Trading System Terpopuler

Trading System Terpopuler

Posted by

 

Pak Anton, Pak Irfansyah,Pak Agus atw teman2 trader lainnya bisa tolong kasih solusi buat dapat 30 pip sehari atow minimal bisa dapat 10 pip sehari jali lagi butuh trading sistem yg bisa kasih 10 pip aja.TKS.

Jali – submitted on 2014/05/11 at 17:48

 


 

Dalam melakukan trading, tentunya dibutuhkan sebuah trading system yang handal agar trading yang dilakukan dapat lebih terkontrol, dapat diperoleh profit, dan modal tetap dalam posisi aman.

Umumnya bagi yang baru belajar akan merasa kesulitan dalam menentukan mana trading system yang baik untuk digunakan. Banyak macam trading system tersebar di berbagai situs maupun berbagai forum, kalau dihitung-hitung jumlahnya mungkin bisa mencapai ribuan yang tersebar di internet.

Nah, jadi bingung khan mau pilih yang mana?

Akhirnya asal pilih saja, yang penting khan namanya trading system. Toh nanti kalau setelah dicoba-coba sendiri akan diketahui memang benar-benar handal atau tidak.

Kalau Anda berpikir seperti ini maka yang Anda lakukan hanyalah buang waktu belaka. Bayangkan bila untuk sebuah trading system diperlukan waktu 3 hari untuk mencobanya. Nah, berapa ribu hari yang Anda perlukan untuk mencoba seluruh trading system yang ada di internet yang jumlahnya mencapai ribuan. :-D

Tentunya lebih efisien dan lebih hemat waktu kalau pilih hanya satu trading system, kemudian fokus dan tekun berlatih menggunakannya.

Tetapi yang mana yang harus dipilih?

Seperti dalam kehidupan sehari-hari, prinsip dasar dalam memilih sesuatu yang baik untuk digunakan untuk diri kita sendiri adalah menggunakan sesuatu yang banyak digunakan oleh orang lain.

Logikanya, semakin banyak orang yang menggunakan produk tersebut berarti produk tersebut adalah produk handal.

Karena kalau sampai terdapat cacat atau kelemahan didalamnya pasti sudah diketahui terlebih dahulu oleh orang lain yang menggunakannya sebelum digunakan oleh diri kita. Tentunya kalau cacat atau kelemahan tersebut sangat fatal maka produk tersebut akan ditinggalkan dan tidak ada lagi yang mau menggunakannya.

Kalau produk tersebut masih juga tetap digunakan dan tetap populer sampai saat ini meski sudah bertahun-tahun lamanya sejak pertama kali diluncurkan maka berarti produk tersebut memang benar-benar terbukti sangat handal.

Contoh sederhana, search engine Google. Kenapa hampir seluruh pengguna internet menggunakannya saat ini dan meninggalkan Yahoo yang pernah populer beberapa tahun lalu?

Karena Google jauh lebih handal daripada Yahoo, oleh karena itu saat ini digunakan oleh sebagian besar pengguna internet dunia dan berhasil menggeser posisi Yahoo.

Demikian pula dengan trading system, pilihlah yang populer, yaitu yang digunakan oleh banyak trader. Kalau banyak yang menggunakannya, maka sudah pasti trading system tersebut sangat handal.

Kalau trading system handal tersebut telah dipilih, kemudian mencoba digunakan, tetapi ternyata hasilnya mengalami loss berkali-kali, maka sudah jelas yang salah bukan trading system-nya tetapi diri Anda sendiri. :)

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Pak Mis dibawah ini:

 


 

ayolah pak Jali ubah mindsetnya kalau ingin sukses di bidang ini. tidak ada indikator sakti, tidak ada orang yang sakti, tidak ada $ yang terus mengalir, kalau pak jali masih berfikir hanya uang uang uang uang dan uang. Trading itu bukan soal uang pak jali, tapi soal mengendalikan diri sendiri.

Mis – submitted on 2014/05/13 at 20:22 | In reply to Jali

 


 

Perlu dipahami bahwa trading system, yang bentuknya dapat berupa menggunakan price action atau menggunakan indikator, hanyalah sekedar alat bantu.

