Neural Network EA

Neural Network EA

Posted by
Neural Network

Neural Network

Setelah sekian lama vakum akhirnya saya menyempatkan untuk menulis sebuah artikel dimana bisa dikatakan saya sedang mempelajarinya saat ini. Tidak ada salahnya informasi ini dibagikan kepada pembaca situs ayotradefx.com yang sudah lama merindukan artikel karya Pak Anton.

Supaya tidak terlalu lama, langsung saja sharenya dimulai. :-D  Tentu bagi pembaca setia situs ini mengerti betul apa visi misi Pak Anton melalui situs ini. Saat sebelum ayotradefx.com dibuat, beliau menulis seluruh artikelnya pada sebuah blogspot dimana saya adalah salah satu orang yang nekat cari permasalahan dengan beliau. Bagaimana tidak? Pasalnya saat itu beliau memiliki visi misi menciptakan sebuah EA yang profitable dimana saya pun sedang membutuhkan informasi tersebut. Jika saya tidak salah ingat, kejadian itu bermula dari tahun 2010-an. Saat itu Pak Anton masih menggunakan andromeda.blogspot.com sebagai alamat situsnya.

Seperti minum obat saat sedang sakit keras, saya rajin bertanya 3 kali satu sendok teh setiap hari ke beliau. :)) Maksud saya, setiap hari jika beliau sudah membalas, maka pada hari yang sama itu pula saya akan kejar beliau dengan pertanyaan berseri selanjutnya. Saya sampai bingung, kok ya saya tega menghabiskan waktu beliau untuk meladeni pertanyaan saya. Tapi itulah yang terjadi, beliau tetap mau meladeni saya.

Saya beruntung mendapatkan respon dari beliau dimana banyak pembuat atau penulis artikel lainnya tidak membalas permasalahan yang saya kirim. Tentu saya ingat betul bahwa ternyata saya adalah seorang ‘murid’ pertama pada blogspot andromeda tersebut.  Dengan modal otak yang terbatas, saya rajin berkeluh kesah tentang dunia Expert Advisors dan lainnya hingga sekarang.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Pak Anton pada akhir tahun 2013 kemarin berhasil mewujudkan visi misi yang selama ini beliau cari. EA yang akhirnya mampu diciptakan oleh beliau menghasilkan pendapatan yang mumpuni (jadi bisa tebak mengapa EA diberi nama Andromeda, kan? :-/ ). Jika tidak salah ingat lagi, sudah dari tahun 2001 beliau memiliki tujuan ini. Artinya lebih dari satu dekade untuk mewujudkan impiannya.

Sudah sekian lama juga saya memimpikan hal yang sama dengan beliau. Nyatanya saya baru memulai dengan tujuan yang sama dengan beliau pada akhir tahun 2007 walaupun pada tahun 2001 saya sudah berkenalan dengan MetaTrader 4.

Saat itu tidak terpikirkan sedikit pun bahwa trading dapat digantikan atau dibantu oleh sebuah rentetan algoritma yang diprogram dalam sebuah bahasa komputer dengan tujuan untuk memperoleh profit melalui pasar uang sepanjang 24/5.

Sulitnya merancang sebuah sistem tidak bisa terelakkan apalagi bagi mereka yang belum mendapatkan informasi tentang pemrograman. Tentu saat ini tidak begitu jadi masalah dikarenakan jasa pemrograman sudah banyak ditemukan baik di dunia maya maupun nyata. Jadi dimana sulitnya kalau pemrograman bukan lagi jadi faktor masalah?

Seorang programmer hanya akan mampu merancang algoritma berdasarkan teknik yang kita inginkan secara sistematis dan tersusun rapi. Persyaratan dan pengkondisian tertentu pun bukan menjadi persoalan jika teknik yang kita miliki sudah membuktikan hasilnya melalui manual trading yang sudah berjalan.

