun modal tergerus akibat dilakukan SL tetapi hanyalah sedikit dan masih tersisa banyak untuk nantinya dapat melakukan recovery.

Pernah menonton film action yang bertema pembunuh bayaran professional? Atau menonton balap motor / mobil professional?

Tentunya semuanya pernah menonton. Nah, coba kita pikir bersama kenapa disebut sebagai professional?

Dikarenakan mereka tidak memiliki perasaan atau emosi apapun.

Pembunuh professional akan mematikan perasaan kasihan yang dimilikinya, kalau memang harus dibunuh ya bunuh saja. Sedangkan pembalap professional, mematikan perasaan takutnya. Setajam apapun belokannya, maka dia akan lakukan tanpa perasaan takut sedikitpun.

Coba perhatikan film pembunuh bayaran, kenapa mereka gagal dan akhirnya tewas. Pada umumnya dikarenakan tidak disiplin dengan aturan yang dibuatnya sendiri. Biasanya si pembunuh tersebut terbunuh oleh yang dahulunya dikasihaninya. Coba kalau pembalap takut belok, tentunya akibatnya akan lebih parah dikarenakan dia akan menabrak dinding beton sirkuit.

Nah, kita semua ini adalah trader forex dan tidak perlu melakukan hal-hal sadis seperti dalam film pembunuh bayaran.

Kenapa kok sulit banget sich bertindak sadis kepada yang namanya SL?

Dengan SL saja sudah sulit, bagaimana bisa menjadi pembunuh bayaran professional  :-P

Yang salah apabila terjadi loss, bukanlah trading system. Yang salah ya diri sendiri, itulah kenapa trading itu sangat sulit. Dikarenakan yang dilawan bukanlah market atau chart, tetapi rasa takut dan serakah (fear & greed) yang ada di dalam diri sendiri.

Bagi yang mengalami margin call dan modal habis, bila masih berminat untuk berlatih dalam trading contest ini, silahkan mengisi formulir pendaftaran agar dibuatkan account baru lagi.

Dalam hal ini, Pak Samuti sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan account baru, silahkan bila ingin menyusul Pak Samuti.

6 Comments

  1. irfansyah says:

    Keep playing till the end of the time
    without hope anything.
    The biggest pips earning is my target now,,

  2. Leverage tersebut akan menjadi “racun” yang dapat seketika mematikan account apabila dikombinasikan dengan digunakan lot besar dan juga dengan tidak disiplin dengan SL. Apabila ketiga faktor tersebut dilakukan secara bersamaan maka nasib account akan menjadi habis dalam waktu singkat.<<(betul Pak Anton) OP sy AU sudah disikapi dengan baik. Pasar/market bergerak sesuai keinginan market sy hanya beraksi karena hal itu, selebihnya teknik. Terima Kasih sudah mantau :)

  3. wah, masih seperti yoyo pak… “hati-hati” obat yang musti saya cari ya pak…

    klo tadi nurutin bini (tidur) :-D gak bakal kaya yoyo nih… :-D tetap semangat temans………

  4. iya pa anton tapi saya coba lagi dengan sisa modal yang ada…. BIASAKAN SL SL SL….. 8->

  5. kontes trader memang selalu bikin napsu. setiap ngeliat trader lain, selalu berusaha ingin mengungguli.
    barangkali itu sebabnya para broker sering mengadakan kontes supaya pada napsu dan akhirnya amblassssssss….. hehehe….

  6. irfansyah says:

    Gk nyangka Pak jdny ky gn
    apa gra2 kmakan omongan gak mau partisipasi,,jadi bener2 gak partisipasi,,
    terima kasih Pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)