Namun karena kita semua yang tinggal di negeri ini sejak kecil telah dipengaruhi oleh cerita persilatan maupun cerita mistis, maka akhirnya timbul persepsi yang salah di kepala kita semua sehingga beranggapan bahwa yang namanya alat bantu haruslah benda sakti. :-D

Coba saja baca cerita persilatan, sang jagoan selalu menang dalam setiap perkelahian karena berbekal pedang sakti. Penyihir selalu menang dalam bersaing karena bermodalkan tongkat sihir sakti.

Atau pada cerita mistis, seorang tokoh menjadi disegani dan ditakuti karena memiliki keris sakti. Dan yang lebih mengagumkan lagi adalah cerita pesugihan yaitu memperoleh kekayaan karena memelihara tuyul atau berubah bentuk menjadi babi ngepet.

Cerita-cerita seperti itulah yang mempengaruhi kita semua di negeri ini sehingga akhirnya timbul persepsi salah di kepala kita semua bahwa agar diri sendiri menjadi “sakti” maka haruslah terlebih dahulu dimiliki benda atau alat bantu yang “sakti” pula. :-D

Mungkin saja benda-benda sakti itu ada karena tidak mungkin khan timbul banyak kisah kalau tidak didasari kenyataan. Namun karena saya sendiri bukan ahli persilatan dan juga bukan paranormal yang ahli mistis maka saya sendiri juga tidak tahu pasti akan kebenarannya. :)

Namun setahu saya, benda-benda sakti tersebut menjadi dianggap sakti karena “diisi” oleh jin sehingga akhirnya menjadi sakti. Keris yang bisa terbang sendiri karena didalamnya tinggal seorang jin yang kemudian berfungsi sebagai “mesin” yang menggerakkan keris tersebut.

Dari pemahaman tersebut maka dapat disimpulkan kalau benda dianggap sakti maka diperlukan energi lain yang berbentuk jin untuk mengubahnya menjadi sakti. :)

Nah, kalau tidak ada jin didalamnya ya tentu saja bukan benda sakti.

Sekarang coba perhatikan motor atau mobil yang digunakan oleh pembalap dunia, microphone yang digunakan oleh penyanyi dunia, pisau yang digunakan oleh koki restoran internasional, atau bola yang digunakan oleh pemain bola dunia, emang ada jinnya. :-D

Coba bayangkan betapa repotnya kalau semua orang harus bergantung kepada benda sakti. Maka yang terjadi, sebelum pertandingan dimulai semuanya sibuk harus “mengisi” motor atau mobil, microphone, pisau, atau bola dengan para jin. :))

Sehingga yang akhirnya terjadi, pertandingan atau kompetisi bukan manusia lawan manusia tetapi justru jin lawan jin, sedangkan para manusianya malah hanya sekedar menjadi penonton, seru kali ya kalau bisa seperti itu. :-P

Bagi saya, seseorang yang sudah dewasa tetapi masih juga percaya dengan benda-benda sakti maka biasanya mentalnya masih kekanak-kanakan. :-D

Karena hanya anak-anak saja yang suka berimajinasi memiliki kekuatan super, coba saja perhatikan yang namanya anak-anak selalu membayangkan dirinya menjadi Spiderman, membayangkan dirinya kebal peluru, bisa terbang kemana-mana, dan lain sebagainya.

Namun begitu beranjak dewasa maka imajinasi tersebut digantikan dengan berpikir lebih realistis. Yaitu dengan cara menghilangkan imajinasi maupun harapan adanya benda “sakti” tetapi berusaha menciptakan sendiri benda “sakti” untuk memenuhi imajinasinya sendiri serta untuk memudahkan kehidupannya.

Pada waktu masih anak-anak, imajinasinya ingin terbang kemana-mana menggunakan karpet “sakti”. Namun setelah dewasa, karena sadar tidak akan pernah ada yang namanya karpet “sakti” maka berusahalah menciptakan cara sendiri agar dapat terbang sehingga akhirnya ditemukan sebuah benda “sakti” lain yang dinamakan pesawat terbang.