So, inilah yang sebenarnya menjadi sebuah masalah dimana teknik trading tidak serta-merta dapat langsung diubah menjadi sebuah urutan algoritma pemrograman yang sistematis. Jadi bagaimana merancang teknik trading yang tepat, konsisten, profitable, dll jika begitu?

Sistem yang akan digunakan tentunya bukanlah sebuah sistem yang cukup disusun menggunakan Expert Advisor Builder seperti http://fxeabuilder.com/ yang bisa kita coba secara gratis. Mungkin bagi beberapa trader pada akhirnya mampu membuat EA sederhana menggunakan builder tersebut (itupun karena sistem yang sudah berjalan dengan baik pada manual trading). Namun jika ingin hasilnya lebih baik, Anda bisa coba www.eacreator.com. Saya belum mencobanya, namun dari penjelasan pada situsnya, builder ini akan merancang EA yang lebih kompleks (Money Management, Dynamic Stop Loss, Trailing, dll) bahkan mampu menggunakan Custom Indicator favorit Anda. Dari tutorial yang bisa diunduh, bisa Anda lihat proses pembuatan EA tersebut.

Sayangnya, dari apa yang saya baca pada situs tersebut, Anda hanya diberikan waktu 5 hari untuk mencoba EA yang telah Anda buat. Namun jika ada pembaca yang tertarik, silakan daftarkan diri Anda. Asumsi saya, harga yang Anda harus bayarkan adalah sesuai dengan isi EA yang Anda buat. Semakin kompleks, maka akan semakin tinggi tarifnya.  :)

Salah satu cara yang saat ini saya sedang pelajari adalah menggunakan Neural Network dimana EA akan memiliki logika layaknya otak manusia. Neural Network diterjemahkan bebas sebagai Jaringan Syaraf. Namun kita asumsikan saja bahwa Neural Network adalah sebuah bentuk artifisial atau tiruan (dalam dunia komputer) supaya tidak tertukar dengan konsep jaringan syaraf sebenarnya pada tubuh manusia (seperti pada gambar artikel ini).

Sebuah situs tentang Neural Network, yaitu www.metaneural.com adalah salah satu yang menawarkan jasa tersebut. Anda dapat mengunjunginya untuk lebih jelasnya. Di halaman tersebut dijelaskan secara detail mulai dari proses pengumpulan data, pengolahan, pelatihan, dan akhirnya pembuatan ‘otak’ untuk dimasukkan pada EA. Untuk hasil realtime, Anda dapat melihatnya dan mengaksesnya sebagai berikut:

Statistik adalah salah satu faktor yang sangat berkaitan erat saat melakukan pengumpulan hingga pengolahannya. Data-data yang dikumpulkan sangat bervariasi tergantung dari apa yang Anda inginkan sebagai hasil akhirnya. Intinya, menggunakan Neural Network akan membantu Anda menemukan pola pada market sehingga arah market dapat diprediksi sedemikian akurat.

Seperti yang sudah kita duga bersama, bahwa Neural Network bukanlah sebuah proses yang mudah dikarenakan melibatkan beberapa teknik diluar kemampuan trading. Jadi jika ada pembaca yang terbiasa dengan statistik (dan tentunya sedikit programming) tidak ada salahnya mencoba metode ini.

Sedikit banyak kendalanya adalah dimana untuk menjalankan metode ini membutuhkan tambahan keahlian ‘khusus’ jika Anda bukanlah orang yang ingin bergantung pada jasa orang lain (dalam hal ini menggunakan jasa langsung yang diberikan oleh metaneural.com), maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan khususnya mengenai software pendukung.  :(

Sewaktu Anda mengikuti pembahasan yang disampaikan oleh metaneural.com, jangan lupa sebaiknya tonton juga video-videonya. Disana mereka membahas bagaimana caranya mulai dari awal mengumpulkan data, kemudian cara mengolahnya, dan pada akhirnya menerapkan pada MetaTrader4. Anda dapat mengunjungi situs http://www.forexfactory.com/showthread.php?t=414397 dimana metaneural.com lebih dulu memposting thread pada situs tersebut sebelum membuka situs resminya.