Oleh karenanya, merupakan perbuatan sangat konyol kalau sudah dewasa tetapi masih juga berusaha mencari kesana kemari adanya karpet “sakti”. :-D

Perbuatan seperti ini menunjukkan bahwa mentalnya tidak berkembang sempurna karena tidak mampu melupakan imajinasinya semasa kecil untuk kemudian melangkah ke tahap selanjutnya. Biasanya orang-orang seperti ini tidak akan pernah mencapai kesuksesan dalam hidupnya karena waktunya dibuang percuma hanya untuk mencari sesuatu yang sebenarnya tidak pernah ada.

Orang-orang sukses pada umumnya adalah orang-orang yang realistis.

Karena sadar betul tidak pernah ada benda “sakti” maka dia akan berusaha menciptakan benda “sakti” sendiri atau mengubah dirinya sendiri agar menjadi “sakti”.

Coba perhatikan, mana ada pemain bola pilih-pilih bolanya terlebih dahulu sebelum pertandingan dimulai. Mereka tidak peduli bolanya seperti apa yang akan digunakan dalam pertandingan karena mereka sepenuhnya percaya bahwa yang “sakti” bukanlah bolanya, tetapi dirinya sendiri karena adanya kemampuan yang mumpuni dalam dirinya.

Coba saja gunakan bola yang sebelumnya pernah digunakan oleh pemain bola dunia untuk pertandingan antar RT, ya sudah jelas bakal kalah karena memang bukan bolanya yang “sakti”.

Atau contoh lain, perhatikan koki jagoan saat memotong bawang, sedemikian cepatnya dan sedemikian tipisnya potongannya. Coba gunakan pisau tersebut untuk Anda sendiri, bisakah Anda memotong bawang secepat dan setipis koki tersebut? Tentu saja tidak, bisa-bisa jari sendiri yang malah terpotong. :))

Oleh karena itu, kalau saat ini Anda masih berpikir adanya indikator “sakti” maka segera lupakan karena dicari sampai kiamat pun tidak akan pernah ketemu.

Percuma buang waktu untuk mencari sesuatu yang tidak pernah ada. Lebih efisien kalau waktu yang ada digunakan untuk membentuk diri sendiri agar menjadi “sakti”. :)

Selain itu, berusahalah untuk berpikir sedikit lebih logis.

Seperti telah ditulis diatas, syarat sebuah benda disebut sakti maka harus ada jin yang tinggal didalamnya. Nah, sekarang coba pikir sendiri, mana ada jin yang nyelip ke trading system atau indikator. :-P

Indikator paling sakti dalam trading hanya satu yaitu OHLC sebagaimana telah ditulis dalam artikel OHLC: Indikator Paling “Sakti”

Itupun dikatakan sakti bukan karena ada jin yang nyelip didalamnya, tetapi karena nilai OHLC digunakan oleh seluruh indikator sebagai dasar perhitungannya. :-D

Seperti telah dikatakan oleh Pak Mis diatas, yang utama dalam melakukan trading adalah pengendalian diri.

Perhatikan saja pembalap, karena mampu mengendalikan dirinya sendiri maka saat menginjak gas maupun pengereman dilakukan dengan penuh perhitungan dan tidak semata-mata hanya mengikuti emosi belaka. Demikian pula dengan pemain bola, kapan menggiring bola, kapan mengoper, dan kapan menendang keras seluruhnya dilakukan dengan penuh perhitungan.

Kalau mampu terus menerus sepenuhnya selalu mengendalikan diri serta mampu melawan emosi dan nafsunya sendiri, maka secara otomatis pula kemenangan yang akan diperoleh.

Oleh karenanya, selalu utamakan prosesnya. Karena kalau prosesnya dilakukan dengan penuh perhitungan matang maka secara otomatis pula akan diperoleh hasil yang memuaskan.

Namun kebanyakan pemula berpikir kebalikannya, lebih mengutamakan hasil daripada proses memperolehnya.

Sehingga dampaknya, yang dilakukan seperti layaknya berjudi dengan nasibnya sendiri. Tekan gas dalam-dalam tanpa peduli keselamatannya sendiri karena lebih mengutamakan emosi dan nafsu untuk menang. Nah kalau seperti ini yang dilakukan maka namanya nekad. :-D

Kenekadan hanya dapat diselamatkan oleh keberuntungan. Namun seperti kita ketahui semua, yang namanya keberuntungan tidaklah selalu menempel terus menerus. Paling cuma nempel 1-2 kali dan setelah itu hilang.

Contoh sederhana soal keberuntungan adalah menyebrang jalan yang ramai. Coba nekad nyebrang jalan dengan mata tertutup, kalau pas sedang beruntung paling hanya 1-2 kali selamat tetapi selebihnya sudah pasti akan celaka akibat tertabrak.

Namun coba lakukan nyebrang jalan dengan penuh perhitungan dan kehati-hatian, sampai ribuan kali nyebrang pun pasti akan selamat. Andaikan celaka pun, bukan karena dirinya sembrono tetapi karena memang sudah nasib. :-D

Akan tetapi dari contoh diatas terlihat jelas kalau dilakukan dengan cara nekad maka hasilnya 99% pasti celaka. Sebaliknya kalau dilakukan dengan penuh perhitungan maka hasilnya 99% pasti selamat.

Oleh karena itu, selalu kendalikan nafsu dan emosi diri sendiri, jangan pusingkan hasilnya tetapi fokus pada prosesnya dan lakukan proses tersebut dengan penuh perhitungan maka secara otomatis pula hasil baik yang akan diperoleh.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya memilih trading system yang tepat?

Menggunakan prinsip popularitas sebagaimana telah ditulis diatas maka yang harus dipilih adalah trading system yang paling banyak digunakan.

Sebagaimana kita ketahui semua, situs forex yang paling populer di dunia selain myfxbook.com adalah forexfactory.com, sehingga yang kita cari adalah trading system yang paling banyak digunakan oleh banyak pengguna forexfactory.com.

Forexfactory selain populer, juga umurnya jauh lebih tua daripada myfxbook.com. Dengan lebih lama berdiri maka lebih lama pula sebuah trading system diuji kehandalannya oleh para penggunanya.

 

tradingsystem-1

 

Dari gambar diatas, terlihat trading system yang paling populer di forexfactory adalah Sonic R System.

Trading system bernama Sonic R System ini berawal sejak tanggal 13 Oktober 2008 dan sampai hari ini, yaitu hampir 6 tahun kemudian, tetap masih aktif dan masih populer dengan jumlah posting mencapai 71 ribu.

 

tradingsystem-2

 

Nah, dengan sudah hampir 6 tahun beredar dan dengan jumlah posting sebanyak itu, tentunya trading system ini sangatlah bagus dan terbukti mampu menghasilkan profit yang konsisten.

Karena kalau trading system ini buruk, tentunya sejak lama sudah ditinggalkan dan tidak aktif lagi di forexfactory.com

Memilih menggunakan trading system paling populer dapat diartikan bahwa yang dipilih adalah yang terbaik karena telah dicoba maupun diuji oleh banyak orang. Sehingga dengan cara demikian kemungkinan untuk salah pilih yang buruk menjadi lebih minimal.

Namun optimal atau tidak sebuah trading system tentunya kembali kepada kecocokan pribadi masing-masing, sehingga kalau dirasa kurang cocok untuk diri sendiri maka silahkan saja coba trading system lain yang juga populer di forexfactory.com.

Dengan cara seperti ini maka waktu belajar Anda akan jauh lebih singkat karena hanya mencoba-coba trading system yang memang sudah terbukti handal karena sudah banyak digunakan oleh orang lain.

Hanya saja yang perlu diingat, trading system bukanlah segalanya. Yang utama adalah kemampuan diri dan bukan trading system-nya.

Oleh karenanya, jangan kemudian beranggapan kalau menggunakan trading system tersebut langsung jadi jagoan. Perlu proses belajar yang panjang untuk memahaminya karena yang namanya kemampuan diri tidaklah tumbuh seketika, perlu waktu untuk tumbuh besar agar nantinya siap untuk dipanen. :)

Anggap saja trading system tersebut seperti sebuah pisau yang seringkali digunakan oleh koki jagoan.