Setelah itu, unduh beberapa file pada halaman tersebut. Pastikan file Manual.pdf juga telah diunduh. Kemudian bacalah manual tersebut. Ikuti petunjuknya.

Selanjutnya Anda akan membutuhkan beberapa software pendukung seperti Neuro Solutions dan Visual Studio. Anda dapat mengunduhnya melalui internet. File-file yang telah Anda unduh sebelumnya pada posting metaneural.com tersebut akan membantu Anda untuk mengumpulkan data sehingga selanjutnya dapat diproses melalui kedua software tambahan tersebut.

Sesuai dengan tutorial video pada Metaneural.com, maka Anda dapat menciptakan Neural Network sesuai keinginan.

Semoga topik ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan alternatif lain dalam bertrading. Tentu selanjutnya masih banyak hal detail yang perlu dilakukan, namun akan dibahas lebih lanjut jika banyak pembaca yang tertarik.

Saya harap artikel yang agak berat ini bisa membantu meramaikan kembali situs ayotradefx.com walaupun tidak seperti sebelumnya.

Salam sukses.

3 Comments

  1. irfansyah says:

    hehehe terima kasih Pak Aras, masih berkutat dengan manual dulu dech, seandainya pengen buat ea, pengennya ea longterm trend, karna ea hanya baca dari data, oleh karenanya dibutuhkan data yg paten/valid yg maknanya tidak bisa dimanipulasi oleh bule sialan, hehehe. manipulasi semenit, sejam, sehari, bisa dilakukan bule, tapi kalo mingguan hingga bulanan, mikir2 dah apa kuat tuh bule memanipulasi selama itu, mengingat ea berpegangan pada trend yg kuat,,hehehe baru pemikiran aja

    • Keputusan bijak, Pak Irfansyah. Jangan ikuti jejak saya yang dulu nekat langsung bikin EA tanpa berkutat dengan manual. Entah berapa kali Pak Anton menegur saya karena ini, tapi saya baru ‘bertobat’ beberapa tahun belakangan.

      Jika di manual saja belum konsisten profit ya lebih baik lupakan dulu membuat sistem otomatisnya. Kasihan kan sudah capek-capek bikin sistem dengan algoritma yang rapi dan sistematis tapi ternyata hasilnya malah konsisten rugi. :))

      Saya juga menggunakan teknik trading yang longterm trending, Pak Irfansyah. Selain bisa menghemat waktu di depan monitor, saya juga bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

      Nah, yang saya kurang mengerti maksud Pak Irfansyah tentang dibutuhkan data yang paten/valid yang tidak bisa dimanipulasi itu seperti apa ya? Sedangkan data-data yang kita peroleh dari broker-broker yang berkualitas bisa dikatakan memiliki validitas dan akurasi, bukan?

      Untuk itulah NN bisa jadi alternatif untuk ‘memperbaiki’ data-data yang kita anggap kurang valid tersebut. Teorinya memang sederhana, tetapi prakteknya cukup menantang. :)

      • irfansyah says:

        maksudnya berpatokan pada trend jangka panjang Pak, dengan volatilitas 50-150 pips/hari, mengubah 1-150 kan lebih mudah dibanding 150-500 atau 500-1000 meskipun secara rasio 1-150 (1:150) lebih besar dari 150-500 (1:3). jika EA mengacu pada data singkat, EA rentan akan salah ambil keputusan (termakan data bermakna semu yg dibuat oleh para big boys, karena memang tugasnya dia mengaduk2 psikologi orang melalui gerakannya). singkatnya data jangka panjang digunakan EA agar tercipta konsistensi makna dari data tersebut (mengubah trend harian lebih mudah dibandingkan trend mingguan). gitu aja sih Pak, mohon maaf jika berbeda pandangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

insert image dalam comment (JPEG only)