Tentunya tidak serta merta dengan memiliki pisau tersebut kemudian diri sendiri langsung menjadi pintar memotong sayuran. Perlu proses belajar agar nantinya dapat memiliki kemampuan seperti layaknya seorang koki jagoan.

Namun dengan telah menggunakan pisau yang tepat maka proses belajar akan menjadi lebih singkat karena tidak perlu lagi mencari kesana-kemari. Tinggal yang dilakukan hanyalah belajar cara menggunakan pisau tersebut agar memberikan hasil yang optimal.

Akhir kata, semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan makin banyak bermunculan trader-trader profesional baru di negeri ini . :)

 

6 Comments

  1. Kang Mahfud says:

    Selamat Malam Pak Anton..
    Tadi saya iseng buka sinyal provider bawaan MT4 di Pepperstone, dan melihat ada yang penyedia sinyal dengan akun JhonPaul77. Menarik karena di ratingnya ia nomor 1. Kemudian melongok sebentar ada website https://tradersfamily.com.
    Saya buka website nya who,…. la…. Website orang indonesia pak….
    Sekilas mereka gambarkan tentang konsep trading komunitas… wah menarik sekali menurut saya..
    Namun karena saya kurang paham betul dengan konsep sinyal provider dan seluk beluk yang mereka maksud dengan trading komunitas, saya berharap, jika pak Anton berkenan dan ada waktu mengulasnya dengan ‘Anton-Style” yang kami suka. [-O<

    • Dikarenakan adanya kesibukan lain, mohon maaf kalau baru pagi ini membalas pertanyaan Pak Mahfud.

      Situs yang ditunjukkan oleh Pak Mahfud adalah situs yang berjualan jasa signal trading (rekomendasi kapan buy/sell beserta TP&SL-nya). Sedangkan yang dimaksud dengan trading komunitas dikarenakan mereka yang berjualan signal tersebut bukan seorang trader, tetapi sekelompok trader yang bekerja sama menyediakan jasa trading signal. Silahkan baca lebih lanjut di website tersebut pada bagian “About Us”

      • Kang Mahfud says:

        Makasih pak anton,maaf jika menganggu kesibukan pak Anton.
        Kalau dilihat dari statement tradingnya, mereka manual dan sangat low risk pak… apa itu yang dimaksud selama ini oleh pak Anton tetang Manajemen Resiko?

        Apa yang dimaksud trading komunitas itu, tradingnya bareng bareng? kaya floor trading beneran?

      • Manajemen resiko adalah sebuah cara agar resiko tetap dapat terkontrol dengan baik. Tentunya agar dapat mengontrol resiko maka harus diupayakan resiko yang terjadi seminimal mungkin. Dalam trading hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan lot kecil, menggunakan multi pair, terus menerus berusaha meningkatkan akurasi, dan lain sebagainya.

        Sehingga dengan demikian maka modal tetap terjaga aman meski yang dilakukan adalah sesuatu yang memiliki resiko tinggi. Hal ini hampir sama dengan pembalap motor atau mobil dimana menggunakan segala macam perlengkapan pengamanan agar andaikan resiko celaka terjadi maka nyawa tetap selamat. :)

        Yang dimaksud trading komunitas dalam website tersebut tertulis dalam link “About Us” yang cuplikannya sebagai berikut: “kami sekelompok gamers yang hidup di dalam dunia maya tanpa memikirkan masa depan” dan “Bagi kami saat itu, yang terpenting adalah kami dapat bersama-sama lagi. Kami memulai team kami dengan 7 orang”.

        Artinya mereka sekelompok orang yang belajar bareng untuk menjadi trader. Hal ini sebenarnya sama saja dengan kita semua yang berada di situs ini yang juga belajar bareng agar suatu hari nanti menjadi trader. :)

  2. suryadharma says:

    Sekedar coretan, di malam yang sesunyi ini
    Aku sendiri tiada yang menemani
    Akhirnya kini kusadari cuma di temani
    Secangkir kopi ini…..
    :-D :-D :-D :-D :-D :-D :-D :-D :-D
    by:chrisye

  3. Irfansyah says:

    penyesalan dulu gonta ganti trading system karena nyonteknya gak detail, maen customisasi aja, jadi mau pake apa aja salah terus :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)